Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

06 August, 2015

KADER PKK HARUS MENGERTI WAWASAN NUSANTARA


Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Rahmijati Yahya menekankan seluruh kader PKK akan pentingnya memahami wawasan nusantara.  Menurutnya, hal tersebut menjadi dasar ideology yang mesti tertanam agar selalu terdorong untuk membangun daerah dan bangsa.
“Wawasan Nusantara wajib dipahami dengan baik dan diaktualisasikan dalam kegiatan sehari-hari,” kata Rahmi ketika menghadiri pelaksanaan Syukuran dan Khitanan di Kelurahan Sipatana, Kota Gorontalo, Rabu (5/8).
Menurutnya, dengan memahami wawasan nusantara akan mendorong semangat untuk menegakkan empat pilar bangsa, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. "Pemahaman kita tentang wawasan Nusantara harus terus disosialisasikan, sehingga ada kesadaran untuk membangun negara sesuai 4 pilar kebangsaan yang kita kenal,” jelasnya.
Pemahaman wawasan Nusantara kata Rahmi, harus dilihat dari berbagai perspektif. Diantaranya, pertahanan dan keamanan, dan perspektif pembangunan. "Pembangunan dilihat juga dari perspektif, ekonomi, sosial yang merupakan bagian dari satu kesatuan wilayah," imbuhnya.
Konsep Nusantara harus jadi sudut pandang pemangku kekuasaan. Dengan demikian, pertahanan dan keamanan negera dan masyarakat dapat dibangun.  "Memahami wawasan Nisantara juga berguna agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga, yang mengancam hancurnya keutuhan NKRI,” terangnya.
Sebelumnya pula Rahmi telah beberapa kali mengadakan diskusi tentang wawasan nusantara bersama masyarakat, utamanya, pemuda karang taruna, organisasi wanita dan kader-kader PKK di Kabupaten Gorontalo.
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum