Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

29 March, 2015

REALISASI PROGRAM PKK DAN RPJMD BERBANDING LURUS

Penjabaran 10 Program Pokok PKK Idealnya adalah mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) di Kabupaten Gorontalo, mengingat Tim Penggerak PKK adalah mitra kerja Pemerintah Daerah. Sejalan dengan hal itu implementasi 10 program pokok PKK di Kabupaten Gorontalo sampai dengan tahun 2015 ini sangat berbanding lurus dengan capaian realisasi RPJMD Kabupaten Gorontalo 2010-2015 yang telah mencapai 300 persen atau telah melampaui target yang ditetapkan. Betapa tidak indikator yang di pakai untuk mengukur pencapaian rpjmd mengacu pada target MDG’s yang ditetapkan oleh PBB yaitu untuk Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, Mencapai pendidikan dasar untuk semua, Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, Menurunkan angka kematian anak, Meningkatkan kesehatan ibu, Memerangi HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya, Memastikan kelestarian lingkungan hidup dan Mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan dan hal ini sangat erat kaitannya dengan apa yang tertuang dalam 10 program pokok PKK. Sehingga keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dalam pelampauan target RPJMD sangat sejalan dan seimbang dengan capaian kinerja PKK Kabupaten Gorontalo dalam menjabarkan dan mengimplementasikan 10 program pokok PKK di Kabupaten Gorontalo. Ujar salah satu anggota DWP Kabgor Nelly Abdrahman Pakaya.
Menurutnya, beberapa indikator keberhasilan itu bisa kita lihat dengan adanya penururnan angka kematian ibu dan anak, Pemberantasan gizi buruk, pemberdayaan pengrajin daerah, pemberdayaan anak-anak usia dini dan lansia, pemanfaatan halaman rumah menjadi kebun tanaman obat-obatan dan sayur-sayuran, penyuluhan KB untuk kesehatan, penyuluhan bahaya narkoba dan pergaulan bebas bagi generasi muda dan berbagai aksi PKK Kabupaten Gorontalo lainnya yang bisa kita lihat geliatnya sampai dengan saat ini tentu mempunyai kontribusi besar dalam pelampauan target realisai RPJMD di Kabupaten Gorontalo mengingat antara Pemerintah Daerah dan PKK adalah mitra yang saling mengisi dan mendukung satu sama lain. Ini juga menandakan bahwa Kepemimpinan Rahmiyati Yahya sebagai Ketua PKK Kabupaten Gorontalo periode 2010-2015 telah cukup memberikan kontribusi yang besar dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan perempuan di Kabupaten Gorontalo. Bahkan kemeriahan dan keberhasilan pelaksanaan Jumbara PKK baru-baru ini menunjukan bahwa PKK Kabupaten gorontalo dalam 10 tahun terakhir kinerjanya sangat luar biasa. Tutup Nelly.



Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum