Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

12 September, 2014

RAHMI : GERAKAN HATINYA PKK, TUNJANG EKONOMI KELUARGA

Serangkaian dengan pelaksanaan Government Mobile Jilid III di Kecamatan Batudaa jumat (12/09) kemarin oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo, TP PKK Kabupaten Gorontalo sebagai mitra Pemerintah Daerah turu berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut. Pada kesempatan itu ketua PKK Kabupaten Gorontalo Rahmiyati Yahya turun langsung untuk melihat keberhasilan PKK Desa Pilobuhuta dalam mengoptimalkan gerakan “hatinya” pkk yaiu Gerakan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman. 
Gerakan hatinya PKK di Desa Pilobuhuta sangat berhasil, ini bisa dilihat dari beraneka ragam tanaman sayuran dan buah yang tumbuh subur. Bahkan Rahmi diminta oleh pkk desa Pilobuhuta untuk melakukan panen perdana hasil kebun mereka. Ketika memberi arahan, Rahmi mengingatkan agar semua anggota TP PKK dari mulai tngkat kabupaten hingga desa, agar dapat mengoptimalkan gerakan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (hatinya) PKK, dengan pemanfaatan pekarangan rumah. Menurutnya memanfaatkan halaman rumah dengan menanami sayuran buah dan sejenisnya ikut mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan. 
“Apalagi TP PKK mempunyai jaringan sampai ke tingkat dasa wisma, jika semua rumah bisa melaksanakan Hatinya PKK otomatis akan tercapai dalam ikut mewujudkan kedaulatan pangan dan sekaligus kelestarian lingkungan serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga lewat hasil penjualan sayur-sayuran dan buah” Ujar Rahmi. 
Ia menyebutkan kalau pekarangannya indah dan asri serta bersih maka tercermin bahwa penghuninya juga memiliki jiwa yang sehat, ”. Selain itu halaman pekarangan juga bisa dimanfaatkan untuk menambah pendapatan keluarga agar lebih sejahtera. Pemanfaatan lahan pekarangan baik di halaman rumah depan, di belakang, di samping harus berfungsi untuk diri sendiri terlebih dahulu baru nantinya berfungsi untuk orang lain. Ada beberapa tanaman yang harus ditanam di halaman rumah dan hasilnya dapat digunakan sehari-hari seperti cabe, tomat, terong, seledri, bawang dan tanaman penunjang lainya untuk dimakan sehari-hari serta bisa menghasilkan uang jika dijual.
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum