Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

29 August, 2014

Rahmiyati RDP bersama KPHI

JAKARTA (RDP), Dalam rangka terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan dan layanan haji, Komite III DPD RI mengundang KPHI (Komisi Pengawas Haji Indonesia) untuk duduk bersama membahas hal tersebut. Sesuai amanat UU Nomor 13 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji, KPHI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Tugasnya yaitu melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap penyelenggaraan ibadah haji serta memberikan pertimbangan untuk penyempurnaan ibadah haji di Indonesia. Terkait pembahasan tersebut, Senin (25/8/2014). 
Sidang RDP dilaksanakan di Gedung DPD RI Senayan Jakarta yang dihadiri oleh Rahmiyati selaku Senator DPD RI Provinsi Gorontalo. Pada kesempatan RDP tersebut KPHI sebagai narasumber memaparkan bahwa terdapat tiga masalah yang menjadi prioritas mendesak untuk dibenahi menyangkut penyelenggaraan ibadah haji tahun 2014. 
Pertama, Pembenahan pengorganisasian PPIH Arab Saudi yang belum optimal, Sistem rekruitmen petugas dan standar honor tenaga musiman masih perlu penajaman aspek integritas dan kompetensinya. Kedua, Peningkatan kuantitas dan kualitas bimbingan manasik haji oleh pemerintah disertai pembimbing ibadah. Ketidaksempurnaan bimbingan haji ini telah menyebabkan banyak kasus seperti jamaah tersesat, karena mengandalkan pembimbing ibadah dalam menjalankan syarat rukun dan wajib haji, serta kasus-kasus lainnya yang mengindikasikan jamaah tidak mandiri dalam beribadah. Ketiga, efisiensi transportasi udara dari dan ke Arab Saudi dengan mengakomodasi beberapa perusahaan penerbangan dalam tender yang terbuka dan kompetitif serta terstandarisasi. Di sesi tanya jawab Rahmiyati menyampaikan, 
“Kondisi di Armina seperti toilet yang sangat tidak memadai, banyak jamaah tidur di trotoar. Bagaimana kita mau beribadah dengan nyaman kalau keadaannya seperti itu. Padahal kebersihan itu sebagian dari iman. Ini perlu pengawasan kita bersama agar ibadah haji bisa berjalan optimal.” Sementara itu, menanggapi persoalan tersebut, Wakil Ketua KPHI Imam Addaruquthni menekankan perlunya pembenahan secara menyeluruh. 
“Yang utama adalah terfasilitasinya para jamaah. Dan kami rasa ini perlu juga dukungan dari para senator DPD RI untuk memfasilitasi pihak-pihak terkait agar kita dapat membahas persoalan ini secara bersama-sama,” ujarnya.
“Melalui RDP ini, diharapkan Komite III DPD RI yang membidangi Agama dapat memberikan rekomendasi kepada pemerintah tentang langkah-langkah tepat apa saja yang dapat diambil untuk melakukan perbaikan dan Pemerintah sebagai pelaksana harus lebih serius dalam melakukan reformasi penyelenggaraan ibadah haji yang berkeadilan dan transparansi dimasa mendatang,”ujar Rahmiyati.
Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum