Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

17 February, 2015

DARI SOSIALISASI EMPAT PILAR”


RAHMI : JAGA KEUTUHAN TANAH AIR
 
Pancasila, Undang-Undang Dasar  (UUD) 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan empat pilar kebangsaan yang menjadi penyangga keutuhan bangsa Indonesia. Hal ini dikatakan ketua TP-PKK Rahmiyati Jahya pada kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan kemarin senin ( 16/15) bertempat di aula rumah dinas bupati gorontalo.
lebih lanjut Dikatakan Rahmiyati, ke-empat pilar ini lahir melalui empat peristiwa bersejarah yakni Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, Penetepan Pancasila pada 1 Juni 1945, Proklamasi pada 17 Agustus 1945 dan pengesahan UUD 1945. Atas empat pristiwa tersebut lahirlah NKRI yang menjadikan kita sebagai bangsa yang besar. 
 “Sebagai bangsa yang besar bukanlah merupakan hal yang mudah untuk mempertahankan keempat pilar kebangsaan tersebut. Mengingat negara kita terdiri dari berbagai macam ras, suku, adat sitiadat, agama dan budaya. Untuk itu kita sebagai warga negara harus memaknai keempat pilar kebangsaan tersebut dengan menjaga persatuan dan kesatuan, sehingga kita dapat menempatkan diri secara proporsional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara khsusunya Di Kabupaten Gorontalo  yang kita banggakan bersama,” ujar Rahmiyati.
Menurut rahmi lagi , menghadapi era globalisasi tidak dapat dipungkiri bahwa dikemudian hari akan ada oknum atau gerakan yang mencoba untuk mematahkan keempat pilar kebangsaan tersebut. Inilah yang harus kita antisipasi bersama agar keempat pilar kebangsaan tersebut tetap utuh, yakni pendekatan kultural dengan memperkenalkan budaya dan kearifan lokal, pendekatan edukatif, pendekatan hukum dan pendekatan struktural.
 “Kepada para peserta yang terdiri masyarakat,dan para abang- abng bentor se kabupaten gorontalo  agar nantinya dapat menerapkan keempat pendekatan tersebut di tengah-tengah lingkungan masyarakat . Kepada para generasi muda agar tidak terjebak dalam gerakan separatisme, tetap menjaga keutuhan tanah air, memelihara persatuan dan kesatuan, “ Harap Rahmiyati..
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum