Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

28 July, 2015

MINIMALISIR KDRT DAN KEKERASAN ANAK “ RAHMI CETUS DULOHUPA ”

KDRT dan kekerasan pada anak  merupakan permasalahan yang sering terjadi didalam rumah tangga. Oleh karena itu harus dilakukan pencegahan secara dini.  Pendidikan agama dan pengamalan ajaran agama di rumah tangga merupakan kunci sukses untuk mencegah terjadinya KDRT.kata rahmi pada saat pertemuan dengan unsur kader PKK  Kecamatan Se Kabupaten Gorontalo beberapa pekan kemarin sebelum mengakhiri masa resesnya yang bertempat di aula rumah dinas bupati.
untuk meminimalisir dan berkurangnya kekerasan pada anak dan KDRT ketua TP-PKK rahmiyati jahya  mencetuskan sebuah wadah atau tempat  di setiap kecamatan Se Kabupaten Gorontalo.dengan bahasa gorontalo doluhupa. Dalam bahasa masyarakat  Doluhapa dikenal dengan nama Hulondohalo. Dalam artian harfiah, Doluhapa sendiri bermakna mufakat. Pemberian nama Doluhapa sebagai rumah adat Gorontalo bukan tanpa sebab. Memang bangunan ini difungsikan sebagai tempat untuk bermusyawarah. Bahkan di masa pemerintahan raja-raja, Doluhapa difungsikan sebagai ruang pengadilan, tempat unutk mengvonis penghianat dengan 3 aturan yakni,Alur pertahanan atau keamanan, disebut juga Buwatulo Bala,Alur hukum agama islam, disebut pula Buwatulo Syara,Alur Hukum adat, disebut pula Buwatulo Adati.
ruang  “ doluhupa”dan wadah doluhupa ini akan menjadi bagian informasi dan pelayanan bagi penyelesaian masalah tindak kekerasan.tingkatkan  Dengan berbagai lembaga atau organisasi masyarakat dan pemerintah untuk memberikan pelayanan yang bersahabat bagi perempuan dan anak.dan yang paling utama bagi kita kader PKK harus meningkatkan tanggung jawab untuk mencegah ,menghentikan dan tidak mentolerir segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak, dengan upaya agar perempuan dan anak terbebas dari berbagai tindak kekerasan berbasis gender dalam berbagai aspek kehidupan.pungkas  Rahmiyati
 Saya berharap kepada seluruh masyarakat dengan hadirnya ruang doluhupa Di setiap kecamatan yang di gerakan oleh kader PKK Kecamatan Dan Desa agar senantiasa bangun komunikasi dengan pemerintah setempat bilamana ada permasalahan yang di hadapi terkait denga KDRT dan kekerasan pada anak.saya selaku ketua TP-PKK ikut bertanggungjawab dengan permasalahan KDRT dan kekerasan anak .dan bentuk tanggungjawab tersebut saya sudah memerintahkan kepada seluruh kader PKK agar bekerja sama dengan pemerintah kecamatan untuk senantiasa mengkroscek setiap laporan yang masuk di kecamatan agar di selesaikan.PKK adalah mitra kerja pemerintah jadi kami juga akan ikut menuntaskan kekerasan anak Dan KDRT.
Kami juga akan berbagai tips  Untuk mencegah KDRT di rumah tangga yakni harus dikembangkan cinta kasih dan kasih sayang. Sejak dini. Ibu bisa berperan besar dalam hal mengajarkan kepada anak-anak dirumah  untuk saling mencintai dan saling menyayangi. Tumbuhkan dan tingkatkan etika dan moral para anak.tanamkam jiwa pengamalan pancasila kepada mereka.Demikian juga PKK sebagai organisasi dapat memberi terus-menerus pencerahan dan penyadaran kepada kaum perempuan melalui wadah yang sudah di sediakan di setiap kecamatan yakni ruang doluhupa.imbuhnya.

Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum