Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

19 October, 2017

HASIL KONFERENSI DANAU NUSANTARA DI BAHAS DI DPD RI

HASIL KONFERENSI DANAU NUSANTARA DI BAHAS DI DPD RI




Limboto,- menindak lanjuti hasil konferensi danau nusantara “Penyelamatan ekosistem danau berbasis  Transdisipliner “ yang telah dilaksanakan pada tanggal 21-23 september 2017 di Kabupaten Gorontalo hari ini di bahas di DPD RI.

Pembahasan tersebut melalui rapat dengar  pendapat antara Bupati Gorontalo Prof.Nelson Pomalingo bersama wakil ketua DPD RI Nono Sampono,ketua komite II DPR RI Parlindungan Purba,Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi rahmijati jahya serta anggota DPD RI Lainnya.

Rapat dengar pendapat ini berlangsung di ruang rapat ketua DPD RI ,Gedung Nusantara III  lantai 8 Kompleks parlemen MPR/DPR/DPD RI Jakarta  Pusat,Kamis (19/10).

Bupati Gorontalo dihubungi usai pertemuan menyampaikan,Hari ini saya bersama tujuh Bupati pemilik danau melaporkan hasil konfrensi danau yang di laksanakan di Kabupaten Gorontalo bulan kemarin.

“Kami diterima dengan baik.Kita mengusulkan tentang danau bukan hanya 15 danau kritis diatasi.tetapi, kurang lebih 804 danau bagaimana ini secara kelembagaan ditingkat pusat dikoordinasikan dengan baik,”Kata Bupati Nelson.

Lebih lanjut kami juga menyampaikan,perlunya ada regulasi atau aturan-aturan yang menghambat.Selanjutnya mengenai anggaran.

“Kita ingin mempunyai Dana Alokasi Khusus (DAK) sendiri termasuk kalau dapat danau ini diangkat di rapat terbatas ,rapat kabinet dengan Presiden Jokowi.

Alhamndulillah ini mendapat apresiasi dari DPD RI karena di Kabupaten Gorontalo termasuk danau sudah mempunyai Gerakan, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Apalagi kita sudah mempunyai Perda dari provinsi termasuk Kabupaten Gorontalo terus mendorong danau ini tetap lestari

"Konferensi Danau Nusantara 2017 Melahirkan Kesepakatan yaitu Seluruh Peserta Bupati dan DPD sepakat bahwa Forum Danau Nusantara adalah wadah yang strategis dalam mendorong Pemerintah pusat untuk membentuk Badan Rehabiltasi Danau Nusantara," Ujar Bupati Nelson.

untuk diketahui hasil kesepakatan konferensi danau nusantara tersebut antara lain (1), Implementasi Konferensi Danau thn 2017, akan dilakukan melalui Regulasi PP dalam hal Pengelolaan Danau Nusantara dalam prespektif Kementerian Terkait.(2), Adanya tindak lanjut KDN 2017,  pertemuan dengan DPD yang akan dihadiri oleh Bupati, OPD terkait. Akademisi, LSM Peduli Danau, untuk menyusun Draft yang akan di sampaikan kepresiden.(3), Secara empiris Danau dimasing masing Daerah perlu dilakukan  riset strategis  komfaratif. Baik secara konservasi,ekologi,dan sosial secara berkesinambungan
(4), Pertemuan FDPD akan dilaksanakan setiap tahun. Tahun depan di Kab. Semarang.
Forum Peduli Danau Nusantara (FDPD) menjadi triger (pendorong) bagi pembentukan Badan Peduli Danau di tingkat Pusat,Provinsi Dan Kab/Kota diseluruh Indonesia dan (5), Dengan Forum FDPD akan ada alokasi anggaran terkait dengan pengelolaan Danau.(Irfan/Humas)
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum