Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

CHATTING


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Total Tayangan Laman

INFO PENGUNJUNG

Flag Counter

Daily Horoscopes

30 Juni, 2008

DI PULUBALA RUMAH KETUA PKK DESA DILOMBAKAN

Rumah Ketua PKK Desa pun dilombakan. Hal ini dilakukan oleh PKK Kecamatan Pulubala yang diikuti oleh 10 peserta dari sepuluh desa se-Kecamatan Pulubala dengan melibatkan seluruh unsur kesehatan dalam hal ini Puskesmas dan pertanian dilingkungan pemerintah kecamatan Pulubala. Kamis 26/6
Ketua PKK Pulubala Ny. Mirna Tuhala Henga dalam penjelasannya mengatakan bahwa lomba tersebut digelar dalam rangka persiapan lomba gerakhatinya PKK (Gerakan Halaman Teratur, Indah dan Nyaman PKK) tingkat Kabupaten Gorontalo, serta dirangkaikan dengan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi masyarakat yang diawali dari Ketua PKK Desa, dimana setiap rumah yang dinilai, disertai dengan penempelan stiker PHBS.
Lomba tersebut jelas Mirna dilakukan dalam sehari, dimana tim penilai gabungan dari puskesmas dan pertanian bersama PKK selaku tim penilai langsung menyebar ke seluruh desa. Menyinggung mengenai kriteria penilaian, Mirna tidak telalu banyak menjelaskan, tetapi menegaskan bahwa yang menjadi aspek penilaian utama adalah masalah pemanfaatan pekarangan rumah, serta kebersihan, dimana tim bukan saja menilai secara fisik dari luar, tetapi juga mengamati kebersihan dalam rumah ”Penilai selain menilai pemanfaatan pekarangan, juga langsung masuk kedalam rumah melihat kebersihan dari teras hingga kedapur, yang diperhatikan pula adalah jam,ban dan tempat pembuangan sampah” Ungkap Mirna
Persaingan ketat terjadi, dimana seluruh rumah yang dinilai, telam memiliki persiapan yang matang, terbukti seluruh rumah yang dinilai rata-rata telah membuat pagar mini dengan berbagai fariasinya namun sesuai hasil keputusan bersama tim penilai, ditetapkan rumah ketua PKK Desa Pulubala menjadi terbaik pertama, disusul oleh rumah ketua PKK Desa Pongongaila pada peringkat kedua serta peringkat ketiga di raih oleh PKK Desa Bakti

Read More »
Senin, Juni 30, 2008 | 0 Komentar

29 Juni, 2008

BLOG PKK DIKUNJUNGI OLEH LIMA NEGARA

Saat ini seluruh kegitan PKK Kabupaten Gorontalo setiap harinya dapat diakses melalui fasilitas internet. Hal ini dilakukan selain untuk mensosialisasikan program PKK ditingkat local, nasional bahkan internasional, yang dibuat sejak empat bulan dalam bentuk blog yang dapat diakses melalui alamat www.pkk-limboto.co.cc. Blog tersebut setiap hari menayangkan kegiatan PKK secara up to date, yang disertai dengan dokumentasi berupa foto. Meski tampilannya hanya sederhana, namun Blog tersebut turut diperkaya dengan slide gallery foto ketua dan wakil ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi serta seluruh ketua PKK Kecamatan di 17 Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo. Selin itu pula blog tersebut telah difasilitasi dengan video lagu album perdana PKK Kabupaten Gorontalo yang beerapa pekan lalu telah terjual sebanyak sepuluh ribu keeping juga profil dari ketua dan wakil ketua PKK dalam bentuk video documenter sehingga setiap pengunjung dapat langsung menyaksikan secara online kedua fasilitas tersebut.
Meski baru seumur jagung, namun blog PKK Kabupaten Gorontalo saat ini tercatat telah dikunjungi oleh 634 pengunjung yang berasal dari lima Negara yaitu Amerika, India, china, hongkong dan Negara Indonesia sendiri yang terdiri dari beberapa titik bahkan komentar dari dalam maupun luar negeri yang semuanya dapat diketahui oleh pengunjung melalui informasi dalam blog.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa akses internet secara global telah merambah dunia, sehingga PKK Kabupaten Gorontalo turut menyesuaikan dengan perkembangan dunia informasi tersebut, dimana manfaat utamanya adalah siapa saja dimana saja dan kapan saja setiap orang dapat melihat langsung aktifitas PKK Kabupaten Gorontalo sebagaimana yang dilakukannya saat ini “ dimana pun berada Saya bisa langsung mengetahui aktifitas dari PKK Kabupaten” ungkap Rahmi yang mengaku membuka blog tersebut melalui handphone miliknya.

Read More »
Minggu, Juni 29, 2008 | 0 Komentar

RAHMI ”PROGRAM PKK HARUS MENYENTUH MASYARAKAT MISKIN”


Sepuluh program PKK yang menjadi tolok ukur kinerja PKK. Sebab sepuluh program tersebut telah mencakup seluruh segi kehidupan masyarakat. Oleh karenanya semua kegiatan PKK didasarkan atas 10 program tersebut, yang dijabarkan melalui empat Pokja yaitu Pokja satu bidang ketuhanan dan moralitas, Pokja dua tentang pendidikan dan keterampilan, Pokja tiga tentang sandang pangan dan lingkungan hidup serta pokja empat menangani masalah kesehatan. Khusus untuk PKK Kabupaten Gorontalo semua program dari empat pokja tersebut diharapkan menyentuh langsung dengan kepentingan masyarakat miskin.” Semua program PKK harus menyerntuh masyarakt miskin” .
Hal ini secara terus menerus disuarakan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam sambutannya disetiap pertemuan bersama seluruh kader PKK disetiap kecamatan yang dikunjungi.
Hal tersebut menurut Rahmijati tidak lain merupakan bentuk gerakan PKK yang murni dimana sesuai latar belakang PKK yang lahir dari dan untuk masyarakat khususnya ibu-ibu dengan prinsip sukareala. Selain itu pula Rahmji menekankan bahwa PKK sebagai mitra pemerintah maka PKK memiliki kewajiban untul membantu pemerintah dalam menjalankan program amanah rakyat.
Sesuai referensi buku kegiatan PKK yang ada disekertariat PKK Kabupaten Gorontalo tercatat sekitar 80 % kegiatan PKK turun lapangan yang dipimpin langsung Ketua PKK Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil ketaua PKK Ny. Maryam Puhi, sementara selebihnya dilakukan disekertariat PKK dan rumah Dinas. Selain itu sesuai laporan dari sekertrariat PKK program lintas sektoral yang langsung menyentuh masyarakat miskin adalah program jambanisasi, dimana secara bertahap dilakukan pembangunan jamban umum bagi kelompok warga miskin dengan tujuan untuk merealisasikan program perilaku hidup sehat.

Read More »
Minggu, Juni 29, 2008 | 0 Komentar

28 Juni, 2008

DRUM BAND DAN DANA-DANA KOLOSAL ANAK PAUD DIPERSIAPKAN UNTUK HAN


Perayaan peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Gorontalo sesuai rencana akan digelar pada tanggal 26 Juli 2008 mendatang. Namun berbagai persiapan untuk pelaksanaan tersebut telah dilakukan lebih awal yang ditandai dengan rapat bersama menhadirkan lintas sektor dipimpin oleh sekertaris daerah Kabupaten Gorontalo Haris Nadjamudin serta di dihadiri langsung pula oleh Ketau PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe.

Dalam penjelasannya Rahmijati mengatakan selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo ia mengharapkan agar pelaksanaam peringatan HAN tahun 2008 ini dilakukan lebih meriah, dimana diharapkan pada hari H pelaksanan, anak-anak bakal dapat menikmati dunianya dengan kehadiran seluruh anak PAUD Se-Kabupaten Gorontalo. Sehingganya untuk mewujudkan hal tersebut Rahmijati menawarkan ide untuk menggelar tarian tradisional dana-dana kolosal serta drum band band anak sebanyak 5 unit yang seluruhnya diperankan oleh anak-anak PAUD secara Kolosal. Yang spontan langsung diterima oleh seluruh peserta rapat. Persetujuan didasarkan pada alasan bahwa perlengakapan dan perlatan berupa drumband yang ditawarkan, seluruhnya telah diadakan oleh ketua forum PAUD sendiri yang saat ini lima unit drum band itu berasda di rumah pintar menara ilmu.

Rapat itu pula telah berhasil meutuskan lokasi pelaksanaan HAN di peltaran menara keanggungan yang didasarkan atas usul dari PKK dimana jika memungkinkan agenda tersebut bakal dirangkakan dengan peresmian rumah pintar.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorontalo Ny. Roswati Lasimpala, MH dalam penjelasannya mengatakan bahwa pada puncak pelaksanaan HAN, akan diusahakan menghadirkan menteri pemberdayan Perempuan RI.



 

Read More »
Sabtu, Juni 28, 2008 | 0 Komentar

27 Juni, 2008

PKK BANGUN JAMBAN UMUM KK MISKIN DI HUNGGALUWA


Program PKK Kabupaten Gorontalo untuk memberikan fasilitas jamban umum bagi kelompok masyarakat yang tidak memiliki jamban, satu persatu sudah mulai direalisasikan. Kali ini pembangunan jamban ditujukan bagi 20 KK yang ada di lingkungan II Kelurahan Hunggaluwa Kecamatan Limboto yang dilaksanakan oleh PKK Kabupaten Gorontalo kerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorotnalo yang dikemas dalam kegitan Jumat peduli. Jumat 26/5
Jamban yang berukuran 2 X 11/2 M itu dibangun tepat berada di halaman belakang rumah pasautri bapak Wani Zain dan Rani Abdul Gafar yang termasuk KK miskin di kelurahan itu yang dibiayai oleh pemerintah daerah.
Sekertaris PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Fatmah Tuna serta kepala bidang dilingkungan bandan pemberdayaan perempuan Kabupaten Gorotnalo Ny. Dewi Masita Usman saat dikonfirmasi mengenai pembangunan jamban umum tersebut mengatakan bahwa hal tersebut berkaitan dengan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat oleh PKK serta berkaitan dengan program PKK untuk memberikan fasilitas jamban bagi warga yang yang belum memiliki jamban khsususunya bagi kelompok KK miskin.
Selain pembangunan Jamban, pada kesempatan tersebut khusus ibu Rani juga diserahkan bantuan berupa beras, mie instant dan pakaian bekas yang setidaknya dapat meringankan beban kebutuhan rumah tangga, mengingat rumah tempat tinggalnya yang terbuat dari bamboo tersebut sangat memprihatinkan.

Read More »
Jumat, Juni 27, 2008 | 0 Komentar

OPRASI BARI BERLANGSUNG 4 JAM



Operasi pemisahan kulit wajah dan bahu yang dilakukan oleh dokter ahli terhadap Bari Setiawan Razak bocah 6 tahun berasal dari desa Bulota Kecamatan Talaga Jaya yang menderita cacat akibat kecelakaan maut saat berumur 5 bulan semalam telah menjalani operasi dengan sukses. Keberhasilan tersebut tampak dari hasil operasi yang berhasil memisahkan kulit wajah dan baru, yang diakhiri dengan melakukan pencangkokan kulit yang diambil dari bagian paha berukuran 15 x 10 cm, untuk menutupi jaringan kulit yang terpisah dibagian leher. operasi yang dilakukan oleh dr. Iskandar Rauf, S.PAN spesialis anastesi dan dr. Tomi Suharso, S.POT specialis ortopedi itu berlangsung selama 4 jam lebih berlangsung diruang operasi rumah Sakit M.M Dunda Limboto. Kamis. 25/6
Tim dokter Iskandar Rauf dan dr. Tomi Suharso saat ditemui diruang bedah pasca operasi mengatakan bahwa dalam proses operasi berjalan dengan lancar dimana telah didukung dengan seluruh perlengkapan dan obatan-obatan yang ada. Namun untuk hasil operasi kedepan tim dokter belum bisa menjamin sebuah kesempurnaan, sebab menurut dokter, selain ini merupakan suatu kekuasaan tuhan, juga karena alasan usia cacat tersebut telah mencapai 6 tahun, diamana akibat kontraksi antar kulit wajah dan bahu telah mengakibatkan posisi rahang tidak simetris, selain itu pula sebagai dari akibat luka bakar sudah tentunya mengakibatkan jaringan parut (sikartik) sehingga kulit nampak berkontraksi.
Diakhir penjelasannya tim dokter mengatakan bahwa dengan dilakukan operasi pemisahan kulit tersebut kedepan diharapkan dapat memberikan ruang gerak yang leluasa khsusnya bagi bagian leher apalagi untuk menutupi jaringan kulit yang terbuka telah di cangkokan kulit bagian paha.
Diungkapkan pula bahwa proses operasi kontruksi seperti ini dilakukan secara bertahap, sehingga tidak menutup kemungkinan untuk dilakukan oprasi selanjutnya, namun hal tersebut dilakukan atas dasar pertimbangan repon pasien dimana harus dilakukan pengamatan terhadap hasil operasi awal.
Sesuai informasi dari pihak orang tua pasien yang turut mendampingi, bocah tersebut siuman pada pukul 01:00 tengah malam saat berada diruang ICCU.

Read More »
Jumat, Juni 27, 2008 | 0 Komentar

26 Juni, 2008

RAHMI BERBAGI CERIA DENGAN ANAK PAUD


Setiap berkunjung ke kelapangan ditengah-tengah masyarakat, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe tidak pernah melupakan waktu luangnya bersama dengan anak-anak untuk berbagi kes. Hal ini sebagaimana yang dilakukannya di Kecamatan Limboto Barat dalam pelaksaan PKK Mobile beberapa pekan lalu.
Kunjungan tersebut ditujukan kepada salah satu Paud Formal yaitu TK Puncak Harapan di Desa Daenaa Kecamtan Limboto Barat.
Dilokasi tersebut, Rahmijati menyaksikan secara langsung lomba menggambar dan mewarnai, yang diikuti oleh 20 anak gabungan dari 12 PAUD, serta lomba cerdas cermat anak PAUD yang terdiri dari 6 regu. Melihat keceriaan anak-anak dalam mengikuti lomba, sebagai bentuk motivasi, Rahmijati membagikan uang jajan bagi seluruh anak-anak peserta lomba, tak ketinggalan pun anak-anak yang turut menyaksikan lomba turut kebagian.
Rahmi dalam penjelasannya mengatakan bahwa dengan melihat keceriaan dari anak-anak sebai seorang ibu apapun persoalan yang dihadapi terasa ringan, sambil mencontohkan ketiga orang cucu yang saat ini menjadi binaannya.

Read More »
Kamis, Juni 26, 2008 | 0 Komentar

LAGI .........JANJI RAHMI DI REALISASIKAN



OPERASI REKONSTRUKSI BAGI ANAK CACAT
Setelah beberapa pekan dalam proses penantian akhirnya operasi rekonstruksi bagi Ismail Bari Setiawan Razak anak yang berumur 6 tahun memiliki cacat fisik dari Desa Bulota Kecamatan Talaga Jaya yang dijanjikan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe akhirnya terealisasi. Hal ini terbukti dengan pelaksanaan operasi yang di lakukan oleh pihak Rumah Sakit M.M Dunda yang mendatangkan dokter Ahli masing-masing dr. Iskandar Rauf, S.PAN spesialis anastesi dan dr. Tomi Suharso, S.POT specialis ortopedi kemarin Kamis 26/6
Kepala rumah sakit M.M Dunda dr. Zen Suweleh Saat dikonfirmasi sesaat sebelum pelaksanaan operasi bersama para dokter ahli mengatakan bahwa dalam proses operasi ini pihak rumah sakit belum bisa memberikan penjelasan tuntas, sebab dalam jenis oprerasi rekonstruksi tersebut, terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan, khususnya perkembangan pasien dalam proses operasi. Namun sesuai penjelasaan yang ada, terungkap bahwa yang menjadi target operasi tahap awal ini adalah bagian wajah dimana akan dilakukan pemisahan jaringan kulit wajah yang menyatu dengan bahu. “Tahap awal operasi adalah pemisahan kulit pada bagian wajah dan selanjutkan akan mmelihat hasil perkembangan” Jelas Zen.
Dari konfirmasi itu pula terungkap bahwa seluruh dana pembiayaan operasi itu selain berasal dari pemerintah derah, juga ternyata turut memperoleh perhatian dari para dermawan berupa bantuan obat-obatan.
Sementara itu Sekertaris PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Fatmah Tuna yang turut hadir dalam proses operasi tersebut, meminta kepada pihak keluarga untuk menyerahkan sepenuhnya proses operasi tersebut kepada pihak rumah sakit, serta memberikan semangat bagi anak tersebut untuk menjalani operasi.
Sesuai hasil konfirmasi terakhir bahwa proses operasi yang dimulai sejak pukul 16:00 tersebut hingga menjelang magrib masih menjalani proses pelepasan kulit leher dan saat ini memasuki tahap pengambilan daging pada bagian paha untuk menutupi bagian leher yang telah dipisah.

Read More »
Kamis, Juni 26, 2008 | 0 Komentar

25 Juni, 2008

SAMBUT HAN PKK DAN DIKES KABGOR GELAR LOMBA BALITA MANTAN GIZI BURUK




Sejumlah 51 anak balita utusan dari 17 kecamatan se-Kabuapaten Gorontalo yang didampingi oleh orang tua pagi kemarin, Rabu 25/6 memadati ruang Aula Puskesmas Limboto.Hal tersebut berkaitan dengan pelaksanaan lomba balita sehat dan balita mantan gizi buruk tingkat Kabupaten Gorontalo yang digelar oleh PKK Kabupaten Gorontalo khususnya Pokja IV bekerja sama dengan dinas Kesehatan Kabupaten Gorotnalo.
Ny. Suriyati Tongkodu selaku anggota dari pokja IV yang hadir dalam lomba tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Gorontalo yang bakal digelar pada tanggal 26 Juli 2008 mendatang. Dan Khsusus untuk lomba tersebut sekaligus untuk menjaring balita sehat dan balita mantan gizi buruk terbaik tingkat Kabupaten Gorontalo yang bakal diutus mewakili daerah pada lomba yang sama di tingkat provinsi.
Sementara itu Tim teknis Lomba dari unsur dinas Kesehatan dr. Zulaikha Asikin mengatakan bahwa cabang lomba dibagi kedalam dua kategori yaitu umur 6 – 24 bulan, serta umur 24 – 59 bulan dengan criteria penilaiannya meliputi status anak, orang tua, gigi dan mulut, motorik serta kesehatan yang berlaku bagi balita sehat dan mantan gizi buruk., sehingga balita yang dinyatakan berhasil benar-benar terbik untuk mengikuti lemba selanjutnya.

Read More »
Rabu, Juni 25, 2008 | 0 Komentar

PKK BANTU JAMBAN UMUM BAGI WARGA TERPENCIL HUIDU UTARA



Warga masyarakat yang ada di dusun Butaiyo Kiki desa Huidu Utara Kecamtan Limboto Barat dikatakan beruntung. Pasalnya dalam pel;aksanaan PKK Mobile di Limboto Barat pekan lalu wilayah terpencil tersebut, mermperoleh kunjungan langsung secara lengkap oleh seluruh jajaran organisasi PKK dan Dharma Wanita. Perjalanan dilalui dengan menggunakan kenderaan tradisional yang disebut Roda dengan pengawan oleh masyarakat, mengingat perjalanan cukup berbahaya dengan jalan becek dan bertebing. Rimbongan yang dipimpin oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe itu datang untuk menyerahkan bantuan berupa perlengkapan rumah tangga sekaligsus merintis pembangunan 3 buah jamban di lokasi mahayani setempat.
Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa meski dusun Butaiyo Kiki merupakan wilayah aliran sungai, namun masyarakat belum bisa menikmati jamban yang sehat, dimana sesuai informasio yang diperoleh hampir seluruh rumah tidak memiliki jamban, dan masih menggunakan sungai sebagai media untuk itu.Sehingganya dalam kesempatan tersebut Rahmi mengatakan kepada seluruh warga masyarakat untuk merintis tiga buah jamban umum, dibawah koordinator kepala desa Huidu Utara Musran Hongi yang hadir dalam acara tersebut.
Rahmijati pula selaku pemimpin organisasi mitra pemerintah mengatakan bahwa meskipun bagimana upaya dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan masyarakat, namun belum semua keinginan yang dapat terpenuhi. Sehingga Rahmi mengharapkan dukungan masyarakat untuk sama-sama mendukung pemerintahan daerah, untuk dapat memenuhi keinginan tersebut secara bertahap.
Khusus bagi warga masyarakat yang hadir, diakhir acara Rahmi membagikan uang saku secara pribadi seadanya, yang diharapkan dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan rumah tanggah. Anak-anak pun tak ketinggalan beroleh jatah. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil ketua PKK Ny.Maryam Puhi dan ketua DWP Ny. Ermita Nadjamudin Laya selaku pendamping yang juga menyerahkan bantuan dalam kesempatan tersebut.



 

Read More »
Rabu, Juni 25, 2008 | 0 Komentar

24 Juni, 2008

ANAK CACAT JADI PERHATIAN PKK


Selain mencurahkan perhatian kepada anak-anak PAUD hingga lansia, PKK Kabupaten Gorontalo turut memperhatikan anak-anak dan remaja penyandang cacat, sebelumnya telah meperjuangkan operasi plastic bagi seorang anak PAUD yang cacat akibat terbakar dari Telaga Jaya, kini di Limboto Barat anak-anak berprestasi dari Sekolah Luar Biasa (SLB) yang memperoleh dukungan dalam bentuk moril dan materil saat melantik Kader gema Rahmi di desa Huidu Kecamatan Limboto Barat pekan lalu.
Dari 4 anak cacat berprestasi itu diantaranya adalah Rosita Abdul, seorang gadis yang berumur 17 tahun, memiliki bakat dalam berpuisi dan seni tarik suara sehingga berhasil menjadi juara umum di tingkat provinsi, oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe diberikan bantuan berupa sejumlah uang serta pakaian seragam untuk mengikuti lomba, dimana terinformasi dari guru pembimbing SLB, keempat anak cacat tersebut pada akhir bulan Juli kedepan akan mengikuti perlombaan ditingkat nasional Provinsi Gorontalo.
Dihadapan anak-anak tersebut Rahmijati mengatakan bahwa cacat fisik bukan menjadi penghalang dalam berprestasi, tetapi dijadikan sebagai motivasi untuk maju sejajar dengan orang lain, sebab setiap manusia pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan, namun kekurang itu bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang baik. “Sebab jika kita bertanya kepada meraka… kondidi merak bukan sesuatu yang mereka minta, sehingga merak harus bisa menikmati hidup layah sebagaimana manusia normal” Jeals Rahmi

Read More »
Selasa, Juni 24, 2008 | 0 Komentar

RAHMI: SOSIALISASI PHBS DENGAN STIKER TERBUKTI EFEKTIF


Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan masyarakat Kabupaten Gorontalo tiada hentinya disuarakan oleh PKK Kabupaten Gorontalo, sehingganya berbagai upaya telah ditempuh untuk meluaskan informasi dan perubahan pola hidup bersih dan sehat. Kali ini giliran Kecamatan Limboto menjadi sasaran sosialisasi yang dilakukan secara langsung oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi dengan menggunakan media stiker pada pelaksanan PKK Mobile di Kecamatan Limboto Barat pekan lalu.
Pelaksanaan sosialisasi melalui stiker tersebut di awali di desa Huidu, dirumah salah warga yaitu Maryam Umar dan Isa Napu, dimana rumah yang menjadi sasaran penempelan stiker tersebut meski sangat sederhana namun dinyatakan memenuhi persyaratan sebagai rumah sehat, yang kemudian dilanjutkan oleh petugas kesehatan.
Ketau PKK Ny. Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan bahwa sosialisasi melalui stiker terbukti sangat efektif, dimana setiap warga masyarakt dapat mengetahui secara langsung seluruh persyaratan PHBS yang juga disertai dengan bentuk gaya hidup secara terus menerus, sehingga lambat laun bakal menjadi suatu keharusan dalam kehidupan berumah tangga bahkan dalam lingkungan masyarakat, dimana satu sama lain dituntut untuk saling mengjngatkan rahmi juga mengingatkan bahwa perilaku hidup bersih dan sehat merupakan tanggung jawab bersama, sehingga diharapkan masyarat pula turut membantu sosialisasi tersebut.
Stiker yang berwarna merah putih tersebut bertuliskan himbauan bagi masyakat untuk berperilaku hidup bersiah dengan mencantumkan 7 kriteria PHBS yang meliputi item
pertolongan persalinan oleh tenaga medis, Balita memperoleh ASI eksklusif, memperoleh jaminan pemeliharaan kesehatan, memiliki sumber air bersih, memiliki jamban, luas rumah sesuai dengan anggota keluarga dan rumah tidak berlantaikan tanah. Terdapat pula syarat 3 gaya hidup PHBS meliputi keluarga memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang 3B (Beragam, Bergizi, Berimbang), Aktifitas olah raga secara rutin
dan tidak merokok dalam rumah

Read More »
Selasa, Juni 24, 2008 | 0 Komentar

23 Juni, 2008

RAHMI SUNTIK BANK DESA 20 JUTA


Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe memutuskan untuk memberikan dana suntikan bagi Bank desa yang dikelola oleh lembaga konsorsium Agro potombulu Kabupaten Gorontalo. Pasalnya, program mikro kredit yang bernama Greemen Bank tersebut, mengaku kehabisan dana untuk dipinjamkan, yang disebabkan bukan karena kredit macet, tetapi disebabkan oleh semakin membludaknya jumlah nasabah sementara modal yang dimiliki sangat minim, sehingganya sebagai salah satu usaha ditempuh dengan cara mengosongkan kas, setiap setoran langsung dipinjamkan, namun tetap tidak mampu memenuhi pelayanan yang dibuktikan data jumlah nasabah yang semula tercatat sejumlah 52 peserta saat ini telah mencapai 109 nasabah aktif.
Hal tersebut terungkap dalam pertemuan antara nasabah Bank Desa dengan Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Kepala Bapeda Kabupaten Gorontalo Zukri Harmain bertempat di Aula Kantor Bappppeda. Senin 23/6
Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan keberaniannya untuk memberikan suntikan dana bagi bank desa, mengingat lembaga ini memiliki tujuan sebagai penggerak ekonomi keluarga melalui sentuhan kredit mikro mingguan sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian ibu-ibu dimana dari keseluruhan nasbah terdiri dari ibu-ibu yang tidak lain merupakan sasaran dari program PKK, sehingga dengan cara tersebut Rahmijati yakin meski pelan tapi pasti kesejahteraan keluarga bisa terwujud.”Karena anggotanya semua ibu-ibu maka Saya Bantu modal bagi bank desa sebesar 20 juta ruipiah dan silahakan diambil sekarang juga” Jelas Rahmi
Sementara itu pengelola Bank desa Rahmat djaba kepada Koran ini menjelaskan bahwa mekanisme pinjaman kredit sangat ringan, dengan bunga pinjaman kredit sebesar 17 % dengan penagihan perminggu, dimana dari bunga tersebut juga terlah termasuk simpanan dari nasabah, sehingga nasabah setelah menyelesaikan kredit masih tetap memiliki tabungan pribadi.
Dalam kesempatan tersebut Rahmijati meyerahkan secara langsung uang pinjaman kepada empat orang nasabah baru bank desa.

Read More »
Senin, Juni 23, 2008 | 0 Komentar

22 Juni, 2008

RAHMI FASILITASI ANAK PAUD DENGAN DRUM BAND


Anak sejak awal dibelajarkan untuk mengenal bunyi, sehingga dalam proses perkembangan kelak meraka memiliki bakat keterampilan dalam bidang. Untuk mewujdukan hal tersebut perlu dipikirkan adanya fasilitas yang dapat melatih anak dalam mengenal bunyi, oleh karenanya selaku ketua forum PAUD Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mengaku telah membeli perangkat alat musik drum band yang diperuntukan bagi anak PAUD yang ada di Kabupaten Gorontalo”untuk melatih anak-anak dalam mengenal bunyi saya telah membeli 4 set drum band anak-anak yang masing-masing berwarna biru, merah, hijau dan putih” Jelas Rahmi.
Hal ini diungkapkan oleh Ketua forum PAUD Kabupaten Gorotnalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya dihadapan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan PKK dalam pertemuan yang membahas tentang persiapan kegiatan dalam rangka memperingati hari Anak Nasional Tingkat Kabupaten Gorontalo, berlangsung diruang Pola Setda Kabupaten Gorontalo yang dipimpin langsung oleh Sekertariat Daerah Ir. Abd. Hris Nadjamudin.
Rahmijati mengatakan bahwa drumband tersebut saat ini telah berada dirumah pintar kabupaten gorontalo dan akan digunakan untuk memeriahkan HAN tingkat kabupaten Gorontalo tahun 2008 yang sesui rencana akan dihadiri oleh menteri pemberdayaan Perempuan RI tanggal 26 Juli 2008 “bersama PAUD As-syarif Talaga Jaya, akan tampil 5 set drumband anak bersama 1000 anak yang akan tampil secara kolosal dalam tarian dana-dana” Jelas Rahmi
Dalam pertemuan tersebut behasil diputuskan lokasi pelaksanaan di Pelataran Menara Keagungan Limboto dengan pertimbangan peresmian Rumah Pintar.

Read More »
Minggu, Juni 22, 2008 | 0 Komentar

175 JANDA SEKECAMATAN LIMBAR CURHAT KE RAHMI.

Sebanyak kurang lebih 175 jandah sekecamatan Limboto Barat pada hari sabtu 21 Juni 2008 bertempat diaula kantor desa tunggulo curhat kepada Ketua TP. PKK Ny. Rahmiyati Yahya terkait dengan keberadaan mereka yang selama ini seperti termarginalkan ditengah masyarakat karena status mereka sebagai seorang jandah. diantara mereka mengungkapkan sesungguhnya status jandah yang melekat pada diri mereka saat ini bukanlah keinginan mereka, namun kondisilah yang membuat mereka menjadi jandah, seperti halnya yang diungkapkan salah seorang janda 4 tahun yang mengungkapkan bahwa dirinya memilih untuk menjanda diakibatkan oleh karena tidak ingin dimadu dalam arti dijadikan istri yang ke 2 meskipun sesungguhnya selama 4 tahun bersama suami mereka hidup rukun dan tidak pernah terjadi pertengkaran diantara mereka, namun setelah diketahui suaminya yang telah memberikan 1 orang anak kepadanya, telah memiliki seorang istri yang memang dipilihkan orang tua dikampung halamannya didaerah sulawesi utara, membuat dirinya harus rela dan ikhlas melepaskan suaminya kepada istri pertamanya, meskipun hingga saat ini 4 tahun menjanda belum ada surat cerai resmi dari pengadilan agama. Ny. Rahmiyati Yahya pada kesempatan tersebut mengajak kepada para janda untuk tetap tabah dan tawakal terhadap status yang mereka miliki saat ini, dan tidak perlu merasa seakan termarginalkan ditengah masyarakat, namun tunjukanlah bahwa diri kita meskipun berstatus sebagai janda bisa menghidupi keluarga dan lebih khusus lagi bisa memberikan peran dalam kehidupan sosial kemasyarakatan didesa, karena menurutnya persolan jodoh, riski dan umur adalah rahasia dari Allah SWT. selaku kaum wanita yang saat ini bertindak selaku kepala keluarga dalam menghidupi keprluan anak - anak kita harus terus bekerja dan belajar tanpa mengenal lelah, karena bila kita malas maka kita dengan sendirinya akan mengalami kesulitan dalam menafkahi keluarga dan lebih khusus lagi akan tertinggal atau termarginalkan dari kaum pria, apa saja harus dipelajari ujar Rahmi. antara sesama wanita kita harus saling belajar untuk maju dan tidak boleh iri hati, negative thinking, menjegal, gonto - gontokan, saling fitnah dan lain sebagainya. wanita harus memiliki ketrampilan dan selain banyak belajar wanita juga harus kreatif dan proaktif, mau mengubah prilaku dan pola pikir serta yang lebih penting tambah Rahmi adalah mengasah ketrampilan sesuai talenta yang diberikan tuhan dan ingat kita tidak boleh serakah dalam arti tidak bisa memaksakan diri melakukan semuanya. para wanita khususnya kaum ibu tegas Rahmi harus mampu melakukan perubahan agar tidak ketinggalan, perubahan dimaksud adalah dengan meningkatkan kemampuan diri sehingga bisa mengimbangi kehidupan yang kelak akan dialami si anak. para ibu harus lebih dulu memiliki kualitas yang baik, jangan pernah untuk berhenti belajar dan terus menambah pengetahuan, sebab dengan itu semua keluargapun akan semakin berkualitas dan kaum ibupun tidak akan termarginalkan akibat perbedaan gender jelasnya. Rahmi juga mengingatkan sebagai wanita jangan pernah puas dengan apa yang telah dilakukan, karena apabila kita cepat puas maka kita bisa ketinggalan, sebaliknya kita harus terus mengoptimalkan kemampuan dengan cara belajar dan terus menambah pengetahuan yang pada intinya hanya wanita yang terus mau untuk meningkatkan kualitasnya sajalah yang dapat menuntun anak mereka pada kesuksesan dalam menghadapi era platinum nanti Tegas Rahmi. karena dalam mendidik anak dan mempersiapkan anak untuk memasuki era generasi platinum bukanlah suatu hal yang mudah, dimana peran orang tua terutama kaum ibu sangat diperlukan dalam membentuk mental dan prinsip agar anak siap dan memiliki sikap tegas terhadap perubahan. segala sesuatu pasti ada positif dan negatifnya ujar Rahmi. agama adalah faktor paling dasar membentuk kekuatan mental anak, karenanya bila anak - anak dibekali nilai - nilai agama yang kuat maka mereka akan memiliki sikap dan prinsip yang tak gampang tergoyahkan seberat apapun arus kemajuan itu menerpa, jelasnya.

Read More »
Minggu, Juni 22, 2008 | 0 Komentar

Penderita Gizi Buruk Capai 425 Kasus

Kamis, 19 Juni 2008
Pengaruh Stabilitas Ekonomi Politik

LIMBOTO
-Ditengah gencarnya program pelayanan kesehatan oleh Pemkab Gorontalo sepertinya berbanding terbalik dengan temuan di lapangan. Bagaimana tidak, hingga semester awal tahun 2008,trend kasus Balita penderita gizi buruk di kabupaten Gorontalo terus mengalami peningkatan. Buktinya, hingga bulan Mei 2008 ini tercatat 425 Balita teridentifikasi gizi buruk. Bahkan, 3 diantaranya tewas akibat menderita gizi buruk yang cukup akut.

Kepala seksi gizi masyarakat Dinas Kesahatan Kabupaten Gorontalo melalui staf gizi Herdi Moningka SKm mengakui, dari data Dinas Kesehatan lewat laporan bulanan stutus gizi buruk Balita untuk tahun 2008 tercatat, 425 penderita gizi buruk diman 311 penderita lamn dan 114 penderita baru. Namun menurtu Herdi, tingginya angka gizi buruk yang ditemukan bukan berarti Dinas Kesehatan gagal dalam pemberian pelayanan bagi masyarkat, khususnya masyarakat ekonomi lemah.

Munculnya Balita-balita penderita gizi buruk tidak lepas dari peran PKK dasa wisma yang melaporkan jika da Balita menderita gizi buruk. Sehingga bisa dikata gizi buruk di Kabupaten Gorontalo tidak lagi berupa fenomena gunung es dimana yang tampak hanya sebagian, namun didalamnya bisa mengakar. "Namun sudah menggali mengungkap status kasus gizi buruk ini sebenarnya, lewat bantuan dasawisma yang cukup berperan aktf," jelasnya.

Herdi menjelaskan, dalam menangani kasus gizi buruk perlu ada kerja sama lintas sektor, karena terjadinya kasus gizi buruk disuatu daerah terjadi karena banyak faktor diantaranya adalah faktor ekonomi dan politik. "Faktor kemisikinan cukup berpengaruh pada peningkatan gizi buruk termasuk sanitasi lingkunan dan pola asuh pada Balita," kata Herdi seraya menegaskan, bahwa dibanyak tempat di bayi seringkali hanya diberi bubur tepung, dengan hanya berbahan dasar tepung ditambah garam akibat ketidaktahuan maupun himpitan ekonomi. "Jadi penanganan ini harus dilakukan bersama dengan lintas sektor, lewat perbaikan ekonomi sehingga Balita mendapat asupan gizi yang cukup," jelasnya.

Lantas bagaiman peran Dinas kesehatan sendiri untuk menekan dan menganggulangi angka gizi buruk di kabupaten Gorontalo.
Herdi mengatakan, penanggulangan gizi buruk di Kabupaten Goronatlo masih berupa pelayanan kesehatan dasar lewat pemberian makana tambahan dan sosioalsasi untuk merubah perilaku masyarakat. "Karena selain faktor ekonomi kasus ini berkaitan erat dengan kebersihan lingkungan maupun pola asuh," tandasnya.

Bagaimana dengan 3 balita yang tewas akibat menderita gizi buruk? Herdi mengemukakan, 3 Balita yang tewas akibat menderita gizi buruk pada tingkat marasmu coserkot yang cukup akut sehingga tidak bisa tertolong ditambah penyakit penyerta. "Dua diantara Balita tersebut meninggal di pusat pemulihan gizi buruk yang berada di medicak center Telaga, sementara satu diantaranya meninggal di rumah korban," tandasnya. gpinfo

Read More »
Minggu, Juni 22, 2008 | 0 Komentar

21 Juni, 2008

PKK BANTU WARGA MISKIN DI DESA TERPENCIL HUIDU UTARA LIMBAR


Hari terakhir pelaksanaan PKK Mobile di KecamatanLimboto Barat, disamping agenda lainnya PKK Kabupaten Gorontalo mengunjungi sekaligus memberikan bagi warga miskin di desa terpencil Huidu Utara. Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi, Ketua DWP Ny. Ermita Nadjamudin berserta Ketau PKK Kecamatan Limbar Ny. Maryam Domili Hamid, oleh masyarakat langsung dijemput diperbatasan dengan kederaan Tradisional Roda, mengingat lokasi yang berbukit berjarak 2 Km menuju tempat warga, terisolasi kondisi jalan becek. Sabtu 22/6.
Ketua PKK Rahmijati dalam penjelasan dihadapan warga Huidu Utara mengatakan bahwa kunjungan secara langsung dengan warga desa terpencil yang dilakukan PKK hingga saat ini terbukti sangat efektif, mengingat hasil temuan tentang kondisi realitas masyarakat dilapangan selalu diharapkan oleh pemerintah daerah untuk menentukan kebijakannya.
Rahmijati mencontohkan bahwa sesuai temuannya bahwa masyarakat Huidu belum bisa menikmati akses jalan yang layak, selain itu pula khusus dibidang kesehatan Rahmijati mengatakan warga setempat belum bisa memenuhi kriteria perilaku hidup dan sehat, sebab rata-rata belum memiliki jamban, dan masih menggunakan fasilitas alam (sungai), sehingga dalam kesempatan tersebut Rahmijati memberikan harapan kepada warga setempat melalui PKK Kabupaten Gorontalo akan mengusulkan pembangunan 3 buah jamban dilokasi hamparan Mahayani Desa Huidu Utara yang juga disaksikan oleh Kepala Desa Huidu Utara Musran Hongi “Dilokasi ini PKK akan usulkan dibangun 3 MCK umum” Ungkap Rahmi.
Selain itu pula Rahmijati dilokasi tersebut menyerahkan bantuan perupa paket peralatan rumah tangga serta uang tunai secara langsung kepada penghuni mahayani dan warga yang hadir.

Read More »
Sabtu, Juni 21, 2008 | 0 Komentar

20 Juni, 2008

DI LIMMBAR PKK DISAMBUT DENGAN “RODA”


Dalam pelaksanan PKK Mobile disetiap kecamatan dalam hal penyambutan Pemerintah daerah, PKK dan DWP selalu saja terdapat hal-hal yang unik. Bentuk penyambutan tersebut digelar dalam bentuk arak-arakan mobil, bendi, bentor dan yang paling unik lagi giliran di Limboto Barat Rahmi dan Maryam disambut dengan arak-arakan kenderaan tradisional “Roda”. Kenderaan ini seluruh bagiannya, terbuat dari kayu, dan ditarik dengan menggunakan tenaga dua ekor sapi dan posisi kusirnya berada didepan. Jumat 20/6
Ketua PKK Limboto barat dalam penjelasannya mengatakan bahwa kenderaan tersebut merupakan alat angkutan tradisional yang hingga saat masih digunakan oleh masyarakat Kecamatan Limboto Barat yang semula diperkenalkan oleh suku “Jaton” kemudian telah dikenal luas, selain itu pula selain menggunakan sapi jenis kenderaan tradisional ini juga biasa menggunakan tenga kerbau dan hingga saat ini lebih modern lagi telah modifikasi menggunakan roda mobil dan ditarik dengan menggunakan mesin jenis traktor.
Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa penyambutan dengan menggunakan alat tradisional ini melambangkan kedekatan pemimpinnya dengan rakyat, dan hal ini pula merupakan suatu keunikan tersendiri bagi kecamatan Limboto Barat.

Read More »
Jumat, Juni 20, 2008 | 0 Komentar

Rahmi : “ibu hamil wajib bersih-bersih”


Meski dalam keadaan hamil, seorang ibu tetap diwajibkan untuk menjaga kebersihan badan, sebab pada masa kehamilan terjadi kontraksi tubuh yang semula kecil, kemudian membesar, sehingga pori-pori badan semakin terbuka dan tentunya bau badan yang terus menyengat tidak dapat dihindari karean sering mengeluarkan keringat.”Ibu-ibu hamil dalam sehari diwajibkan mandi minimal dua kali sehari, khsusunya bapa bagian lipatan kulit harus dibersihkan”. Hal ini dijelaskan oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe pada saat meninjau pelayanan kesehatan bagi ibu hamil yang digelar di Puskesmas Desa Huidu Kecamatan Limboto Barat. Jumat 20/6.
Kepada 18 ibu hamil yang hadir dalam kesempatan itu, Rahmijati menghimbau agar ikut program KB dengan maksud untuk menjada kesehatan ibu dan anak, sehingganya dalam kesempatan tersebut, Rahmijati melakukan pengecekan secara langsung mengenai jumlah anak dari ibu hamil yang ada yang menghasilkan fakta bahwa beberapa diantaranya saat ini tengah mengandung anak yang keempat. Dalam sambutannya itu pula Rahmi memberikan penjelasan bahwa ada alternative lain dengan mengharapkan melalui ibu-ibu untuk mengajak bapak-bapak untuk berKB yaitu melalui operasi Vasektomi.
Acara diakhiri dengan senam ibu hamil. Pada kesemapatan tersebut Rahmijati memberikan hadiah bagi ibu hamil yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan.

Read More »
Jumat, Juni 20, 2008 | 0 Komentar

SEKERTARIAT PKK LIMBAR DIRESMIKAN


PKK Kecamatan Limboto Barat secara resmi telah memiliki gedung sekertariat baru. Hal ini ditandai dengan pengguntingan pita dan ditandatanganinya prasasti peresmian oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi beserta seluruh pengurus PKK Kabupaten Gorontalo pada pelaksanaan PKK Mobile di Kecamatan Limboto Barat. Jumat 20/6.
Bangunan yang dibangun berdampingan dengan rudis dan Kantor Camat Limboto Barat itu, berukuran 6 X 12 M 2 dilengkapi dengan ruangan kesekretariatan, Pokja-pokja dan disempurnakan dengan visualisasi lengkap, sehingga memperoleh ucapan salut dari Ketua PKK Kabupaten Gorontalo “Saya salut dengan invasi yang dilakukan oleh Ketua PKK Kecamatan Limboto Barat dalam usahannya membangun sekertariat PKK” Ungkap Rahmi. Yang menjadi keunikan tersendiri dari sekertariat PKK itu adalah dipajangkan pesan-pesan moril bagi gerakan PKK yang salah satunya adalah keberanian mengeluarkan peluh tanapa mengeluh, yang tidak lain adalah kata bijak yang selalui diucapakan oleh Ketua PKK dalam memotivasi gerakan PKK.
Sementara itu Ketua PKK Kecamatan Limboto Barat Ny. Maryam Domili Hamid, M.Pdi saat dikonfirmasi mengatakan bahwa bangunan tersebut berdiri dari dana hasil swadaya murni PKK Limboto Barat yang dibangun dalam kurun waktu 4 bulan setelah dilakukan peletakan batu pertama pada bulan Pebruari 2008 lalu.

Read More »
Jumat, Juni 20, 2008 | 0 Komentar

19 Juni, 2008

MARYAM YURI LOMBA PADUAN SUARA ANTAR PETUGAS KEBERSIHAN


Perayaaan hari lingkungan hidup sedunia ke 36 tingkat Kabupaten Gorontalo dirayakan dengan cara yang unik yaitu dengan menggelar lomba vocalia antar pasukan kebersihan dan penilaian Gazebo. PKK Kabupaten Gorontalo bersama Gabungan Organisasi Wanita (GOW) lainya di wilayah Kabupaten Gorontalo oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo diberikan kewenagan untuk menjadi Tim penilai lomba Vocalia tersebut, dengan formasi Wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi sebagai ketua dewan penilai, beranggotakan masing-msing Ny. Budi Widjanarko dari unsur Bhayangkari, Ny. Tuti Margono dari unsuir Dharma Yukti Karini, Ny. Ketut dari Unsur Pesit Kartika Chandra Kirana dan Ny. Erminta Nadjamudin Laya dari Dharma wanita Persatuan Kabupaten Gorontalo.
Dari 16 peserta utusan Petugas kebersiahn dari beberapa kecamatan sesuai hasil penilaian keluar sebagai juara masing-masing Sri Wahyuni petugas kebersihan di setda Kabupaten Gorontalo, disusul oleh Jemy Pakaya petugas kebersihan dari Kecamatan Telaga Biru sebagai juara II, Juara III diraih oleh Iswanto Ismail dari petugas Kebersiahn Setda Kabupaten Gorontalo. Sementara untuk juara Pavorit diraih oleh bapak Saleh Ibrahim dari Kecamatan Limboto Barat.
Ny. Maryam Puhi selaku Ketua Dewan Juri mengatakan bahwa meski para peserta hanya sebagai petugas kebersihan, namun diantara merak juga ada yang memiliki bakat untuk menyanyi. Dalam kegitan tersebut, Wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi bersama GOW, juga menyerahakan secara langsung bantuan sembako dari pemerintah daerah sekaligus menyerahkan piala bagi para pemenang.

Read More »
Kamis, Juni 19, 2008 | 0 Komentar

PEMAPARAN HASIL PELATIHAN DIGELAR SECARA MASSAL



 Pemaparan materi hasil pelatiahan yang diikuti oleh 30 kader PKK Kabupaten Gorontalo di Malang digelar secara akbar oleh PKK Kabupaten Gorontalo. Semua unsur PKK Kecamatan Sekabupaten Gorontalo dari Ketua hingga dasawisma dihadirkan. Demikian pula Dharmawanita Persatuan Kabupaten Gorontalo hadir seluruhnya mengikuti pemaparan tersebut selaku audience. Yang menjadi perhatian utama pelaksanaan kegiatan itu adalah kehadiran dari Bupati Gorontalo David bobihoe Akib selaku ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten Gorontalo, didampingi oleh Ketua PKK Ny. Rahmijati David, wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi, Ketua DWP Kabupaten Gorontalo Ny. Ermita Nadjamudin Laya.
Acara berlangsung khidmat masing-masing penanggung jawab kelompok memaparkan materinya, yaitu dari kelompok satu oleh Ketau PKK Kecamatan Limboto Ny. Maryam Husnan, MT dengan materi Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan, Kelompok II oleh Ketau PKK Kecamtan Batudaa Pantai Ny. Sunarti Jahja dengan materinya keadilan dan kesetraan gender dan kelompok III dipaparkan oleh Ketua PKK Kecamatan Asparaga Ny. Roslinda Lasido Tahir dengan materinya Analisis Gender Dalam Pembangunan.
Suasana menjadi seru pada saat dibuka dialog, dimana ibu-ibu PKK meminta kepada bapak-bapak camat yang turut hadir untuk menerapkan adanya prinsip kesamaan hak dan kewajiban dengan dalih kesetaraan gender, yang kemudian oleh bapak-bapak ditentang dengan alsan kodrat dan ajaran agama, namun pada akhirnya menemukan kesepakatan bahwa kesetaraan gender bukan berarti wanita menjadi pemimpin, tetapi dalam setiap kegitan yang dilakukan oleh bapak-bapak, turut melibatkan ibu-ibu.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam sambutannya mencotohkan bahwa kesetaran gender dalam bentuk kecilnya dapat dilihat dalam organisasi PKK saat ini dimana dalam struktur juga terdapat pria didalammnya.
Sementara itu Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib dalam sambutannya mengatakan bahwa kesetaraan gender itu lebih bermakna peran, sebab yang dituntut saat ini adalah bagaimana peran perempuan dalam bidang ekonomi,sosial, lingkungan dan politik.
Sebelumnya Koordinator rombongan Ny. Ramlah Utiarahman Bakari dalam laporannya menguraikan seluruh kronologis kegiatan yang dilakukan oleh PKK Kabupaten Gorontalo selama dib alai pelatiah Malang dan perjalanan hingga ke daerah.

Read More »
Kamis, Juni 19, 2008 | 0 Komentar

18 Juni, 2008

TIM DIRJEN PAUD RI PANTAU LANGSUNG PAUD KABUPATEN


 Tim dari Dirjen PAUD-RI dari Sub Kemitraan, Kemarin mengunjungi PAUD yang ada di Wilayah Kabupaten Gorontalo. Tim yang tertiri dari tiga orang itu dipimpin langsung oleh Bapak Nugroho, beranggotakan Ibu Sri Rahayu dan Rahmat. Tim mengawali kunjungannya di PAUD Cendana Desa Paris Kecamatan Mootilango, kemudian PAUD Al-Magfirah Kelurahan Kayu Merah Kecamatan Limboto, PAUD Unggulan Menara Ilmu, PAUD As-Syarif di Kecamatan Talaga Jaya dan berakhir di Pos PAUD Samudera Bongo Kecamatan Batudaa Pantai. Rabu 18/6
Pimpinan rombongan Nugroho saat dikonformasi mengatakan bahwa tujuan kunjungan tersebut adalah untuk mendokumentasikan seluruh kondisi nyata PAUD dilapangan, dimana menurutnya kunjungan tersebut dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia, khsususnya bagi daerah yang memiliki gaung secara nasional termasuk diantaranya Kabuapaten Gorontalo, dimana hasil kunjungan ini akan di presentasikan di Dirjen PAUD, sehingga akan dilakukan perbandingan perkembangan paud antar wilayah.”Visitasi ini untuk dokumentasi PAUD diwilayah yang diunggulkan Nasional yang kemudian akan dibandingkan” Jelas Nugroho.
Terungkap pula dalam dialog Nugroho mengakui bahwa tugas dibidang yang ditekuninya membawahi seluruh PAUD binaan organisasi serta dirinya termasuk dalam gabungan keanggotaan tim dari Bank Dunia yang saat ini menetapkan Kabupaten Gorontalo sebagai salah satu pilot project dari 5 Kabupaten seluruh Indonesia, sehingga hal tersebut merupakan bagian dari kunjugan tersebut” Jelas Nugroho.
Dari Drs. Gafra Sidik selaku Kepala binang PLS dan PAUD Kabupaten Gorontalo diperoleh informasi bahwa tim selama melakukan kunjungan langsung mengungkapkan rasa salutnya dimana di Kabupaten Gorontalo memiliki keunggulan tersendiri yaitu PAUD memiliki dukungan penuh dari masyarakat terbukti dengan adanya PAUD yang dibangun seluruh dananya bersumber dari swadaya murni masyarakat, Intergrasi PAUD dan TK dalam sebuah kelompok, adanya Tenaga Pengawas PAUD yang tidak dimiliki oleh daerah lain serta yang paling menentukan adalah dukungan sepenuhnya dari Pemerintah daerah yang dibuktikan dengan dana sharing APBD hingga mencapai 3,3 miliar.
Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe yamg juga selaku ketua forum PAUD Kabupaten Gorontalo yang sementara melakukan kunjungan kerja di luar daerah melalui via telepon mengatakan bahwa kunjungan di dari Dirjen PAUD sejak lama telah dinanti-nantikan, sebagai bentuk motivasi bagi seluruh lembaga PAUD di Kabupaten Gorontalo, selain itu pula Rahmi mengatakan bahwa Gaung PAUD Kabupaten Gorontalo telah terkenal secara nasional, sehingga dengan kunjungan tersebut diharapkan dapat melihat secara langsung realitas yang ada.
Dalam kunjungan tersebut, Tim turut meninjau sekertariat Forum PAUD dan HIMPAUDI Kabupaten Gorontalo serta menyerahkan satuan bahan ajar PAUD yang diterima langsung oleh Wakil Ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi bertempat di Gedung Rumah Pintar PAUD Menara Ilmu.

Read More »
Rabu, Juni 18, 2008 | 0 Komentar

17 Juni, 2008

PROGRAM PKK GO NASIONAL

Program PKK Kabupaten Gorontalo Go Nasional, maksudnya program yang dari PKK Kabupaten Gorontalo sudah dijadikan salah satu acuan dari program PKK Pusat.pernyataan tersebut bukan hanya sekedar isu yang ditawarkan semata, tetapi merupakan pengakuan langsung dari Kepala badan pemberdayaan Masyarakat Desa Endang Kusumajadi, MM yang ditindaklanjuti dengan menjadikan program PKK Kabupaten Gorontalo sebagai bahan acuan materi Diklat untuk pelatihan selanjutnya. Hal ini terungkap melalui pesan dan kesan dari wakil rombongan PKK Ny. Roslinda Lasido Tahir yang mengikuti pelatihan Gender di BPMD Malang yang disambut oleh Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib bertempat rumah dinas Buapti Gorontalo. Senin 16/6.
Dikatakan bahwa pengakuan diutarakan atas dasar-dasar konsep PKK yang inovatif, belum sebelumnya belum pernah diprogramkan oleh PKK Pusat, dan berlaku bukan saja ditingkat Kabupaten namun merata hingga ke dasawisma, yang telah diuraikan melalui pemaran langsung oleh PKK Kabupaten Gorontalo
Sementara itu Bapati Gorontalo David Bobihoe akib dalam sambutannya menjelaskan bahwa dengan pengakuan tersebut, berarti PKK Kabupaten Gorontalo sebenarnya memiliki program yang unggul secara nasional, namun tidak tersosialisasikan hingga ketingkat pusat, sehingga menurut bupati perlunya dilakukan pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kinerja PKK kedepan. Selain iu pula melalui pelatihan seperti ini memberikan wawasan baru bagi kader PKK ditingkat kecamatan dan desa yang mana dalam kesehariannya hanya berkecimpung diwilayahnya saja “Pelatihan-pelatihan perlu untuk meningkatkan kinerja, apalagi bagi kader pkk desa lebih menambah wawasan, dari pada berputar-putar diwilayah sendiri” tukas David
Dalam acara penyambutan tersebut terungklap pula bahwa Ketau PKK Pusat telah menerima cendera mata berupa kain kerawang karya PKK serta sebuah kaset CD album perdana PKK Kabupaten Gorontalo yang diserahkan oleh Wakil ketua IV Ny. Ramlah Utiarahman Bakari.

Read More »
Selasa, Juni 17, 2008 | 0 Komentar

DI TIBAWA RAHMI BANTU IBU PENGRAJIN KASUR DAN KRIPIK


Perjalanan yang dilakukan oleh PKK Kabupaten Gorontalo menuju wilayah perbatasan Kabupaten Gorontalo, Sabtu 14/6 Pekan lalu, semula hanya bertujuan untuk menyerahkan bantuan bagi ibu-ibu pengrajin bunga sinetron di Desa motilango Kecamatan Tibawa, Namun ternyata kunjungan tersebut sekaligus dengan pemantauan usaha pengrajin kasur bantal dan keripik yang ada di Desa Buhu. Pasalnya,Warga Masyarakat setempat meminta kepada rombongan PKK untuk dikunjungi sehigga Ketua PKK Ny. Rahmijati memenuhi permintaan tersebut.
Tempat yang pertama dikunjungi adalah pengrajin kasur ibu Endang Pou yang mengaku telah menjalankan usahanya selama delapan tahun, namun harus menerima kenyataan bahwa usahanya tidak berkembang dengan alasan harus memenuhi harus menutupi pinjaman kredit dan bunga dari koperasi. sehingganya meski harus menahan bersin akibat kapas yang beterbangan, Rahmi tetap menerobos masuk melihat tempat penyimpanan kapas yang berbentuk sebuah gubuk untuk melihat kondisi yang sebenarnya tak terkecuali Wakil Ketua PKK Ny. Maryam sofyan Puhi yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut. Di dalam Ketua PKK Rahmijati menanyakan kepada ibu tersebt tentang bantuan yang pernah diperoleh, secara spontan mengatakan belum pernah, bahkan mengaku pernah memperoleh kunjungan dari anggota DPR RI namun belum terrealisasi "Kami pernah dikunjungi oleh Tim dari DPR-RI namun hingga saat ini belum terealisasi" Jelas Endang
Demikian pula kunjungan kedua yang dilakukan bagi ibu Alisa Jadu yang menjalankan usaha pembuatan kripik. Meihat produk yang terkesan belum maksimal, Rahmi meyarankan agar pasaran kripik lebih maju dengan cara membuat produk yang berfariasi sehinga menarik bagi konsumen. Sehingganya kepada kedua ibu pengrajin tersebut Rahmijati menyerahkan sejumlah uang tunai yang diharapkan dapat menambah modal usaha, dengan harapan bahwa bag ibu-ibu tidak berputus asa dalam menjalankan usaha sekecil apapun." Jangan pernah menyerah dalam berusaha"tukas Rahmi

Read More »
Selasa, Juni 17, 2008 | 0 Komentar

JANGAN SELALU MEMBENTAK ANAK


Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam kapasitannya selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo didampingi oleh Wakil Ketau PKK Ny. Maryam Puhi menghadiri sekaligus membuka acara acara pelepasan murid tamatan TK PEMBINA tahun 2007/2008 yang diintegrasikan dengan pisah sambut peralihan kepemimpinan TK Pembina bertempat di Aula TK Pembina Kecamatan Limboto. Sabtu 14/6.
Rahmijati dalam sambutannya singkatnya mengatakan bahwa anak-anak selalu menyesuaikan dengan lingkunganya, sehingganya anak-anak selalu berada didalam lingkungan pendidikan. namun menurut Rahmi hal tersebut bukan berarti bahwa anak-anak seharian harus berada disekolah, tetapi hal tersebut mengharapkan bgar pendidikan bagi anak bukan hanya disekolah saja, namun diharapkan dirumah anak-anak memperoleh pembelajaran dari orang tua.
Selain itu pula Rahmi mengharapkan kepada seluruh orang tua yang turut hadir mendampingi anaknya agar selalu bersikap responsif terhadap anak dan tidak selalu memberikan bentakan, sebab menurut Rahmi dengan sekali bentakan dapat menggugurkan beriku potensi yang dimiliki oleh anak.
Dalam kesempatan tersebut Rahmijati memberikan bantuan berupa sejumlah uang yang diharapkan dapat digunakan untuk melengkapi fasilitas Alat Permainan Edukatif (APE) pada lembaga Paud formal tersebut.

Read More »
Selasa, Juni 17, 2008 | 0 Komentar

16 Juni, 2008

MARYAM BUKA FLOWER EXPO


Maryam “Tanaman Hias Tidak Harus Mahal”
Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi Senin Kemarin menghadiri sekaligus membuka kegiatan Flower Expo 2008 yang digelar dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang ke 36 tingkat Kabuapten Gorontalo, bertempat di Taman Air Mancur Limboto yang dihadiri oleh seluruh ketua dan pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gorotnalo.16/6.
Melalui sambutan Ketua PKK Ny Maryam Puhi menjelaskan bahwa saat ini tanaman hias kian diminati sehingga permintaan akan pelbagai tanaman baik endemic maupun introduksi dari luar terus meningkat bersaaamaan dengan semakin banyaknya pengusaha tanaman yang pada gilirannya tidak saja membuka lapangan kerja namun turut memperindah suasana tatanan ruang terbuka hijau terutama dikawasan perkotaan.
Dalam sambutan itu pula dijelaskan bahwa sebagai bentuk dukungan PKK terhadapa program pemerintah mewujudkan Limboto dalam taman dan hutan kota yang asri, PKK melalui programnya mengajak ibu-ibu memfokuskan diri dalam menata tananaman melalui gerakan PKK dan organisasi lainnya, sehingga kaum wanita tidak menajdi penonton dalam melihat pangsa pasar Hal tersebut didasarkan atas pernyataan bahwa menata, memelihara dan menjaga keindahan serta kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab bersama, sehingga setiap individu diharapkan punya kesadaran dan sense of belonging (rasa memiliki) yang dimulai dari lingkungan keluarga.
Diakhir sambutannya Maryam mengatakan jika tanaman merupakan salah satu alat untuk menata lingkungan, maka tidak semestinya harus diukur dari mahalnya jenis tanaman, tetapi yang diharapkan adalah tanaman yang bisa dipelihara dalam rangka mewujudkan lingkungan yang Hijau, Asri, bersih lalamiah dan enak dipandang mata.
Pembukaan pameran tanaman tersebut ditandai dengan pemukulan alat kesenian tradisional Polopalo oleh seluruh pimpinan Gabungan Organisasi Waniata (GOW). Kegitan turut dimeriahkan dengan lomba cerdas-cermat dasawisma utusan kecamatan sekabuapten Gorontalo.

Read More »
Senin, Juni 16, 2008 | 0 Komentar

RAHMI WISUDA 32 ANAK PAUD FORMAL


 Untuk yang ketiga kalinya, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam kapasitasnya selaku ketua forum PAUD Kabupaten Gorontalo mewisuda anak-anak TK Lukmanul Hakim Limboto. Pada wisuda kali ini Rahmijati mewisuda 32 anak turut didampingi oleh Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Puhi, serta Kepala Bidang pendidikan PLS dan PAUD Kabupaten Gorontalo Drs. Gafra Sidik bertempat di Gedung Kasmat Lahay Kecamatan Limboto. Minggu 15/06
Dalam Sambutannya Rahmi mengatakan bahwa pendidikan moral terhadap anak perlu ditanamkan sejak dini dengan memberikan pemahaman tentang agama, dimana dimasa usia PAUD merupakan masa golden age sehingga apa saja ilmu pengetahuan yang diperolehnya akan menjadi dasar perkembangan pengetahuan selanjutnya, kareana tidak dapat dipungkiri mau tidak mau bahwa anak-anak saat ini akan melalui suatu zaman yang berbeda dengan saat ini. Sehingganya Rahmi mengakui salut terhadap lembaga tersebut mampu menciptakan anak-anak yang bisa menghafal ayat-ayat Al-quran yang turut ditampilkan dalam acara tersebut.
Dalam kesempatan tersebut, Rahmijati memberikan bantuan berupa uang tunai kepada 35 anak sebagai uang tabungan, yang diserahkan sekaligus dengan sertifikat kelulusan dari lembaga saat mewisuda. Acara turut dimeriahkan dengan tarian tradisonal dana-dana oleh anak-anak lukmanul hakim yang oleh Rahmijati diharapkan untuk tampil secara massal dengan anak-anak PAUD lainnya dari kecamatan se-Kabupaten Gorontalo pada pelaksanaan hari anak nasional



Read More »
Senin, Juni 16, 2008 | 0 Komentar

15 Juni, 2008

RAHMI SERAHJKAN BANTUAN DI MOTILANGO TIBAWA


Ketua dan Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi Sabtu, 16/6 kemarin kembali menyerahkan satu paket peralatan pembuatan bunga sinetron bertempat di pusat kerajinan ibu-ibu kreatif Desa Motilango Kecamatan Tibawa. Penyerahan sebelumnya digelar di Kecamatan Talaga Jaya bagi Pemuda Kreatif yang juga pengrajin bunga sinetron.Bantuan peralatan tersebut merupakan bagian dari penyerahan sebelumnya dimana keduanya merupakan janji yang sempat dilontarkan oleh Ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat melakukan kunjungan kewilayah tersebut."Saya telah berjanji pada masyarakat disini, maka pada hari ini saya tunaikan jadi Saya tidak ada hutang lagi" Jelas
Rahmi menambahkan bahwa yang memperoleh bantuan sebelumnya di TelgaJaya adalah kelompok Pemuda, maka Kali ini ini adalah kelompok ibu-ibu. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan dukungan terhadap remaja yang kreatif, agar mampu m,enciptakan berbagai inovasi yang pad akhirnya dapat berpengaruh pada peniongkatan ekonomi pribadi dan keluarga.
Pada kesempatan itu Rahmijati tidak begitu saja meyerahkan alat tersebut tetapi secara langsung mempraktekan cara penggunaan serta proses pembuatan bunga sinetron yang baik."alat ini menggunakan batery charge, sehingga ibu-ibu tidak perlu lagi harus mencari sumber listrik, untuk bekerja dan bisa dibawa kemana-mana" Jelas Rahmi sambil memperlihatkan seluruh perlengkapan.
Meskipun prosesi penyerahaan bantuan hanya dalam bentuk acara sederhana, namun seluruh warga masyarakat setempat ikut hadir untuk menyaksikan termasuk para lansia, sehingga antusias warga tersebut, oleh ketua PKK Rahmijati diahrgai dengan membagikan uang transpor bagi para para lansia dan warga dan anak-anak yang ikut hadir. Sementera itu bagi ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok pengrajin Rahmijati meyerahkan bantuan tuani berupa sejumlah uang yang diharapkan dapat dijadiklan sebagai modal usaha dan mengharapkan ibu-ibu dengan alat tersebut mampu membuat ukuran bunga sinetron yang lebih besar. "Tolong buatkan saya bunga yang ukuran besar nanti akan diletakan dirumah dinas Bupati nanti saya bayar" Ungkap Rahmi

Read More »
Minggu, Juni 15, 2008 | 0 Komentar

RAHMI PANTAU MIGOR KAMPUNG DI PASAR LIMBOTO


Sosialisasi diversifikasi minyak goreng untuk menggunakan minyak goreng kampung yang terus digelar oleh PKK ternyata telah berpengaruh pada pasaran minyak goreng di pasar-pasar tradisonal, khususnya di shoping centre Limboto. Pasalnya hampir seluruh sudut pasar telah menjual jenis minyak goreng kampung. Hal ini diungkapkan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe usai berbelanja dipasar. Jumat pekan lalu.
Rahmi mengatakan bahwa berdasarkan penelusurannya pedagang memilih untuk menjual minyak goreng kampung karena harga mogor kampung ini harganya lebih terjangkau, serta memiliki citra rasa khas, serta pasokannya banyak yang sebagian besar berasal dari ibu-ibu dasawisma.”lima butir kelapa bisa menghasilkan sebotol minyak goreng itu kan lumayan” ungkap Rahmi
Saat dikonfirmasi mengenai maksud dan tujuannya untuk belanja sendiri dipasar Rahmi mengatakan bahwa memang hal tersebut menjadi kebiasaannya selain dengan maksud untuk membeli sesuai keperluan sendiri, Rahmi juga menjelaskan tujuannya untuk melakukan survey langsung harga bahan kebutuhan pokok, menemui anak-anak yang putus sekolah, gelandangan serta para pengemis.
Rahmi mengatakan bahwa dengan cara demikian dirinya bisa mengetahui langsung realitas lapangan yang sebenarnya, sehingga ditemui suatu masalah, langsung di cari solusinya (speed in action) apalagi dalam setiap aksinya Rahmi mengaku tidak dimpingi oleh siapa pun hanya masyarakat yang langsung melaporkan bahwa dirinya sedang berbelanja” ungkap Rahmi

Read More »
Minggu, Juni 15, 2008 | 0 Komentar

13 Juni, 2008

PEMERINTAH PUSAT SALUT PROGRAM GENDER PKK KABGOR

Pelatihan perencanaan pembangunan berwawasan gender yang belangsung selama tiga hari digelar oleh Departemen dalam Negeri Republik Indonesia di Balai
Besar Pemberdayaan Masyarakat Malang Pagi Jumat kamarin secara resmi ditutup oleh Kepala Dirjen Balai Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) yang diwakili oleh Kepala Balai Besar Endang Kusumajadi, MM. Seluruh 30 Kader PKK Kabupaten Gorontalo yang berasal dari kecamatan dan desa Se-Kabupaten Gorontalo bersama peserta dari dua kabupaten lainnya. Langsung berpamitan dalam suatu acara silaturahim bersama panitia yang berlangsung di Balai PMD Malang. 12/6.
Wakil Ketua IV PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Ramlah Utriarahman Bakari selaku Koordinator mengatakan bahwa dalam sambutan akhir bapak kepala balai Endang Kusumajadi mengatakan bahwa pemerintah pusat salut dengan program PKK Kabupaten, dimana PKK benar-benar telah menjalankan fungsinya sebagai mitra pemerintah, memiliki berbagai macam program inovasi serta memiliki komitmen dalam menjalankan program pengarustamaan gender, yang terbukti dengan berdirinya Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorontalo.
Sementara itu sat dikonfirmasi mengenai pelatihan itu sendiri Ramlah menjelaskan bahwa materi pelatihan pada dasarnya dibagi atas empat topic yang meliputi Kebijakan pemerintah berwawasan gender, Keadilan dan kesetaraan Gender, Perencanaan kelembagaan berperspektif dan berwawasan Gender serta materi khsusu tentang peng arustamaan Gender. Sementara itu pembahasan khsusus mengenai PKK di ulas dalam materi terakhir yaitu Kajian terapan program PKK.
Sesuai informasi yang diterima dari Koordinator Ny. Ramlah Utiarahman Bakari semalam melalui via Telpon mengatakan bahwa untuk mengakhiri kegitan Pelatihan PKK masih menyempatklan diri untuk berwisata ke kota Batu Malang dan hari ini rencanannya akan Tanggulangen dan terus ke Surabaya, sebelum kembali ke Gorontalo Senin depan.

Read More »
Jumat, Juni 13, 2008 | 0 Komentar

PKK BANTU 23 KK MISKIN DI HUTADAA TALAGA JAYA


PKK Kabupaten Gorontalo selain terus berupaya untuk mentuntaskan program pembangunan Mahayani bagi lansia di 17 Kecamatan Se-Kabupaten Gorontalo, terus melakukan bantuan-bantuan yang menyentuh rakyat miskin. Hal tersebut dilakukan disetipa kecamatan dalam GM. Sebagaimana yang dilakukan pada PKK Mobile di Talaga Jaya beberpa pekan lalu.
Target masyarakat miskin yang memperoleh bantuan di Talaga Jaya adalah masyarakat miskin yang ada di hamparan mahayani yang berada di desa Hutadaa, yang dihuni oleh 23 Kepala Keluarga miskin. Menurut Ketua PKK Kabapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David yang didampingi oleh Wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi dikatakan bahwa Penyerahan bantuan tersebut sebenarnya akan diserahkan secara langsung dimasing-masing rumah, dengan maksud untuk dapat memantau langsung kondisi setiap rumah, namun niat tersebut harus diurung mengingat lokasi hamparan Mahayani masih dalam keadaan becek sehigga sangat berbahaya bagi rombongan PKK, apalagi pada saat itu mobil rombongan terpaksa harus diseret keluar dari Lumpur yang berada di sekitar lapangan. Sehingga diputuskan penyerahan bantuan dilakukan sekaligus dirumah salah seorang warga.
Dihadapan masyarakat miskin yang sebagian besar dihadiri ibu-ibu tersebut Rahmijati mengatakan bahwa dengan adanya bantuan dari pemerintah berupa mahayani tersebut diharapkan dapat mengurangi beban ekonomi, dan terus berusaha untuk meningkatkan ekonomi keluarga, apalagi lokasi tersebut merupakan bagian dari pesisir danau, sehingga keluarga setidaknya dapat memanfaatkan potensi danau yang ada dan tidak selamanya bergantung pada pemerintah.

Read More »
Jumat, Juni 13, 2008 | 0 Komentar

12 Juni, 2008

PKK GELAR AKSI PENANAMAN KEBUN PKK


Upaya untuk menghijaukan kebun PKK disetiap desa terus dilakukan oleh PKK Kabupaten Gorontalo. Setelah tuntas membagikan berbagai macam bibit kini giliran gerakan penanaman dilakukan. Aksi tersebut dilakukan oleh Ketua dan Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi dengan menanam jenis sayuran di Kebun PKK Desa tepatnya di dusun Potanga Desa Hutadaa Kecamatan Talaga Jaya ditanah hamparan yang berukuran 2000m2 pada pelaksanaan PKK Mobile kemarin. Senin 09/6.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa wilayah lokasi kebun PKK tersebut merupakan wilayah pesisir danau, sehingga sangat potensial untuk ditanami dengan jenis sayuran. Sehingganya Rahamijati kepada anggota PKK setempat meyarankan agar selain berkebun juga memanfatkan pekarangan dengan tanaman yang bisa dikonsumsi, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup rumah tangga, meski menurut Rahmi hampir setiap saat harus berhadapan dengan bencana banjir.
Diakhir penjelasannya dihadapan warga masyarakat serta unsur dinas pertanian kabupaten Gorotnalo, agar sekiranya tanaman tersebut berhasil, merak meminta agar turut duihadirkan pada saat panen nanti ”Karean kami diundang untuk menanan maka kami juga minta diundang saat panen keelak” Jelas Rahmi

Read More »
Kamis, Juni 12, 2008 | 0 Komentar

EVALUASI GSI TURUT HADIRKAN KEPALA DESA


Dalam rangka mengoptimalkan gerakan sayang ibu (GSI) di Masyarakat, PKK Kabupaten Gorontalo bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorontalo menggelar rapat evaluasi GSI yang dihadiri oleh 112 peserta yang berasal dari 6 kecamatan yang ada diwilayah Kabupaten Gorontalo meliputi Kecamatan Limboto Barat, Limboto, Telaga biru, Telaga, Talaga Jaya, Tilango dan Kecamatan biluhu, bertempat di aula rumah dinas bupati gorontalo. Kamis 11/06.
Hadir dalam kesempatan tersebut Ketaua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi, kepala badan pemberdayaan perempuan Kabuapten Gorontalo Ny. Roswati Lasimpala, unsur dinas kesehatan selaku pemberi materi. Dalam pelatihan tersebut juga diikuti oleh bapak-bapak khusunya kepala desa selaku peserta.
Rahmijati David Bobihoe dalam sambutannya saat membuka pertemuan tersebut mengatakan bahwa setiap orang sudah pastilah lahir dari seorang ibu, sehingga dikatakan beruntung bagi meraka yang saat ini merasakan kenikmatan hidup, namun dibalik semua itu kehadiran meraka tidak lepas dari perjuangan seorang ibu yang telah mempertaruhkan nyawanya demi untuk menyelamatkan bayinya. Sehingga GSI memiliki tujuan utama untuk menyelamatkan ibu-ibu dari segala ancaman yang membahayakan khususnya persalinan.
Rahmijati dalam penjelasannya pula menjelaskan bahwa gerakan sayang ibu ditingkat desa butuh peranan dari kaum bapak dan pemerintah setempat, sebab dalam pelaksanaan teknis ditingkat lapangan membutuhkan peran bapak, demikian pula melalui pemerintah setidaknya dapat memfasilitasi ibu-ibu PKK dan satgas GSI dalam mesosialisasikan GSI hingga kemasyarakat paling bawah.

Read More »
Kamis, Juni 12, 2008 | 0 Komentar

11 Juni, 2008

PKK KABUPATEN MINTA PERHATIAN PKK PUSAT

Meskipun diperlakukan sebagi tamu istimewa, ternyata PKK Kabupaten Gorontalo tetap bersikap getol dalam memperjuangkan hak-hak PKK daerah khUsusnya Kabuapaten Gorontalo. Hal ini nampak pada saran yang disampaikan Ny. Maryam Hamid mewakili seluruh peserta TP. PKK Kabupaten Gorontalo pada pelatihan perencanaan pembangunan berwawasan gender yang digelar oleh Departemen dalam Negeri Republik Indonesia di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat Malang yang dibuka oleh Dirjen PMD Ayib Mufliks kemarin.Selasa 10/6
Dalam penjelasannya Maryam menguraikan bahwa meski kesempatan sangat terbatas meraka melontarkan beberapa saran diantaranya meminta kepada ketua TP.PKK Pusat NY. Evie Mardianto agar mengunjungi setiap Provinsi bahkan Kabupaten/kota sebagaiman konsep PKK Mobile PKK Kabupaten Gorontalo selain itu kepada Kepala Balai BPM bapak Endang Kusumajadi untuk memberikan dana oprasional bagi PKK ditingkat bawah untuk melaksanakan 10 program PKK yang juga diperkenalkan sebagai salah satu andil yang telah ditempuh oleh pemerintah daerah.” “Meski hanya diberikan kesempatan sekali bertanya, namun kami telah menawarkan beberapa saran kepada ketua TP. PKK Pusat dan kepala BPM seperti pelaksanaan PKK Mobile, serta bantuan dana operasional PKK sebagaiman yang telah dilakukan oleh Pemda dengan alasan supaya kinerja PKK akan maksimal dan terungkur” Unkap Maryam Hamid.
Melalui via telopon saat dihubungi semalam, Seluruh Kader PKK yang berjulah 30 orang tersebut menyatakan rasa kekesalan meraka dimana meraka masih banyak yang inigin ditanyakan kepada ketua PKK Ny. Evi Mardianto, namun dibatasi oleh waktu, sehingga pertanyaan hanya diwakilkan melalui ketua keals” ungkap Mirna salaha satu peserta.
Sementara itu Ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijadi David Bobihoe saat dikonfirmasi mengenaik kegiatan tersebut mengatakn bahwa meski gratis seluruh peserta tetap diwajibakan untuk memaparkan hasil pelatihan tersebut dihadapan seluruh dasawisma diwilayah masing-masing.

Read More »
Rabu, Juni 11, 2008 | 0 Komentar

RAHMI-MARYAM BUT MIGOR KAMPUNG DI TALAGA JAYA


Naiknya bahan kebutuhan pokok siring naiknya harga BBM, sangat terasa pengaruhnya ditengah-tengah masyarakt. Oleh karena itu PKK Kabupaten Gorontalo dalam perannya untuk membina masyarakat khususnya ibu-ibu untuk keluar dari krisis tersebut memberikan barbagai solusi diantaranya dengan program back to village, kembali ke kampung menggunakan segala sumber daya alam yang dimiliki, untuk memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu diantaranya adalah pembuatan minyak Goreng.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo NY. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa program kembali keminyak kampong telah dirintis oleh pemerintah daerah, dan oleh PKK program tersebut disosialisasikan hingga ke tingkat dasawisma melalui demonstrasi.
Rahmijati menambahkan bahwa sejauh ini program tersebut terbukti efektif, baik dari segi bahan baku lebih menguntungkan bagi ibu-ibu selaku produsen dalam meningkatkan ekonomi keluarga, juga mampu menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat untuk dikonsumsi sebagai produk local dengan harga yang lebih terjangkau. “Saya juga tau membuatnya bahkan saat ini juga masih minyak goring kampong” jelas Rahmi saat melakukan demonstrasi pembuatan minyak kampong padala pelaksanaan GM di Telaga Jaya Kemarin. Selasa 10/06.

Read More »
Rabu, Juni 11, 2008 | 0 Komentar

10 Juni, 2008

PELATIHAN GENDER PKK DIBUKA DIRJEN BPMD DAN KETUA PKK PUSAT

Maryam Hamid ”PKK KABUPATEN TAMU ISTIMEWA”
Pelatihan perencanaan pembangunan berwawasan gender yang digelar oleh Departemen dalam Negeri Republik Indonesia di Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat Malang hari ini secara resmi dibuka oleh Dirjen PMD Ayib Mufliks dan turut dihadiri sekaligus sambutan oleh ketua PKK Pusat Ny. Evi Mardianto dikuti oleh tiga Kabupaten masing-masing Kabupaten Toraja, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Tulung Agung Provinsi Jawatimur. Selasa 10/6 2008
Ketua PKK Limboto Barat Ny. Maryam Hamid selaku Ketua kelas PKK Kabupaten Gorontalo saat dihubungi mengatakan bahwa peserta yang ikut berbeda dari informasi sebelumnya dimana saat ini diikuti oleh tiga kabupaten, namun PKK asal Kabupaten Gorontalo memperoleh perlakuan istimewa dimana seluruh dana yang telah digunakan dalam pelatihan ini akan dikembalikan, berbeda dengan dua kabupten lainnya harus membiayai sendiri. Pernyataan tersebut ungkap Maryam disampaikan langsung oleh Kepala Balai BPM bapak Endang Kusumajadi, dengan alasan bahwa Kabupaten Gorontalo sebelumnya telah menandatangani nota kesepakatan atau MOU, serta Kabupaten Gorontalo adalah bagian dari wilayah provinsi yang baru dimekarkan tetapi memiliki komitment dalam keterlibatan gender.
Dalam kesempatan itu pula Maryam mengaku dalam sesi tanya jawab dirinya melontarkan beberapa permintaan kepada PKK pusat dimana Ketua PKK pusat diharapkan melakukan kunjungan ke daerah-daerah sebagauimana konsep PKK Mobile di Kabupaten Gorontalo, serta memintakan kepada pihak BPM pusat untuk mengangrakan dana untuk 10 program PKK” tukas Maryam.
Dalam acara pembukaan tersebut PKK Kabupaten Gorontalo menyerahkan cendera mata berupa pakaian kerawang kepada ketua PKK Pusat Ny. Evi Mardianto melalui Wakil Ketua IV PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Ramlah Utiarahman Bakari selaku koordinator.

Read More »
Selasa, Juni 10, 2008 | 0 Komentar

PKK TEMUKAN ANAK CACAT FISIK AKIBAT TERBAKAR


Rahmi minta serius dalam penanganan
Seperti biasanya dalam pelaksanaan PKK Mobile anak-anak yang menderita gizi buruk selalu memperoleh perhatian PKK Kabupaten Gorontalo. Namun pada pelaksana kegiatan yang sama saat menggelar PKK Mobile di Kecamatan Talaga Jaya Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe menemukan seorang anak yang bernama Ismail Bari Setiawan Razak yang memiliki cacat fisik sejak bayi akibat dari kecelakaan maut jadi korban kebakaran saat masih berusia 4 bulan, saat mengikuti senam bersama seluruh anak-anak PAUD dilapangan Luwoo. Senin, 09/06
Anak tersebut telah berusia 6 tahun tercatat sebagai salah seorang anak TK Sakura di Desa Bulota Kecamatan Talaga Jaya. Ciri-ciri fisiknya yang membuat Rahmijati prihatin, dimana tidak lagi memiliki pergelangan tangan sebelah kiri, rambut tumbuh sebagian dikepala, serta bentuk wajah yang tidak simetris padahal tersebut anak tersebut dianggap sebagai seorang anak cerdas disekolahnya.
Sehingganya sebagai tindaklanjutnya, pada saat tersebut Rahmijati menghadirkan kepala rumah sakit dr. Suweleh untuk mempertanyakan kondisi dari anak tersebut. sesuai penjelasan yang ada terungkap bahwa anak tersebut memiliki harapan untuk memperoleh kelengkapan fisik kembali, yang dapat ditempuh melalui operasi plastik rekonstruksi. Sehigganya Rahmijati membesarkan hati anak tersebut untuk bersedia mengikuti seluruh terapi medis yang langsung disambutnya dengan haru dengan memeluk erat dan membrikan ucapan terima kasih.”Adik bakal jadi tampan lagi” Puji rahmi untuk membersarkan hati Ismail
Pada saat itu pula, Rahmijati dihadapan seluruh masyarakat meminta kepada pihak yang terkait untuk serius menangani proses operasi rekonstrusi itu, mengingat anak tersebut berasala dari masyarakat yang kurang mampu, yang dibuktikan dengan kartu miskin.
Semetara itu sesuai informasi terkini dari pihak rumas sakit M.M Dunda Limboto diperoleh informasi bahwa pekan depan akan kedatangan seorang tamu dokter orthopedi yang diharapkan memberikan solisi secepatnya dengan melakukan operasi dirumah sakit milik daerah ini. Namun jika tidak disetujui, maka operasi akal dilaukan diluar daerah.

Read More »
Selasa, Juni 10, 2008 | 0 Komentar

09 Juni, 2008

MARYAM JADI TUAN RUMAH DI TALAGA JAYA

Pelaksanaan PKK Mobile kali ini berbeda dengan pelaksanaan di kecamatan lainnya di wilayah Kabupaten Gorontalo. Pasalnya Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Puhi saat itu berstatus sebagai tuan rumah meski berangkat bersama dengan rombongan pemda, sebab lokasi PKK Mobile yang ke 13 ini berlokasi di kecamatan Talaga Jaya, juga merupakan lokasi rumah tinggal dari Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo.
Maryam Puhi. Dalam komentarnya Maryam mengatakan bahwa dirinya menginginkan agar pelaksanaan PKK Mobile di kampong halamannya berlangsung sukses. Dan untuk upaya tersebut Maryam berusaha untuk bagaimana memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah, terlepas dirinya selaku wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo.
Rasa bangganya pun tak sanggup untuk disembunyikan ketika Ketua PKK Kabupaten Gorontalo menyatakan kesediaanya untuk bersama hadir dalam pelaksanaan PKK Mobile tersebut, sebab menurut Maryam selama mengunjungi kecamatan dirinya selalu bersama dengan ketua PKK, tidaklah mustahil jika di kampong sendiri dirinya sendiri yang bakal hadir sebab Maryam mengakui bahwa ketua PKK Rahmijati memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan.di luar daerah.”Saya lebih menginginkan ketua PKK hadir dalam pelaksanaan PKK mobile dan alhamdulliah terwujud pada saat ini” ungkap Maryam

Read More »
Senin, Juni 09, 2008 | 0 Komentar

LAGI ..RAHMIJATI PENUHI JANJI


SERAHKAN PAKET PERALATAN KERAJINAN BAGI REMAJA KREATIF 
Setelah merintis pembangunan salah satu PAUD Mutuari yang telah dijanjikan kepada masyarakat, kembali Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mememenuhi janjinya dengan menyerahkan satu set lengkap peralatan pembuatan bunga sinetron bagi bagi kelompok remaja kreatif yang ada di desa Luwoo Kecamatan Talaga Jaya saat melantik kader bina keluarga remaja PKK Kecamatan Talaga Jaya pada PKK mobile bertempat di Aula serba Guna desa Luwoo Senin 09/6.
Rahmijati dalam sambutannya usai melantik Kader BKR menjelasakan bahwa janji tersebut berawal dari kunjungan yang dilakukanya saat melakukan penilaian lomba dasawisma, dimana di desa luwoo dirinya menemukan sebuah kelompok remaja kreatif, membuat bunga sinetron, namun hasil produksinya belum maksimal akibat dari perlatan yang dipakai tidak sesuai. Namun, melihat semangat serta keinginan dari para remaja untuk berkreasi, secara spontanitas Rahmijati berjanji untuk mengganti peralatan keterampilan dengan perlatan yang baru, yang diserahkan pad saat itu.
Dalam penjelasannya pula secara terbuka Rahmijati mengakui bahwa dirinya tidak pernah merasa tenang selama belum memenuhi janji tersebut, sebab menurutnya janji itu adalah hutang, selama belum dipenuhi maka itu juga menjadi hutang seumur hidup.”Kalau berjanji harus ditunaikan, karena itu adalah hutang jangan akal komeng” Ungkap Rahmi.
Sementara itu sehubungan dengan pelantikan Bina keluarga Remaja, Rahmijati mengharapakna agar seluruh kader yang dilantik tersebut diharapkan menjadi remaja-remaja yang menjadi penerus program PKK dan mampu diandalkan ditingkat lapangan serta memiliki kreatifitas dan inovasi

Read More »
Senin, Juni 09, 2008 | 0 Komentar

08 Juni, 2008

DAVID "TUGAS IBU-IBU YANG MENGGERAK-GERAKAN


Peran PKK dalam keberlangsungan pemerintahan Kabuapten Gorontalo sangat terasa. Ini tidak lepas dari dari gerakan PKK yang selalu berada ditengah-tengah masyarakat turut membantu menjalankan program pemerintahan serta memberi informasi mengenai kondisi real dilapangan khsusunya ibu-iobu, sehingga PKK benar-benar melakukan fungsinya sebagai penggerak. “Peran PKK telah membantu pemerintah, sebab tugas dari ibu-ibu adalah mengerak-gerakan” ungkap Bupati David dengan nanda bercanda selaku ketua Dewan penyantun PKK Kabupaten Gorontalo ketika memberikan penjelas dihadapan kader PKK dalam kunjungan ke Desa Dulamayo Barat pekan lalu.
Meski nampak ironis, namun Bupati David mengakui bahwa sturuktur kepengurusan PKK mencakup seluruh lapisan masyarakat yang berawal dari dasawisma, desa , kecamatan dan Kabupaten, sehingga tertata dalam bentuk jaringan yang utuh. Selain itu pula melalui 10 program PKK mencakup seluruh lini kehidupan masyarakat khsusunya ibu-ibu. Bupati David menjelaskan bahwa sesuatu yang tidak mungkin jika dirinya menjalankan tugas tugas pemerintahan tanpa dibantu oleh badan dinas instansi dilingkungan pemrintah. Demikian pula pemerintahan tidak akan ada artinya jika tidak ada peran dari ibu-ibu., sehingganya Bupati David berharap agar PKK andil dalam tugas-tugas kemsyarakatan khsusnya ynag menyentuh masyarakat miskin.
Sementara itu Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe menanggapi hal tersebut mengatakan bahwa hal merupakan suatu keharusan dari seorang kader PKK, sebab PKK lahir dan memiliki berfungsi sebagai mitra pemerintah, membantu pemerintahan dan kemasyaraktan, sehingga tidak mengherankan jika PKK turut bekerja sama dengan seluruh lintas sektor dalam menjalankan program. Rahmi menambahkan pula bahwa PKK merupakan organisi relawan, sehingga apapun yang dilakukan oleh PKK jauh dari hal-hal yang negatif, apalagi dalam menjalankan program selain bermitra dengan pemrintah juga melakukan usaha-usaha mandiri demi kebelangsungan oraganisasi PKK

Read More »
Minggu, Juni 08, 2008 | 0 Komentar

06 Juni, 2008

SENIN KADER PKK KABUPATEN BERANGKAT PELATIHAN GENDER


Rencana keberangkatan dari 30 kader PKK untuk mengikuti pelatihan gender di Malang, dipastikan pada hari Senin 09/06 mendatang. Hal ini terungkap pada pelaksanaan rapat koordinasi PKK yang membahas tentang pemantapan jadwal keberangkatan peserta pelatihan, yang dipimpin langsung oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorontalo Ny. Roswati Lasimpala, kepala BPMD Ismail Onu, S.Ag serta 30 kader PKK terpilih, bertempat di Aula Rumah Dinas Bupati Gorontalo. Jumat, 06/6
Dalam rapat tersebut, dilakukan pengecekan segala persiapan meliputi kesiapan administrasi, dimana sebelumnya nama-nama yang bakal ikut telah dikirimkan sehingga perlu dilakukan pengecekan kembali, serta persiapan perting lainnya meliputi seragam pelatihan dan pembekalan pengetahuan lainnya khsusus mengenai PKK itu sendiri.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mengatakan bahwa persiapan ini perlu dilakukan, mengingat bahwa kegiatan ini berskala nasional untuk memenuhi surat pemanggilan peserta pelatihan perencanaan pembangunan berwawasan
gender dari Departemen dalam negeri Republik Indonesia Balai besar pemberdayaan masayarakat di malang nomor 411.43/178/BBPMD/V/2008 tertanggal 22 Mei 2008 pekann lalu, apalagi sesuai penjelasan surat panggilan tersebut bahwa kegiatan ini hanya diikuti oleh kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo sebagai tindak lanjut dari MOU sebelumnya. “Kader PKK yang berangkat benar-benar yang menguasai PKK ditingkat kecamatan dan desa” Ungkap Rahmi.
Dalam pertemuan itu sempat dibahas mengenai dana perjalanan yang saat ini telah mengalami kenaikan, namun hal tersebut menurut Rahmijati sebab hampir seluruh biaya akomodasi ditanggung oleh panitia pusat. “Dana pelaksanaan hampir seluruhnya ditanggung oleh panitia, namun bagi kader yang berangkat setidaknya dibekali dengan uang saku” ungkap Rahmi

Read More »
Jumat, Juni 06, 2008 | 0 Komentar

PKK PASUKAN HIJAU KERJA BARENG DI KEBUN


Setelah berapa kali melakukan panen, akhirnya PKK Kabupaten Gorotnalo sepakat untuk mengganti tanaman yang lama dengan tanaman yang baru. Namun proses penggantian tersebut, oleh PKK didahului dengan pengolahan tanah kembali dengan cara memperbaharui bedengan yang sudah ada serta menambah jenis tanah yang subur dengan cara menimbun. Ternyata PKK dalam pekerjaannya, tidak sendiri mereka dibantu oleh pasukan hijau atau petugas kebersihan dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gorontalo yang di pimpin langsung oleh wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi, bertempat dikebun PKK Kabupaten Gorontalo. Jumat 06/6.
Maryam menjelaskan bahwa kebun PKK nampak semeraut dengan jenis tanaman lama, karena tidak segar lagi apalagi jenis sayuran. sehingga harus diperbaharui dengan tanaman baru, sehingga ada proses regenerasi tanaman kedepan dapat kembali menghasilkan sebagaimana sebelumnya. Bukan itu saja, ternyata selain penataan bedengan, PKK juga melakukan penataan tataletak bunga sehingga kelihatan lebih menarik.” Sengaja dilibatkan lingkungan hidup karena mereka yang lebih tau menganai tanaman” ungkap Maryam.
Dari sekian banyak tenaga kebersihan yang diterjunkan oleh PKK untuk bekerjasama, ternyata merupakan inisiatif dari seluruh anggota PKK Kabupaten, dimana sesuai pantauan dilokasi, PKK Kabupaten telah sepakat untuk bersama-sama bekerja dan segala keperluan logistik dalam pelaksanaan pekerjaan itu ditanggung sepenuhnya disediakan oleh PKK.

Read More »
Jumat, Juni 06, 2008 | 0 Komentar

05 Juni, 2008

PROGRAM PKK DARI BALITA SAMPAI LANSIA

PKK Kabupaten Gorontalo terus berusaha untuk membuat terobosan-terobosan inovatif dengan terjun kedalam seluruh lapaisan masyarakatan melalui programnya. Hal yang tidak asing lagi dan telah diketahui oleh publik, bahwa PKK telah membuat program pembangunan rumah lansia. 17 rumah se-kabupaten Gorontalo melelalui usaha mandiri, memprogramkan pelatihan-pelatihan misalnya keroncong lansia, posyandu lansia dan lomba pidato lansia. Hal ini tidak lain untuk menghadirkan PKK dihati para lansia. Khusus bagi anak-anak, PKK bersama pemerintah telah membuat taman bermain anak, membuat rumah pintar untuk semua usia, belum lagi dalam program PAUD, setiap saat memperoleh perhatian yang serius dari ketua PKK. Untuk usia Remaja PKK telah mencanangkan BKR Bina keluarga Remaja atau lebih dikenal dengan Gema Rahmi sebagai kader-kader PKK ditingkat kecamatan, dan masih banyak lagi berbagai macam program yang telah dilahirkan oleh PKK, dan sekali lagi hal tersebut tidak lain untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa PKK itu benar-benar ada ditengah-tengah masyarakat selaku mitra pemerintah daerah.
Hal tersebut selalu diutarakan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam setiap kunjungannya dalam pelaksanaan PKK Mobile disetiap kecamatan. Rahmiyati menambahkan sudah menjadi impiannya bahwa program PKK kelak selama dalam kepemimpinannya akan menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga mengema dimana-mana sehingga setelah akhir masa kepimpinnyanya, PKK telah mencapai puncak kejayaannya. “Program PKK mencakup usia balita sampai lansia “tukas Rahmi

Read More »
Kamis, Juni 05, 2008 | 0 Komentar

04 Juni, 2008

RAHMI: SAYA LEBIH MEMILIH ORANG YANG JUJUR


Karakter pribadi yang jujur, ternyata merupakan pribadi yang diimpikan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe. Hal ini terungkap dalam sambutannya dihadapan para juara lomba dasawisma tingkat Kecamatan Batudaa bertempat di Desa Pilobuhuta Kecamatan Batudaa.Minggu 01/6
Rahmijati dengan tegas mengatakan bahwa jika diperkenankan dirinya untuk memilih antara sikap yang sopan dan yang sikap yang jujur, maka secara langsung dirinya akan memilih sikap yang jujur, sebab menurutnya melalui orang yang jurur, tidak akan ada sikap keraguan orang lain terhadap dirinya, selain itu pula akan terungkap ralitas sebenarnya. Sementara itu bagi sikap yang sopan, sering hanya tampak dipermukaan sikap saja, tetapi belum bisa meyakinkan suatu kebenaran dari ucapannya.
"Jika saya diberi pilihan orang sopna atu orang jujur saya pilih orang jujur" Jelas Rahmi.
Pernyataan tersebut meluncur secara tiba-tiba, berawal dari salah seorang ketua Dasawisma Desa Pilobuhuta Ny. Fatmah Mahajani terbaik tingkat Kecamatan Batudaa, dimintakan oleh ketua PKK Rahmijati untuk menjelaskan fungsi 10 program PKK, namun dengan polosnya mengatakan bahwa secara teori dirinya tidak menguasai, tetapi dasawisma yang dipimpinnya implementasi kinerja PKK selalu ada. "Kami tidak dapat menjawab PKK secara teori, tapi kami lebih suka PKK itu bekerja" ujar Fatmah sehingga membuat heboh suasana.
Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi dalam kesempatan tersebut, langsung memberikan bonus tambahan bagi dasawisma yang dinyatakan juara, masing-masing Dasawisma Desa Pilobuhuta sebagai terbaik satu, disusul oleh dasawisma desa Bua dan peringakt ketia diraih oleh dasawisma dari desa pilolalenga. Bupati Gorontalo yang turut hadir tak ketinggalan pula memberikan bonus.

Read More »
Rabu, Juni 04, 2008 | 0 Komentar