Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

01 January, 2009

PKK KABUPATEN AKHIRNYA BISA UMROH

LAPORAN PERJALANAN UMROH PKK DAN DWP
KABUPATEN GORONTALO


ROMBONGAN I
YANG TERDIRI DARI 29 ORANG



A. Penerbangan Pertama dengan SRIWIJAYA AIR : 6 Orang
B. Penerbangan Kedua dengan LION AIR : 23 Orang

Untuk Penerbangan Pertama dengan Sriwijaya Air ini Jama’ah Umroh berkumpul di RUDIS WAKIL BUPATI GORONTALO berangkat dari Gorontalo hari Rabu Tanggal 23 April 2008 pada pukul 06.00 wita pagi.
Dari Bandara Jalaludin Gorontalo Pesawat takeoff pada jam 07.25 Wita tiba di Bandara Hasanudin Makassar pada jam 08.35 Wita. Jama’ah Umroh transit di Makasar + 20 menit kemudian menuju Jakarta.
Sekitar pukul. 12 00 WIB Jamaah dijemput oleh PT Awana Tour langsung ke Hotel Permata Bandara.
Untuk Penerbangan kedua dengan LION AIR ini Jama’ah Umroh berkumpul di RUDIS SEKDA KABUPATEN GORONTALO dan Jama’ah Umroh bersama–sama naik Bus ke Kantor Bupati Gorontalo dan diberangkatkan oleh Bapak Bupati Gorontalo.
Berangkat dari Bandara Jalaludin Gorontalo menuju Makassar transit + 20 menit kemudian menuju Jakarta. Jam 16.00 WIB Chek In di Hotel Permata Bandara .
Alhamdulillah semua Jama’ah Umroh dalam keadaan sehat walafiat dan semua berkumpul di Hotel untuk penerbangan I dan II. Dan semua Jama’ah mendapat kamar pada Lantai II Hotel Permata Bandara. Setelah makan malam Jama’ah Umroh melaksanakan Manasik, setelah itu menyiapkan Koper – koper pakaian karena jam 03.00 wib Chek In di Bandara
Jama’ah Umroh jam 03.00 wib dini hari menuju Bandara Soekarno Hatta, di Bandara ini mengalami musibah dimana diantara 29 orang ini 1 orang tidak bisa berangkat kerena sakit (IBU RUQAIYAH TULI), kami tidak bisa menahan air mata karena beliau sudah lanjut umur, setelah sedikit diberi penjelasan dan membesarkan hati beliau Alhamdulillah beliau bisa menerimanya dengan ikhlas.
Jama’ah Umroh jam 08.05 wib berada di Pesawat Garuda Indonesia penerbangan 917 takeoff menuju Jeddah. Perjalanan ini ditempuh sekitar 9 jam perjalanan, dipesawat itu kami mengalami goncangan sekitar 3 kali, tapi kami tawakal karena perjalanan ini mengajak kita untuk belajar mati.Semua Jama’ah berdoa Talbiyah sambil meneteskan air mata, pesawat kami mengalami guncangan sekitar 35 menit, semua Jama’ah berdoa, zikir, tawakal dan pasrah,.Pesawat tenang kira-kira 3 jam kemudian penumpang / jama’ah lega, ada yang tidur, ada yang berdoa sambil memejamkan mata,tapi itu tidak berlangsung lama.
Tiba-tiba awak kabin menginformasikan cuaca kembali buruk, pesawat kembali mengalami goncangan, pesawat pada saat itu berada diketinggian 36.000 kaki pesawat menempuh 4 jam perjalanan. Alhamdulillah berkat do’a semua jama’ah cuaca kembali membaik setelah sekitar 3 jam perjalanan. kami jama’ah Umroh disuguhkan makan siang. Selesai makan hampir seluruh penumpang beristirahat ,ada yang jalan untuk meluruskan badan dan ada yang tidur, maklum perjalanan yang di tempuh cukup jauh, Akhirnya pramugari pesawat memberitahukan kalau pesawat sebentar lagi akan mendarat, kami senang dan bersyukur akhirnya sampai juga di Bandara King Abdul Azis Jeddah setelah sekitar 11jam perjalanan,
Pesawat tiba di Jeddah pukul. 13.30 waktu Jeddah di Gorontalo sekitar pukul 16.30 wita, perbedaan waktu sekitar 11 jam lebih. di Imigrasi. Jama’ah Umroh naik bus menuju Medinah Al Munawaroh bersama Direktur PT Awana Tour Ibu Hj. Veny dan didampingi oleh Bang Fahmi. Suhu Jeddah pada saat itu 42 derajat C.
Alhamdulillah Jama’ah sehat-sehat, Dari Jeddah menuju Medinah ditempuh + 6 jam perjalanan.
Pada separoh perjalanan ( 200 Km ) kami / Jamaah singgah di Mesjid Al Bhairun sekitar 30 menit untuk melaksanakan Sholat Ashar, setelah itu kami melanjutkan perjalanan, dalam perjalanan ini yag kami lihat hanyalah Padang Pasir yang tandus,, Masya Allah tidak ada satupun rumput yang tumbuh yang bisa kami lihat.. Kami hanya sempat melaksanakan Sholat Magrib di bus. Kerena kami tiba di Madinah pukul. 08.00 malam waktu setempat.
Cek In di Hotel Dallah Taibah.
Semua Jamaah makan malam setelah itu mandi, ganti pakaian. Kamar Jamaah ada dilantai 3, 4, 6 dan pada malam itu juga Jamaah Sholat Isya di Mesjid Nabawi, sesudah Sholat ke Raudah ziarah ke Makam Rasulullah berdoa bersama.jarak Hotel Dallah Toibah 100m dari Mesjid Nabawi pintu Hotel berada tepat di pintu perempuan..




Perjalanan Umroh pada Hari Jum’at ( Hari kedua )
Setelah sarapan pagi jam 07.00 waktu jedah Jamaah Umroh ke beberapa tempat :
1.Mesjid Kuba
2.Kebun korma
3.Jabal Uhud
4.Kiblatain
Di Mesjid Kuba Jamaah melakukan Sholat karena Sholat di Mesjid ini akan mendapat pahala seperti satu kali Umroh. Jamaah diberi waktu 15 menit, setelah itu jamaah menuju Jabal Uhud
Tempat perangnya Rasulullah, didepan Jabal Uhud ada makam 70 para sahabat Nabi yang ikut perang namun hanya 2 sahabat yang punya tanda ( batu nisan ) yang dipagar tinggi. Jamaah berada ditempat itu pukul. 09.30 dan suhu panas 46 derajat C diberikan waktu 20 menit disitu selanjutnya Jamaah Umroh menuju Mesjid Kiblataini, Mesjid ini mempunyai 2 Kiblat : 1 menghadap ke Yerusalem ( Agsah ) dan yang satu ke Mesjidil Haram. Setelah dari Mesjid Kiblatain Jemaah menuju Kebun korma, disana dijual berbagai macam korma dan siapa saja makan korma tidak membayar asalkan masih diareal kebun itu.

Perjalanan Umroh Hari ke Tiga.
Hari ke-3 ini kami jamaah umrah setelah selesai sholat shubuh di Mesjid Nabawi kemudian dilanjutkan berziarah ke Makam nabi Muhammad s.a.w dimesjid Raudah kami melaksanakan sholat 2 rakaat di jam 12.00,kemudian dilanjutkan sholat dzuhur bersama,Alhamdulillah setelah makan siang,semua jamaah membersihkan diri dan mandi niat Ikhram,kira-kira jam 03.00 sore kami naik Bus meninggalkan Kota Madinah Almunawaroh menuju Kota Mekkah.
Jamaah Umroh Miqad di Mesjid Bir Ali melaksanakan Sholat Ikhram, Niat Ikhram, naik Bus menuju Mekkah Al Muqarromah. perjalanan ditempuh sekitar 5 jam perjalanan kira-kira 200 km ( kami beristrahat sejenak untuk Sholat Magrib dan Isya di Mesjid Sasquud). Perjalanan ini dipandu langsung oleh Ibu Hj. Veny Direktur Awana Tour&Travel. Selama dalam perjalanan menuju Mekah jamaah tak henti-hentinya ber Talbiyyah memuji kebesaran Allah SWT,Bus kami melewati Mesjid Tan’im atau Mesjid Aisah Mesjid ini adalah tempat Miqad orang Mekkah. Melewati tanah harrom, dan Alhamdulillah jamaah tiba dengan selamat di Mekah Almuqarramah pada pukul. 07.30 waktu Mekah langsung Cek In di Hotel Nouv Golden Palace. Makan malam bersama.setelah makan malam kira-kira sekitar Pukul 09.00 malam waktu setempat jamaah Umroh bersama-sama menuju Masjidil Harram untuk melaksanakan Tawaf,setelah itu Sholat di makam nabi Ibrahim as, berdoa di Multazam,melakukan sholat di Hijril Ismail,dan tak lupa meminum air zam – zam yang mata airnya tidak pernah kering meskipun musim kemarau itulah kekuasaan Allah SWT, melakukan Sa’I kemudian Tahallul pada malam itu juga,Alhamdulillah sebahagian ibadah umrah ini sudah dilaksanakan. Jamaah menunggu Sholat Subuh, ada beberapa Jamaah yang sudah dapat mencium Hajaral Aswat. Pada malam itu juga di Mekah Jamaah Umroh nginap 4 hari. Pada hari ke 2 dan ke 3 melaksanakan sholat di Mesjidil Haram, berdoa, mengaji dan lain – lain . Alhamdulillah walaupun itu merupakan ibadah sunat jamaah Umroh hampir seluruhnya dapat mencium Hajaral aswad kerena kami merasa belum lengkap ibadah mulia ini tanpa bisa menyentuh dan mencium Hajjaral Aswad.. pada hari ke –2 Jamaah setelah Sholat Subuh dan sarapan pagi dilanjutkan untuk ziarah :
Jabal Rahma
Jabal Shur
Jabal Nur
Jamaah Umroh menuju Padang Arafah yang sekarang ini sudah ditumbuhi pohon – pohon yang berasal dari Indonesia yang dibawa oleh Bapak Ali Sadikin konon pada waktu itu masa Bapak Soekarno hatta, maka Pohon-pohon itu diberi nama Pohon Soekarno.
Jamaah Umroh menuju Musdalifah tempat mengambil kerikil untuk ibadah lempar jumrah. Kemudian Jamaah Umroh menuju Mina, di Mina ada Rumah Sakit Minayang gratis, terowongan Mina berjarak sekitar 1km dengan Bus, Bus yang ditumpangi Jamaah Umroh melewati Terowongan itu harus dengan kecepatan yang tinggi.. Karena konon katanya kenderaan yang lewat disitu harus dipercepat kalau tidak akan ada azab dari Allah SWT yang dikenal dengan Burung Ababil yang melempari batu ke gajah ( Raja Abraham ) yang seperti daun-daun berjatuhan.
Jamaah Umroh melewati Pekuburan Jamaah Indonesia yang meninggal disana yakni di dekat Makam Hadidjah di Ma’la Jarae yang kami lihat tidak ada satupun Batu Nisan hanya hamparan Padang Pasir dan Batu. Jamaah melewati Jabal Nur (Goa Hirah ) tempat Rasulullah menerima Wahyu pertama dari Allah SWT.




Pada hari keempat Jamaah Umroh melaksanakan Tawaf Wada ( Tawaf Perpisahan ) Jamaah akan meninggalkan Ka’bah Tanah Suci Mekah Al Muqarram. Pada jam 2 siang Jamaah menuju Jeddah, perjalanan menuju Jeddah ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan.
Pada perjalanan ini kami Jamaah Umroh melewati beberapa tempat penting yaitu Patung ( Monumen Al Qur’an yang terbesar)
Mesin raksasa tempat penyulingan air laut menjadi air tawar yang selama ini dipakai untuk mandi, menyiram tumbuh-tumbuhan dan untuk diminum.
Mesjid tempat untuk Eksekusi bagi orang yang melanggar aturan.
Makam Siti Hawa yang dipagar panjang berwarna Merah Bata.
Laut Merah yang airnya tetap warna biru yang didekatnya ada Mesjid Terapung.
Di jedah Jamaah Umroh menginap di Hotel Holiday Inn,kami semua Jamaah berada di Lantai 11.
Di Jeddah kami menginap 1 malam Jamaah Umroh masih sempat jalan-jalan di Balald (Ali Murah) Jeddah.
Jamaah Umroh jam 08.00 pagi menuju Bandara king Abdul Azis Jeddah jam 11 .00 siang Jamaah Umroh naik Pesawat Garuda Air Lines menuju Tanah Air,. Alhamdulillah semua Jamaah dalam keadaan sehat sampai di Tanah Air jam 07.00 Pagi WIB.
Jamaah Umroh masih menginap semalam di Hotel Karisma dekat Pasar Tanah Abang. Hari Sabtu jam 16.20 Wita Jamaah tiba dengan selamat di Bandara Jalaludin Gorontalo dengan Pesawat Sriwijaya Air. Jamaah langsung ke Rudis Bupati disambut oleh Bapak Bupati beserta Ibu, Doa bersama oleh Pak Imam Ridwan setelah itu Jamaah ke rumah masing-masing.
Demikian laporan ini disampaikan semoga beroleh Hidayah dari Allah SWT.
Amin Yaa Rabbal Alamin.

Limboto, Mei 2008
KOORDINATOR POKJA I


NY. MARYAM SOFYAN PUHI

Share this article now on :

Post a Comment

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Ingin memberikan komentar tapi belum memiliki E-Mail silahkan pilih status anonymous maka anda bebas berkomentar terbuka untuk umum