Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

22 October, 2017

KEMBALI ROADSHOW KE KECAMATAN,BUPATI NELSON MANJAKAN WARGA







*LIMBOTO*,- Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo kembali melakukan roadshow kunjungan ke kecamatan untuk sejumlah agenda kerja,Sabtu (21/10).Kecamatan yang dikunjungi pertama yakni  Limboto desa Tilihuwa.

Di tilihuwa ,Orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo ini menyerahkan program kelompok usaha bersama (KUBE) kepada 20 kelompok warga tidak mampu.Selanjutnya menyerahkan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) se- kecamatan tilango dan kecamatan telaga jaya.

“Semua bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap membantu mengatasi kebutuhan masyarakat,”Ungkap Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo ditemui usai roadshow tersebut.
Dia berharap bantuan dimaksud dapat bermanfaat bagi masyarakat.menanggapi kenyataan bahwa saat ini angka kemiskinan masih tinggi termasuk di Kabupaten Gorontalo

Oleh karena itu,ada  beberapa cara kita.Pertama,ada yang benar-benar kita berikan pengembangan usahanya termasuk yang hari ini.mereka hanya punya modal sedikit,tadi sudah dikatakan hanya 200 ribu dan sebagainya,Kita bantu 10 kali lipat.

“Nah yang kedua yang paling utama lagi kedepan Pendampingan yang benar,Karena kadangkala mereka ini tidak tau mengelola dengan baik termasuk pasar dan sebagainya.Ini yang kita harus kita buka dalam memanjakan warga,”Tutur Bupati Nelson.

Kemudian yang ketiga lagi,adalah memberi semangat, kebahagian dan sebagaianya.karena kemajuan itu bukan hanya modal,tapi yang paling utama adalah dari diri sendiri yakni hati.ini yang terus kita dorong.

Ia,Bupati Nelson menambaahkan,hal keempat Sinergi kita semua Kabupaten Gorontalo masih terbatas,maka butuh bantuan dari provinsi ,Butuh bantuan dari pusat bahkan dana desa,ini harus dikolaborasikan seluruh anggaran yang ada.

Berikut,tidak hanya dana program ini,tapi juga seluruh dinas.Hari ini yang kita berikan hanya untuk kios,penjual kue dan sebagainya.Tapi ada lagi dibidang pertanian yang butuh kolaborasi disemua lini sesuai kebutuhan masing-masing.

Disinggung apakah program ini ada evaluasi disetiap periode? Mantan Rektor UMG ini menegaskan,Kita Pemkab akan melakukan evaluasi.oleh karena itu sekarang kami sedang melakukan ferivikasi data,kita berharap turun.
“Tapi kalaupun bertambah,yang penting benar.Itu tanggung jawab kita dan tidak perlu malu kalua ada ketambahan yang kita selesaikan,”Ujarnya.

Dibagian akhir,Bupati Nelson berpesan untuk merunbah nasib hidup ,Nasib itu bukan ditentukan oleh Bupati,ditentukan oleh  mereka,Maka butuh semangat,butuh dorongan mereka dan butuh motivasi.

Dibagian lain Kepala dinas sosial Kabupaten Gorontalo Safwan Bano menguraikan,Bantuan yang diserahkan masing-masing untuk Kelurahan tilihuwa program KUBE diserahkan kepada 20 kelompok masyarakat,di Kecamatan tilango penyerahan usaha ekonomi produktif (UEP) kepada 52 orang,dan dikecamatan telaga jaya untuk 54 orang UEP.

Khusus program kube masing-masing kelompok mendapat 20 juta dengan berbagai jenis usaha,Untuk UEP masing-masing per orang mendapat 2 juta perorang dalam bentuk barang sesuai jenis usaha.

Safwan Bano jelaskan,Untuk program kube tahun 2017 ,sumber dana APBN kurang lebih 3 miliyar dan untuk UEP sumber dana APBD 3,6 Miliyar yang semuanya akan disebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Gorontalo dengan berbagai jenis usaha.
“Jenis-jenis usaha tersebut berupa usaha peternakan,pertanian,kuliner,kios dan sebagainya.dengan klasifikasi Kube uang tunai dan untuk UEP bahan,”Jelasnya.

Perlu diingat mereka ini sejak awal sudah ada pendampingan.pendampingan mulai verifikasi data terpadu yang dilaporkan kepala desa.setelah kades mengusulkan nama-nama ini Kemuadian diverifikasi bersamaan dengn pembentukan tim pendampingan.

“Namanya tim pendampingan Fakir Miskin dinas sosial.pendamping terdiri unsur-unsur tokoh masyarakat,tokoh agama,OKP dan unsur mahasiswa serta pendampingan internal,”Tutup Safwan Bano. *(Irfan/Humas)*
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum