Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

CHATTING


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Total Tayangan Laman

INFO PENGUNJUNG

Flag Counter

Daily Horoscopes

30 Mei, 2008

RAHMI RESMIKAN 6 PAUD SEKALIGUS


Kembali ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati Bobohoe didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi di Kecamtan Telaga selaku ketua Forum PAUD meresmikan 6 buah PAUD sekaligus. PAUD tersebut meliputi PAUD Al-Amin Desa Hulawa, PAUD Angel Sains Desa Potanga, PAUD Mekar Desa Hulawa, PAUD Amanah Desa Luhu, PAUD bersahaja Desa Bulila, DAN paud Salsabila di desa Pilohayanga, yang dilaksanakan secara terpadu di lokasi PKBM Inovasi desa Bulila kecamatan Telaga. Jumat 30/5.
Dalam sambutan singkatnya Rahmijati mengatakan bahwa sikap selaku orang dewasa terhadap anak adalah, melakukan penyesuaian dengan karakter anak, dan tidak memaksa anak untuk menyesuaikan karakter pribadi, sebab bagi anak dari sikap orang dewasa merupaka contoh Teladan sehingga sikap positif terhadap anak harus selalu diperhatiakan. Peresmian ditandai dengan penekanan tombol dan pembukaan selubung papan nama, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan panmeran Alat permainan edukatif (APE) dari bahan lokal karya pendidik PAUD, serta meninjau lomba melukis dan mewarnai bagi Anak-anak PAUD se-Kecamatan Telaga. Dalam kesempatan tersebut Rahmi membeli salah satu jenis APE, menyerahkan dana bantuan bagi PAUD Formal dan PAUD NonaFormal serta membagi-bagikan uang saku bagi 200 anak peserta lomba.

Read More »
Jumat, Mei 30, 2008 | 0 Komentar

PKK TELAGA MILIKI KADER JUMANTIK


Setiap pelaksanaan PKK Mobile sudah menjadi kegiatan rutin Ketua PKK Kabupaten untuk melantik kader Bina Kelurga Remaja (BKR) yang dalam program PKK disebut sebagai Kader Gema Rahmi. Namun PKK Telaga pala pelaksanaan PKK Mobilenya tampil inovatif membuat Ketua PKK Kabupaten Gorontalo salut, dimana pelantikan kader Gema Rahmi digelar sekaligus dengan pelantikan kader PKK didang kesehatan JUMANTIK atau juru pembasmi jentik. Hal tersebut terungkap melalui sambutan ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat melantik Kader Gema Rahmi sekaligus dengan Kader jumantik bertempat di Aula Kantor Camat Kecamatan Telaga yang turut dihadiri oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi, pengurus PKK Kabupaten, ketua PKK Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo serta ketua PKK desa se-Kecamatan Telaga “selama mengikuti mobile di kecamatan, baru di kecamatan Telaga di jumapai ada kader jumantik yang dilantik pula pada kesempatan ini” Puji Rahmi
Untuk membuktikan sejauhmana penguasaan profesinya, Ketua PKK Rahmijati memberikan pertanyaan tentang lokasi yang dianggap rawan terhadap jentik nyamuk, dari 20 kader jumantik yang terdiri dari ibu-ibu PKK memberikan jawaban yang sama yaitu di desa Bulila dan desa Luwoo. Namun Rahmijati menekankan sebagai kader PKK yang menanganai masalah kesehatan, Jumantik diharapkan bukan sekedar mengusai teknis pelaksanannya, tetapi lebih memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti pentingnya hidup sehat, kerja sama dengan tenaga kesehatan ditingkat kecamatan.
Sementara itu mengenai Kader Gema Rahmi. Diungkapkan bahwa saat ini PKK Kabupaten sementara membuat konsep program kegiatan gema Rahmi, yang direncanakan, menjadi program setiap kader ditingkat kecamtan, nanti setelah seluruh kader dilantik di 17 kecamtan se-kabupaten gorontalo” Jelas Rahmi.

Read More »
Jumat, Mei 30, 2008 | 0 Komentar

RAHMI APRESIASI ANAK BERPRESTASI


Anak-anak yang memiliki prestasi di wilayah kabuapten gorontalo patut berbangga dengan keberadaan program PKK Kabuapaten Gorontalo. Pasalnya perhatian yang diberikan bukan sekedar dalam bentuk pujian semata, tatapi dilakukan melalui kordinasi PKK Kecamatan untuk dihadirkan dan menghadap langsung kepada ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe sebagaimana adik Puteri Dwiyana Pulukadang yang lebih akrab Arni, dipanggil berkat prestasinya dalam bidang vocalia, telah menarik perhatian Rahmijati sehingga melalui PKK kecamatan Tibawa kemarin Kamis 28/5 dihadirkan di rumah dinas Bupati Gorontalo.
Rahmijati menjelaskan anak dari pasangan Hartati Hadji Ali dan Surahmat Pulukadang itu dikui memiliki vocal suara yang baik yang dikenalnya melalui pentas seni pada pelaksanan Government Mobile di Kecamatan Tibawa beberapa pekan lalu. “Anak ini memiliki memampuan vocal yang baik, sehingga diharapkan kedapan bisa menjadi genarasi yang bisa membawa nama daerah, dan tentunya anak-anak seperti ini harus didukung agar terus berprestasi” Ungkap Rahmi.
Pernyataan tersebut dikuatkan oleh orang tua anak yang turut mendampingi, bahwa Arni memang sejak kemcil memiliki bakat menyanyi, sehingga mampui menjuarai lomba ditingkat desa dan tingkat kecamatan Tibawa.
Dalam pertemuan singkat tersebut, Rahmijati memberikan penghargaan berupa paket baju pentas anak serta menyerahkan sejumlah uang kepada orang tua anak dengan harapan agar terus berlatih dan meningkatkan prestasi sehingga kedepan diharapkan mampu mengikuti even pada tingkat lebih tinggi.



Read More »
Jumat, Mei 30, 2008 | 0 Komentar

29 Mei, 2008

30 KADER PKK IKUT PELATIHAN GENDER


PKK Kecamtan se-Kabupaten Gorontalo direncanakan tanggal 08 Juni 2008 mendatang akan berangkat menuju Malang. hal tersebut berdasarkan surat pemanggilan peserta pelatihan perencanaan pembangunan berwawasan gender dari Departemen dalam negeri Republik Indonesia Balai besar pemberdayaan masayarakat di malang nomor 411.43/178/BBPMD/V/2008 tertanggal 22 Mei 2008.
Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi PKK Kecamtan se-Kabupaten Gorontalo yang dipimpin oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi, Ketua DWP Ny. Ermita Nadjamudin Laya, jajaran badan pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Gorontalo serta 17 ketua PKK Kabupaten Gorontalo bertempat di Aula Rumah dians Bupati. Kamis 28/5.
Dalam Pertemuan itu Ketua PKK Rahmijati David Bobihoe mengawali penjelasannya dengan membacakan surat pemanggilan peserta dimana memberikan penjelasan tentang dasar pelasanaan kegiatan merupakan tindak lanjut dari nota kesepakatan Balai besar pemberdayaan masyarakat dan Desa Malang dengan Kabupaten Madiun Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo tanggal 13 Pebruari 2008 lalu.
Yang lebih menjadi perhatian dari PKK adalah sesuai agenda kegitan, ketua TP. PKK Pusat Ny. Evi Mardianto akan hadir dan akan memberikan pengarahan langsung kepada kader PKK dari dua kabupaten tersebut.”Ini merupakan suatu kehormatan bagi PKK Kabupaten, dimana yang menjadi peserta hanya berasal dari 2 kabuapten yaitu Kabuapten Malang dan Kabupaten Gorontalo, sehingga diharapkan kader yang mewakili PKK memang benar-benar kader PKK yang menguasai PKK itu sendiri” Ungkap Rahmi
Sehingganya Rahmijati menkankan pada pelatihan yang akan digelar pada tanggal 9 s/d 15 juni mendatang di rekrut dari seluruh ketua PKK Kecamtan beserta kader-kader PKK Desa lainnya yang dianggap mampu dan menguasai seluk beluk PKK.
Sementara itu mengenai dana, Ketua Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Ismail Onu, S.Ag mengatakan bahwa hampir seluruh biaya akomodasi sesuai surat pemanggilan ditanggung oleh pihak panitia, sementara pemerintah daerah hanya dibebankan untuk biaya transportasi dari daerah asal.

Read More »
Kamis, Mei 29, 2008 | 0 Komentar

RAHMI SIDAK PAUD MUTUARI YOSONEGORO


Ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam kapasitasnya selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo kembali mengunjungi PAUD yang ada diwilayah Kabupaten. Kali ini target sidak adalah PAUD Mutuari yang ada di kelurahan yosonegoro kecamatan Limboto Barat. Hal tersebut duilakukannya untuk melihat secara langsung kondisi nyata keberadaan PAUD, dimana PAUd tersebut sesuai informasi yang diterima adalah salah satu PAUD yang cukup memprihatinkan. Kamis 28/5.
Ternyata informasi tersebut tidak meleset, ternyata PAUD tersebut memang dalam belum layak untuk dijadikan sebagai tempat belajar bagi anak-anak, dimana dalam bangunan kecil berlantaikan parlak sejenis alas plastik dan kontruksi yang mulai rapuh, menampung sejumlah 44 anak PAUD, sehingga dianggap sangat membahayakan bagi anak didik.
Dari salah seorang pendidik PAUD diperoleh informasi bahwa bangunan tersebut hanya berstatus pinjaman, dan saat ini PAUD Mutuari telah memiliki lahan hasil hibah masyarakat dan siap untuk dibangun, tetapi kendala yang ditemuai adalah minimnya persediaan bahan bangunan yang dimiliki, sehingga dalam kesempatan tersebut Rahmi meminta untuk segera menjadwalkan waktu pembangunannya dan berjanti untuk turut membantu pembangunan gedung PAUD. Sehingga sebagai bentuk perhatian dalam kunjungan tersebut Rahmijati langsung menyerahkan sejumlah uang guna persipan perencanaan pembangunan.

Read More »
Kamis, Mei 29, 2008 | 0 Komentar

28 Mei, 2008

17 PKK KECAMATAN BAKAL UMROH

Setelah sukses dengan program umroh bagi PKK dan DWP ternyata PKK Kabupaten Gorontalo merencanakan kembali kegiatan yang sama, tetapi program tersebut tidak ditujukan bagi para pengurus PKK Kabupaten lagi, tetapi ditujukan bagi ketua PKK 17 kecamatan se-Kabupaten Gorontalo. Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari keinginan Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib untuk mengumrahkan ketau PKK Kecamatan se-Kabupaten Gorontalo yang disampaikan saat menyambut kedatangan rombongan umroh PKK Dan DWP beberapa pekan lalu bertempat di Aula rumah dinas bupati gorontalo.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam penjelasanya mengatakan bahwa harapan tersebut telah direspon oleh PKK Kabupaten Gorontalo dengan menghimbau kepada seluruh ketua PKK Kecamatan agar mempersiapkan diri sedini mungkin baik dari segi materi serta rohani untuk siap mengikuti ibadah umroh, sebab menurut Rahmi impian tersebut sebagaiman harapan bupati selaku ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten Gorontalo terwujud sebelum masa jabatan pemerintahan dibawah pimpinannya berakhir, sehingga mulai saat ini terhitung tinggal 2 tahun lagi”Ungkap Rahmi.
Menyinggung mengenai sumber dana yang yang bakal digunakan untuk umroh PKK Kecamatan Rahmi mengatakan bahwa diupayakan untuk menggunakan dana mandiri PKK sebagaimana pada pelaksanaan umroh sebelumnya, sebab secara rasional jika diperbandingkan jumlah yang bakal diberangkatkan hanya berjumlah 17 peserta, sementara saldo dana mandiri PKK kabupaten gorontalo masih cukup untuk itu. “PKK Kecamatan akan ikut umroh sebelum jabatan bupati berakhir, masalah dana tidak perlu dikhawatirkan kas PKK saja cukup untuk perjalanan umroh, yang penting adalah niat untuk ibadah” Jelas Rahmi

Read More »
Rabu, Mei 28, 2008 | 0 Komentar

BUPATI DAVID TURUT PAPARKAN PROGRAM PKK


PKK Kabupaten Gorontalo dalam kepemimpinan Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe selaku mitra pemerintah daerah memang benar-benar nampak kiprahnya dalam keberlangsungan pemerintahan daerah. Hal ini telah menjadi kesaksian publik, dimana Bupati Gorontalo David Bobihoe dalam pemaparannya dihadapan Gubernur Gorontalo dan dihadiri oleh seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Kota se-Provinsi Gorontalo, turut dipaparkan program-program pemerintah yang turut melibatkan kinerja PKK, dalam rangkaian kegitan pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat ke V harganas ke XV dan 100 tahun Harkitnas yang bertemakan “dengan momentum hari kebangkitan nasional mari kita meretas ketertinggalan dengan menggelorakan kembali semangat gotong royong dalam inovasi membangun desa/kelurahan mandiri berbasis keluarga kecil bahagia sejahtera” bertempat di gedung Kasmat Lahay Limboto. Rabu 28/5

Program-program tersebut diantaranya program desa sehat berbasis dasawisma, rumah pintar serta program-program lainnya yang bersentuhan dengan rakyat miskin yang melibatkan ibu-ibu PKK, dimana peran PKK dari tingkat dasawisma dijadikan sebagai landasan utama dalam menjalankan program pemerintah yang tidak lepas dari koordinasi pemerintah dari tingkat bawah pula. Selain itu pula pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini turut meminta pikiran bijak dari ketua forum PAUD Kabupaten Goontalo yang tidak lain adalah ketua PKK sendiri Rahmijati dengan konsep rumah pintarya.

Sehingganya dalam pemaparannya Bupati Gorontalo turut menyebutkan besaran anggaran yang diperuntukan bagi setiap PKK desa “Untuk setiap PKK desa kami anggarakan 10 juta per desa untuk menujang programnya membantu program pemerintah” ungkap Buapati David yang disambut tepukan tangan oleh seluruh hadirin termasuk ketua Dharma wanita Persatuan Provinsi Gorontalo Ny. Nurinda Rahim .yang hadiri dalam pertemuan tersebut.

Khusus mengenai kegiatan itu Wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi saat di konfirmasi mengatakan bahwa PKK selalu hadir dalam setiap program pemerintah sebagai contoh kecil pada pelaksaan kegiatan ini secara tidak langsung PKK dan DWP dilibatkan, meskipun hanya dalam pengelolaan logistik” Jelas Maryam


Read More »
Rabu, Mei 28, 2008 | 0 Komentar

27 Mei, 2008

MARYAM PIMPIN KERONCONG LANSIA


Sejak dicanangkan sebulan sebelumnya, Kembali PKK Kabupaten Gorontalo menggelar kembali kegiatan pelatihan keterampilan bagi lansia yang dimplementasikan dalam bentuk latihan lagu keroncong lansia bertempat di gedung sekeretariat PKK Kabupaten Gorontalo dipimpin oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi dan dapandu oleh Anggota PKK yang memiliki keahlian dibidannya Ny.Yudhi Abdullatief. Selasa 27/5
Pelatihan musik keroncong lansia ini lebih disemarakan dengan iringan music orgen milik dinas pariwisata kabupaten Gorontalo dengan menyajikan berbagaimacam judul lagu keroncong, baik yang terpopuler saat, juga lagu-lagu keroncong tempo dulu. meski tidak semua mampu melakukannya, tetapi semangat lansia untuk menyesuaikan diri yang mmberikan kesan tersendiri bagi wakil ketua PKK Maryam Puhi, nampak pada saat membawakan lagu, beberapa lansia memilih unuk bernyanyi menghadap tembok munking karena merasa malu di hadapan teman sebayanya"Jelas Maryam.
Maryam dalam penjelasannya mengungkapkan bahwa program keroncong lansia ini adalah program dari Pokja I dan terintegrasi dengan pokja II khsusunya bidang pelatihan dan ketermpilan PKK, namun secara umum hal tersebut merupakan tanggungjawabnya sebagai koordinator Pokja I PKK Kabupaten Gorontalo. Melalui penjelasan Maryam pula terungkap bahwa sesuai agenda PKK seyogyanya dilaksanakan setiap minggu pertama setiap bulan, tetapi untuk periode Mei nanti pada saat minggu ke empat kegiatan ini terelisasi karena sempat tertunda dengan pelaksanaan ibadah umrah PKK Kabupaten Gorontalo, Sehingga kedepannya kembali akan digelar sesuai dengan jadwl yang ada" Tambah Maryam.
Pada kegiatan keroncong lansia kali ini diwali dengan persembahan lagu keroncong daerah populer Mailongola Hilawo oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi yang kemudian diikuti oleh lansia lainnya serta lagu piihan lainnya.

Read More »
Selasa, Mei 27, 2008 | 0 Komentar

PKK TELAGA BAKAL GELAR LOMBA BALITA MANTAN GIZI BURUK


Setelah ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan PKK Mobile Kabupaten Gorontalo mendatang, PKK Kecamatan di kecamatan Telaga telah melakukan berbagai persiapan berupa susunan agenda kegiatan ketua dan Wakil ketua PKK Kabupaten Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi. Walaupun belum diterima dalam bentuk laporan agenda resmi, tetapi ketua PKK Telaga Ny. Febrianti Luawo Nuna mendahului laporan resmi kepada koran ini mengatakan bahwa kegiatan PKK Telaga akan digelar bebeda dengan kecamatan lainnya, dimana dalam agenda PKK menggelar kegiatan unik, sebab belum pernah digelar di kecamatan lannya seperti lomba balita mantan gizi buruk, merangkai bunga dari kulit jagung dan buah pinang,out bonding dan pidato lansia disamping kegitan rutin disetiap kecamatan lainnya.
Khusus lomba balita mantan gizi buruk Vera menjelaskan memang merupakan suatu keharusan bagi PKK Telaga, sebab diwilyahnya merupakan pusat pelayanan dan terapi bagi anak gizi buruk se kabupaten gorontalo yaitu dimedical centre puskesmas Mongolato.
Dari ketua PKK Telaga Ny. Vera terungkap bahwa kegiatan lomba balita mantan gizi buruk merupakan agenda perdana mengawali kegiatan PKK lainnya." kegiatan lomba digelar pagi, sebelum pelantikan BKR, teknis pelaksanaannya seluruh anak balita mantan gizi buruk akan dihadirkan dihadapan ketua PKK kabupaten dan tim yuri yang akan melkukan penilaian"Jelas Vera.
Menyinggung tentang persiapannya meyambut PKK mobile di Telaga, Vera menyatakan kesiapannya, tetapi dirinya tetap mengharapkan adanya dukungan sepenuhnya dari seluruh masyarakat kecamtan Telaga khusnya ibu-ibu PKK

Read More »
Selasa, Mei 27, 2008 | 1 Komentar

FOTO IBU BUPATI FOR PAK TAUFIK



Read More »
Selasa, Mei 27, 2008 | 0 Komentar

26 Mei, 2008

PKK TALAGA JAYA GELAR SENAM LANSIA

Perhatian PKK terhadap lansia di kabupaten Gorontalo, bukan saja dilakukan oleh PKK kabupaten melalui pembangunan mahayani, dan program lainnya, juga terus diprogramkan oleh PKK ditingkat kecamatan, sebagaimana dilakukan oleh PKK Telaga Jaya. Kecamatan bungsu ini dipimpin oleh ketua PKK Ny. Rohani Dunggio Kaharu menggelar senam lansia sekaligus pengobatan gratis dengan melakukan kerjasama dengan puskesmas setempat, yang diikuti oleh 57 lansia dari 5 desa di kecamatan Talaga Jaya,bertempat di Luwoo, Minggu 25/5
Rohani dalam penjelasnnya mengatakan bahwa program tersebut digelar sebagai bentuk implementasi dari program PKK ditingkat Kabupaten sebagai bentuk perhatian terhadap lansia yang menurutnya juga merupakan salah satu program dari puskesmas Talaga Jaya. Sehingganya rohani mengharapkan dengan adanya kerjasama PKK dengan dikes tersebut diharapkan dapat membantu program Pemerintah kecamatan selaku mitra PKK.
Selain itu Rohani secara pribadi mengatakan bahwa merupakan suatu kebanggan tersendiri dapat memberikan pelayanan bagi para lansia, sebab fakta dilapangan dari lansia sendiri mereka menggangap bahwa mereka sering tidak diperhatikan dan dianggap sebagai orang terbuang, sehingga dengan program ini kiranya mampu menepis anggap tersebut, selain itu pula sebagai manusia maka suatu saat kita pula akan melewati masa tua dimana kita tetap masih butuh bantuan orng lain" Jelas rohani
Khusus mengenai program senam lansia sekaligus dengan pegobatan gratis itu, Rohani menjelaskan sesuai rencana program PKK akan dilakukan secara rutin setiap sebulan sekali.

Read More »
Senin, Mei 26, 2008 | 0 Komentar

RAHMI KEMBANGKAN MOTIF KERAWANG BATIK SUTERA


Keterampilan kerawang ibu-ibu PKK Kabupaten Gorontalo saat ini mengalami kemajuan pesat, hal ini nampak dari aktifitas dan permintaan dari kelompok dasawisma akan stok pakaian yang akan dijadikan kerrawang terus meningkat, sehingga Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe telah mengantisipasi hal tersebut dengan menambah stok jenis pakaian baik dari bahan local dan impor, khususnya jenis sutera yang menjadi trend saat ini. Untuk melihat secara langsung aktifitas dari ibu-ibu pengrajin tersebut, maka Sabtu 24/5 kemarin Rahmijati didampingi oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi melakukan peninjauan kepusat kerajinan kampong karawo di kelurahan Bulota Kecamatan Limboto.
“Saya ingin melihat secara langsung aktifitas dari kampong karawo meskipun dalam setiap saat dalam pantauan ketua PKK kecamatan”Jelas Rahmi. Ternyata aktifitas dari ibu-ibu pengrajin terus meningkat terbukti dengan sulaman kerrawang dikerjakan bukan saja milik dari PKK sendiri, bahkan telah menerima pesanan pihak lain, yang tentunya menurut Rahmi harus memiliki kensekuensi khsusus guna peningkatan ekonomi keluarga.
Dalam penjelasanya Rahmi menambahkan Bahwa pemantauan Kampong Karawo, juga dimaksudkan untuk melakukan perbandingan dengan hasil produk kerawang dari kelompok keterampilan ibu-ibu dari kecamatan lainnya yang selama ini menjadi andalan PKK.”Ibu-ibu pengrajin dari kecamatan lainnya, setiap saat langsung menemui saya di rumah dinas untuk meminta tambahan stok kain kerrawang, sekaligus dengan membawa kain krawang yang telah selesai, maka hasil-hasil tersebut sebagaian di pajang di sekertariat PKK dan sebagian untuk kampong karawo” Jelas Rahmi.
Menyinggung tentang inovasi PKK untuk kain kerrawang, Rahmijati mengku saat ini sementara mengembangkan kombinasi pakaian kerrawang dan batik dari bahan sutera”Tambahnya.

Read More »
Senin, Mei 26, 2008 | 0 Komentar

25 Mei, 2008

KETUA BHAYANGKARI DAERAH SERAHKAN BANTUAN DI KAYUBULAN


Rahmi “Mari bersama jaga keamanan, bantuan mereka ikhlas tanpa kepentingan”
Kedatangan dari ketua Bhayangkari daerah Ny. Enny Suhaeni Bahrudin Ismail memberikan kebahagiaan tersendiri dari ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe. Pasalnya, Enny datang untuk membantu masyararakat miskin khususnya masyarakat yang berada di pesisir danau Limboto dengan membawa paket sembako sejumlah 210 paket yang diperuntukan bagi masyarakat Kelurahan Kayubulan Bawah, yang sering tertimpa musibah banjir karena meluapnya air dunau. Masyarakat pula telah menunggu dengan penuh antusias bersama dengan unsur pemerintah kelurahan.Sabtu 24/05
Rombongan ibu Bhayangkari Daerah Polda Gorontalo itu dikawal oleh Ketua dan Wakil ketua PKK Ny. Ramijati David Bobihoe dan Maryam Puhi, serta ketua DWP Ny. Ermita Nadjamudin Laya.sejak dari pelataran menara keagungan menuju kelokasi pesisir danau Limboto di Kayubulanbawah dalam sebuah acara resmi penyerahan bantuan yang dihadiri oleh seluruh masyarakat penerima bantuan yang sebagaian terdiri dari lansia, sehingga membuat ibu kapolda sempat kaget.”Saya tidak menyangka kedatangan saya akan disambut dengan acara resmi” Jelas Enny.
Ketua Bhayangkari Ny. Enny juga dalam penjelasaannya mengatakn bahwa tujuannya memberikan bantuan tersebut merupakan bagian dari perkenalan dengan masyarakat Gorontalo selaku ketua bahayangkari daerah yang baru. Sementara itu Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang diakukan oleh ketua bhayangkari patut dijadikan contoh bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk membantu oran lain. Selain itu Rahmijati menegaskan bahwa bantuan 210 paket sembako tersebut sebagaimana diungkapkan oleh ketua Bhyangkari diberikan semata-mata adalah bentuk keiklasan, tanpa ada kepentingan apapun, tetapi mereka hanya mengharapkan masyarakat untuk turut membantu menjaga keamanan daerah.”Mereka berikan bantuan dengan penuh iklas tanpa ada kepentingan apapun, sehingga harus didukung” Jelas Rahmi
Sebagai bentuk perkenalan dan ucapan terima kasih Rahmi memberikan cnderamata berupa kain kerawang sutera karya PKK.

Read More »
Minggu, Mei 25, 2008 | 0 Komentar

23 Mei, 2008

MARYAM IKUT BOLA KAKI DANGDUT


Tak kalah menarik pula apa yang dilakukan oleh Wakil ketuia PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Puhi pada pelaksanan PKK Mobile di Kecamatan Tilango. Dalam rangka memeriahkan pelaksanaan lomba olah raga bola kaki dangdut memperebutkan piala GM Tilango yang digelar oleh PKK Kecamatan Tilango, Maryam dimintkan oleh masyarakat untuk menendang bola perdana pembukaan pertandingan pertandiangan perempat final dari lomba tersebut, berlangsung di lapangan desa Tenggela. Jumat 23/5

Maryam mengatakan bahwa antusias masyarakat dan PKK dalam mengikuti lomba membuat dirinya trertarik untuk terjun bersama, sehingga tanpa disadari saat menendang bola perdana ternyata ia mengenakan busana resmi serta sepatu bertumit, sehingga tak ayal Maryam melepaskan sepatunya dan langsung berlari dan menedang bola langsung ke gawang yang dijaga oleh kesebelasan PKK Tabumela. Hal tersebut sontak membuat riuh penonton, termasuk ketua DWP Ermita Nadjamudin, Kepala Pemberdayaan Perempuan Roswati Lasimpala serta Ketau PKK Tilango, Indriyati Latawa Dangkua tertawa lepas yang juga disambut tepuk tangan penonton.

Dari panitia pelaksana Bilakaki dangdut dan Volly Ball tersebut terungkap bahwa kesebelasan yang masuk dalam perempat final tersebut dari 7 desa sebelumnya adalah PKK Tabumela, PKK Tilote, PKK Tualango dan PKK DulomO yang tampil disaat itu.



 

Read More »
Jumat, Mei 23, 2008 | 0 Komentar

DI TILANGO RAHMI APEL BARENG PEMDA

Selama pelaksanaan PKK Mobile di Kabupaten Gorontalo untuk pertama kalinya, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe bersama Wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi, ikut apel bersama jajaran pemerintah daerah. Hal ini terungkap dalam sambutan ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat melantik kader Bina Keluarga Remaja (BKR) atau lebih dikenal dengan Gema Rahmi bertempat di halaman kantor Camat Kecamatan Tilango desa Totopo. Jumat 23/5.
“Selama PKK Mobile, untuk pertama kalinya saya apel bersama seluruh jajaran pemerintah daerah dikecamatan Tilango” Aku Rahmi.
Rahmi menguraikan, bahwa dirinya tiba-tiba saja berkeinginan untuk ikut apel bersama, hal ini dibuktikannya dengan berangkat bersama rombongan pemerintah daerah pada pukul 06:30 meski sesuai agenda yang ada, kegitan PKK dijadwalkan mulai pada pukul 09:00 sehingga Rahmijati mengaku sempat menyaksikan kejadian pelaksanaan apel ada pegawai yang jatuh pingsan ungkapnya sambil tersenyum
Saat dikonfirmasi mengenai alasan dirinya ikut dalam Apel bersama pemerintah, Rahmi tidak banyak berkomentar, tetapi mengatakan bahwa kecamatan Tilango merupakan salah satu kecamatan pemekaran baru selain itu pula dari segi jarak cukup dekat”ungkap Rahmi singkat.

Read More »
Jumat, Mei 23, 2008 | 0 Komentar

NENEK 109 TAHUN TERIMA BANTUAN MAHAYANI PKK DI TILANGIO


Program pembangunan Mahayani Lansia terus digulirkan oleh PKK Kabupaten Gorontalo. kini giliran Kecamatan Tilango yang memperoleh Bantuan tersebut. Tercatat Kecamatan Tilango sebagai kecamatan yang kelima setelah kecamtan Limboto, Batudaa, Telaga Biru, Bongomeme dimana 2 diantaranya telah diresmikan dan dinyatakan selesai seratus persen. Di Tilango bantuan diserahkan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe kepada Ngoyi Ayahu salah seorang nenek yang berusia 109 tahun di dusun satu Desa Tilote didampingi oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Puhi beserta seluruh anggota PKK. Uniknya nenek tersebut tersebut tidak sendiri, ia masih didampingi oleh 3 saudaranya Inun Ayahi, Aisa Ayahi, dan Hapsa Ayahi, semuanya telah lansia dan hadir pada acara penyerahan tersebut. Jumat 23/5.
Dihadapan para lansia, pemerintah desa dan masyarakat Rahmijati mengatakan bahwa bantuan Mahayani tersebut merupakan salah satu program PKK untuk mensejahterakan lansia, sehingga diharapkan untuk tidak dilihat dari jumlah yang diberikan, tetapi lebih dipandang sebagai bentuk perhatian dari PKK selaku mitra pemerintah untuk turut membantu mensejahterakan rakyat. Namun Rahmi menggaris bawahi bahwa bantuan dana Mahayani lansia tersebut diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah kecamatan untuk mengelola sehingga lansia selaku penerima bantuan tidak akan terbebani dengan persolan teknis, dan tinggal menunggu penyerahan kunci. “Pelaksana teknis pembangunan mahayani lansia dikelola oleh pemerintah kecamatan, sehingga ti oma tidak perlu pikir-pikir babangun rumah pokoknya cuma tau bersih sudah selesai” Jelas rahmi dengan bahasa akrabnya.
Kegiatan lain yang turut dilakukan oleh PKK pada PKK Mobile di Tilango, panen sayur di kebun PKK desa Tilote dan melantik kader Bina Keluarga Remaja (BKR) atau gema Rahmi, selain kegiatan rutin lainnya disetiap kecamatan.

Read More »
Jumat, Mei 23, 2008 | 0 Komentar

22 Mei, 2008

PROGRAM UMROH SUKSES, RAHMI MENANGIS

Rahmi “Alhamdullah Allah mendengar Doa Saya”
Dengan kalimat terbata-bata tak sanggup lagi berucap,
hanya airmata berderai melukiskan berjuta makna yang
ingin diungkapkan tak kala mengenang kilas balik dan
detik-detik program umroh PKK dan DWP menuju tanah
suci. Demikianalah kondisi dari ketua PKK Kabupaten
Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat memberikan
sambutan dalam acara Yasinan yang dirangkaikan dengan
penerimaan kembali jemaah umroh PKK dan DWP Kabupaten
Gorontalo, yang turut dihadiri oleh Bupati Gorontalo
dan seluruh unsuru pemerintah daerah PKK. DWP serta
unsur Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten
Gorontalo yang berlangsung semalam di Aula rumah dinas
bupati gorontalo. Kamis 220508.
Dalam sambutannya Rahmijati takhenti-hentinya mengucap
syukur kehadirat yang maha kuasa, yang telah
memberikan restu atas suksesnya program umroh
PKK,dimana menurut Rahmi terlalu panjang liku
perjuangan program tersebut yang sebelumnya telah
dirintis sejak tahun 2001 saat masih menjabat sebagai
ketua DWP dan terealisasi pada nanti pada tahun 2008
setelah manjadi ketua PKK Kaubpaten gorontalo
Rahmijati mengisahkan, saat-saat menegangkan dimana
PKK telah dimintakan oleh pihak travel untuk segera
menyetor dana pemberangkatan, fakta yang ada dana
belum mencukupi dari hasil penjualan roti dan hasil
kebun PKK. Disaat inilah ungkap rahmi kuasa Allah
telah di nampakan, timbul dalam benak sekejap untuk
mencari dana lewat pembuaan album PKK yang dirintisnya
bersama wakil ketua PKK Kabupaen gorontalo Ny. Maryam
Puhi serta anggota PKK lainnya dan diluar dugaan dari
hasil penjualan sepuluh ribu keeping CD telah berhasil
mengantarkan pkk dan DWP menjemput impiannya sehingga
tak pelak mempbuat seluruh hadirin tak sanggup
membendung air matanya. “Tak tertahankan airmata
saya saat menyaksikan lambaian tangan PKK dan DWP saat
meninggalkan tanah air menuju mekah. Alhamdulilah
Allah telah mendengar doa saya, meski diri ini tak
luput dari dosa”ungkap rahmi mengisahkan sambil
meneteskan air mata.
Sebelumnya acara penyambutan jamaah umroh itu diawalai
dengan pesan dan kesan dari jamaah umroh Ny. Evie
Lukum NeU dan diisi dengan ceramah singkat oleh bapak
Haris Ako yang mengulas tema tentang keridhaan Allah
meraka yang menolong Agama Allah termasuk program PKK
yang telah memprogramkan rihlatul Mukaddas atau
perjalanan suci melalui umroh.

Read More »
Kamis, Mei 22, 2008 | 0 Komentar

21 Mei, 2008

RAHMI-MARYAM BENAHI RUMAH PINTAR


Walaupun pemerintah daerah telah melibatkan lintas sektor dalam penanganan rumah pintar, namun tidak menjadikan Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe yang juga sebagai ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo menyerahkan sepenuhnya pengelolaannya kepada pemerintah, tetapi dengan dukungan tersebut malah membuat Rahmijati selau pencetus idem akin bersemangat. Hal ini terbukti dengan pembenahan secara berkelanjutan yang dilakukan oleh Rahmijati sebagaimana yang dilakukannya pada siang kemarin Rabu 21/05.
Dalam pembenahan tersebut, seluruh pengurus dan anggota PKK turun langsung, termasuk wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi mendampingi ketuanya memasang berbagai jenis perlengkapan Alat Permainan Edukatif (APE) berbagai jenis yang diperuntukan bagi anak semua usia yang sebelumnya telah diadakan oleh Rahmijari sendiri untuk mengisi rumah pintar. Turut terlibat dalam pembenahan tersebut, para pendidik PAUD yang ada disekitar kecamatan Limboto yang turut diawasi oleh kepala bidang PLS Gafra Sidik.
Nampak pula dalam pemembenahan tersebut perlengkapan rumah pintar bantuan dari ibu Negara Ibu Ani Yudhoyono selaku ketua Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB) yang diserahkan beberapa pecan lalu di Jakarta, yang meliputi 3000 judul buku serta perlengakapan elektronik multimedia pendukung rumah pintar.
Rahmi mengatakan bahwa Rumah pintar tersebut bakal memberikan prospek yang cerah bagi generasi daerah diwaktu yang akan datang, sebab konsep rumah pintar untuk saat ini sebagai pusat pelayanan terpadu bagi anak balita PAUD dan Pos PAUD dan kedepan akan dilakukan pengembangan dan inovasi seiring  dengan perjalanan waktu.

Read More »
Rabu, Mei 21, 2008 | 0 Komentar

RAHMI : ALBUM PKK SUMBER INSPIRASI PEMBANGUNAN MAHAYANI


Program pembangunan Mahayani Lansia terus digulirkan oleh PKK Kabupaten Gorontalo. kini giliran Kecamatan Bongomeme yang memperoleh Bantuan tersebut yang Rabu 21/05 kemarin diserahkan secara langsung oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil Ketua Ny. Maryam Puhi berserta seluruh anggota PKK, kepada nenek Sabune Hilimi yang berusia 93 tahun yang saat ini tercatat memiliki 5 anak dan 18 cucu tinggal di sebuah gubuk daerah pedalaman Desa Dungaliyo sehingga menuju kelokasi Rombongan PKK harus berjalan kaki melewati perkebunan warga. Oleh masyarakat, Rahmijati disambut dengan alunan lagu Album PKK Pop daerah PKK Kabuten Gorontalo.
Di hadapan keluarga lansia dan masyarakat setempat. Ketua PKK Rahmijati dalam sambutannya mengatakan bahwa Alunan lagu Pop PKK tersebut sebenarnya merupakan cikal bakal program pembangunan mahayani Lansia PKK, dimana melalui syuting video klip yang menampakan seorang nenek renta dengan gubuk reotnya, telah menarik simpatik pengusaha dermawan Rusli Habibie menjadi donatur pembangunan Mahayani di 17 kecamatan se Kabupaten Gorontalo “Tayangan nenek renta yang tinggal di gubuk reot dalam klip PKK menghasilkan 17 mahayani lansia” Ungkap Rahmi
Rahmi juga dengan bangganya menjelaskan bahwa dengan dengan terbitnya album PKK yang laris dalam sepuluh ribu keping tersebut, secara nyata telah turut mendukung mensukseskan dua program sekaligus yaitu peningkatan kesejahteraan lansia dengan pembangunan Mahayani lansia dan program umroh PKK, sehingga Rahmijati mengatakan bahwa segala usaha yang dilakukan dengan niat suci pasti terwujud.
Mengenai Mahayani sendiri Rahmi mengatakan bahwa Bongomeme merupakan kecamatan keempat yang memperoleh giliran pembangunan mahayani, dan untuk 17 kecamatan Rahmi telah menetapkan seluruhnya harus tuntas pada tahun 2008.

Read More »
Rabu, Mei 21, 2008 | 0 Komentar

20 Mei, 2008

David “Upayakan PKK Kecamatan ikut umroh sebelum akhir masa jabatan saya”


Tuntas sudah program umroh PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo yang sekian lama telah dirintis oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe. Hal ini ditandai dengan tibanya rombongan kedua jemaah umroh yang berjumlah 24 jemaah gabungan dari PKK dan DWP serta koordintor dari unsur pemerintah daerah, yang diterima secara resmi oleh Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib bersama jajaran pemerintah daerah didampingi oleh Ketua dan wakil ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi serta ketua DWP Kabupaten Gorontlo Ny. Ermita Nadjamudin Laya, bertempat dirumah dinas Bupati. Selasa 20/05.
Penyambutan diwarnai dengan keharuan dan rasa takjub yang mendalam, dimana dalam penyampaian pesan dan kesan jaamah umroh oleh Ny. Evie Lukum Neu mengungkapkan bahwa tiada sanggup ungkapan rasa terima kasih mereka ungkapkan kepada pemerintah daerah dan ketua PKK Kabupaten Gorontalo yang telah memprogramkan umroh bagi PKK dan DWP, sebab bagi mereka suatu hal yang luarbiasa dan mengesankan sepanjang hayat, dimana sebelum usia renta meraka telah menyaksikan ka’bah rumah Allah kiblat seluruh umat musim sedunia menyentuhnya, bahkan mencium batu syurga hazar aswad, dibanding sebagian besar orang lainnya hingga akhir hayat niat untuk ketanah suci tidak sempat ditunaikan, yang spontan membawa seluruh hadirin tak tahan meneteskan airmata.”Karena perjuangan program umrohnya kami PKK dan DWP telah berniat dari tanah suci, jika sampai kelak pertama-tama akan memeluk ketua PKK Rahmijati sebagai ungkapan rasa syukur dan terima kasih” Ungkap Evie sambil menahan tangis keharuan.
Sementara itu Bupati Gorontalo David Bobihoe dalam sambutannya menjelaskan bahwa kiranya air mata keharuan ini bukan saja meleleh, tetapi akan membekas, maksudnya bahwa pengalaman rohani seperti keihlasan dalam beribadah serta akatifitas ibadah lainnya, kiranya dapat dilakukan secara berkelanjutan, serta dapat implementasikan dalam aktifitas sehari-hari dalam berorganisasi dalam PKK dan DWP, sehingga pekerjaan itupula akan bernilai ibadah.“air mata keharuan jangan samapai hanya menetes, tetapi harus membekas, sebagai salah satu tanda untuk merubah diri dalam menjalani kehidupan” Jelas David.
David mengatakan bahwa pemerintahan tidak dapat dijalankan sendiri roda pemerintahan daerah tanpa dukungan sepenuhnya seluruh pihak termasuk ibu-ibu, sehingga dengan umroh diharapkan mampu memberikan semangat bagi PKKdan DWP untuk bekerja dengan penuh keikhlasan. Untuk itu pula David diakhir sambuntannya mengharapkan agar program umroh ini kiranya dapat di programkan kepada ibu-ibu ketua PKK Kecamtan.” Saya berharap Ibu PKK Kecamatan juga diprogramkan kegiatan umroh sebelum akhir masa jabatan saya” tukas David

Read More »
Selasa, Mei 20, 2008 | 0 Komentar

RAHMI ADOPSI BAYI KEMBAR TIGA



Razak Gusasi (30) tahun dan Astin Imani (38) tahun warga miskin dari Desa Parungi
Kecamatan Boliyohuto adalah salah seorang warga yang dikatakan beruntung. Pasalnya bayi kembari tiga anak dari pasutri itu, dua diantaranya telah diadopsi atas nama keluarga oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe yang hari ini telah diawali dengan prosesi adapt Aqikah dan gunting rambut yang digelar dengan meriah atas inisiatif dari Ny. Rahmijati dan dihadiri langsung oleh Bupati Gorontalo David bobihoe Akib selaku orang tua angkat 2 putri serta seluruh jajaran pemerintah daerah, bertempat di desa parungi kecamatan Boliyohuto. Selasa 2005.
Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan bahwa proses adopsi anak tersebut sebelumnya telah melalui persetujuan keluarga dan orang tua bayi, dimana sejak dilakukan peninjauan langsung pada saat kondisi bayi baru dilahirkan pada 11 April 2008 lalu di RS. M.M Dunda. tawaran adopsi itu telah diajukan oleh Rahmijati sendiri disaksikan oleh dirut RS. MM dunda Dr. Suweleh, dan disepakati dari tiga bayi itu, dua bayi yang berjenis kelamin wanita disetujui untuk diadopsi sementara bayi laki-laki tetap menjadi tanggungan orang tuanya.
Rahmi melanjutkan bahwa keingian mengadopsi anak itu tiadak lain adalah lahir niat suci untuk membantu orang yang tidak mampu serta atas dasar panggilan nurani seorang ibu “Saya mengadopsi kedu bayi semata-mata untuk membantu masa depan bayi ini , sebab orang tuanya termasuk waraga yang kurang mampu, selain itu ibu dari anak yang kelak mengusuh putera puterinya ini memiliki cacat fisik, sehingga bagi saya bayi-bayi mungil ini harus hidup yang layak sebagaimana bayi lainnya” Jelas Rahmi
Dari tiga balita tersebut, saat ini telah memiliki akta kelahiran yang diserahkan oleh Baupati secara langsung dengan nama pemberian dari ketua PKK Ny. Rahmijati yaitu Puteri Rahmiyati Gusasi dan Fitri Rahmiyati Gusasi, sementera bayi pria diberikan nama David Putera Gusasi Proses adopsi anak ini oleh Rahmijati diharapkan memperoleh restu dari orang tuanya, dan akan dilakukan sesempurna mungkin baik secara adat dan dan dari segi hukum. Sementara Bupati David sendiri dalam sambutannya memberikan harapan bagi keluarga kedua puteri itu bahwa jika suatu saat puteri tumbuh dewasa dan orang tuanya telah memiliki kemampuan maka bupati tidak segan anak menyerahkan kembali anak mereka. Usai prosesi Akikah, saat itu juga bayi Puteri dari fitri langsung diboyong oleh Rahmijati kerumah dinas bupati Gorontalo.

Read More »
Selasa, Mei 20, 2008 | 0 Komentar

16 Mei, 2008

PKK PROMOSI KERAJINAN DAERAH


Pergelaran Pameran Kabupaten Expo 2008 hari ini dibuka. Seluruh stand termasuk stand Korwil BKKSI provinsi Gorontalo juga turut dikunjungi baik oleh
masyarakt Jakarta, juga oleh masyarakt yang berasal dari seluruh wilayhah Indonesia yang juga sebagai peserta ekspo yang digelar di Gedung Convention Centre (JCC) tersebut. Rabu, 15/4
Dalam pelaksanan upacara pembukaan hingga kunjungan kemasing-masing stand, nampak dihadiri oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe, Wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi, Ketua DWP Ny. Ermita Nadjamudin Laya serta anggota PKK Lainnya Ny. Gandi Pajuhi dan Olma Mangindaan.
Dalam kehadiran PKK tersebut, turut memberikan nuansa promosi bagi daerah, dimana setipa pengunjung yang datang ke stand, disambut oleh PKK dengan memperlihatkan berbagai hasil kerajinan daerah khsusnya kerawang kepada setiap pengunjung. Bukan itu saja, PKK dibawah pimpinan dari Rahmijati, sudi memberikan demonstrasi mengenai proses pembuatan sebuah kerajinan daerah, sehingga tak pelak membuat para pengunjung yang yang lewat langsung turut
bergabung, maka tak heran jika pada awal kunjungan tersebut Buku tamu seolah menjadi bulan-bulanan oleh para pengunjung tak pernah diam pada tempatnya.
Sementara itu kepada petuga stand yang ada, Rahmijati memberikan pesan bahwa jenis makanan ringan dan kerawang serta jenis kerajinan tangan lainnya milik PKK tersebut agar diberikan harga yang terjangkau kepada setiap peminatnya.

Read More »
Jumat, Mei 16, 2008 | 0 Komentar

USAI TAWAF WADA ROMBONGAN MENUJU MADINAH

Perjalanan umroh dari PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo gelombang kedua terkesan begitu cepat, pasalnya sejak keberangkatan 4 hari yang lalu, saat ini rombongan akan melaksanakan umroh kedua ini berarti bahwa rombongan yang berjumlah 24 anggota tersebut, telah
melaksanakan rukun-rukun umroh yang pertama. Sesuai informasi yang terakhir diterima dari Ny. Deisye Mursidi, ketua DWP Humas pemkab yang juga sebagai angota PKK dalam pesan singkatnya kemarin Rabu 14/05 menguraikan urutan kegiatan yang telah dilaksanakan”Hari pertama rombongan langsung melaksanakan rukun umroh, hari kedua ziarah ke Jabal Nur, Jabbal Tsur, Jabbal Rahma, Padang arfah,Mina dan langsung mikat di Jaro’nah untuk melaksanaan umrah kedua” Jelas Deisye yang akrab dengan panggilan Yeye.
Dari pesan singkatnya pula terungkap bahwa rombongan mempergunakan waktu sefektif mungkin, dimana seluruh rombongan telah diberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadahnya masing-masing di Masjidil Haram dan direncanakan pada hari ini akan melaksanakan
tawaf penghabisan atuu tawaf wada’a.” Jamaahdiberikan kesempatan untuk menyempurnakan ibadah masing-masing dan alhamdullilah jemaah mempergunkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya diMasjidil Haram, karena rencananya esok pagi sebelum kemadinahJamaah akan tawaf wadaa atau tawaf perpisahan” demikian pesan yang terakhir dikirimkan.  Pernyataan ini diperkuat dengan sms susulan yang baru saja diterima dimana rombongan umroh PKK dan DWP telah selesai melaksanakan tawaf wadaa kemarin Kamis 15/4 yang juga dari sumber yang sama. Pada hari ini Seluruh jamaah menuju madinah.

Read More »
Jumat, Mei 16, 2008 | 0 Komentar

14 Mei, 2008

Rahmiyati Yahya dan Adelin Mangindaan Bahas Kiprah Wanita Kabgor



Merupakan suatu kebahagiaan tersendiri jika bertemu dengan seseorang yang menjadi figure idola. Demikian halnya yang dialami oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Rahmiyati Yahya. Setelah sekian lama tidak bertemu, akhirnya figur yang diidolakan Ny. Adeliyn Mangindaan Tumbuan, yang tidak lain adalah isteri dari mantan gubernur Sulut E.E Mangindaan yang saat ini sebagai ketua Fraksi Partai demokrat bertemu dan bertatap muka secara langsung, di Mall Pondok Indah Jakarta. Pertemuan yang tidak diduga sebelumnya, kehadiran dari ketua PKK di Jakarta dalam dalam rangkaian kegiatan persiapan pameran Expo 2008 Selasa 13/5.Dalam pertemuan tersebut, Rahmijati mengaku bahwa tiada lain yang dibicarakan adalah konsep-konsep pengembangan kebijakan dalam memajukan kaum wanita, dimana peran wanita sangat berpengaruh dalam proses kemajuan daerah dengan melibatkan wanita dalam setiap sector dan tidak membahas tentang masalah politik. Pertemuan itu juga Rahmi mengatakan bahwa begitu banyak pengalaman yang bisa di-ambil sebagai pelajaran dalam perjalanan karir seorang Adelyn, baik sebagai seorang isteri politikus dan sebagai isteri dalam rumah tangga..Dalam kesempatan itu pula Rahmi mengisahkan jika Ibu Adelyn dulu adalah atasannya mengimbangi karir Bupati David sebagai seorang Karo humas “Saya selalu mendampingi beliau dalam setiap kegitannya waktu itu, selaku isteri seorang gubernur, sehingga saya bisa merasakan bagaimana mendampingi seorang pejabat tuturnya. Pertemuan tersebut diakhiri dengan ramah tamah dengan jajaran PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo dimanan turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua PKK Maryam Puhi, Ketua DWP Ermita Nadjamudin Laya dan pngurus PKK Kabupaten, Olma Mangindaan dan Abd. Gandi Pajuhi.

Read More »
Rabu, Mei 14, 2008 | 0 Komentar

Rombongan PKK Ekspo Tiba

Keikutsertaan PKK Kabupaten Gorontalo dalam pameran ekspo bakal turut memeriahkan stand pameran.Pasalnya rombongan PKK yang ikut bersama pemerintah daerah membawa serta seluruh kerajinan hasil kreasi PKK yang sebelumnya telah kumpulkan dari beberapa pusat kerajinan pkk yang tersebar di wilayah Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil konfirmasi dari ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny.Rahmijati David Bobihoe yang sebelumnya telah berada di Jakarta dalam agenda kerja selaku anggota Dewan Provinsi mengatakan bahwa jenis kerajinan yang dibawa oleh PKK adalah jenis pakaian kerawang, kue kerawang dan hasil kerajinan alami yang terbuat dari bahan local seperti jenis sulaman alam berbagai produk yang menampilkan ciri khas daerah Gorontalo. Rahmijati menguraikan khusus untuk jenis pakaian kerawang, yang dibawa hanya jenis pakaian kerawang sutera saja, serta kerajinan yang tergolong unik..Rombongan PKK berangkat dari Gorontalo dipimpin oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi didampingi oleh Ketua Dharma Wanita Ny. Ermita Nadjamudin Laya, tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 16:00 Waktu Jakarta dan langsung menunju penginapan yang berlokasi di Hotel Oasis. Turut dalam rombongan peserta dari Kabupaten Boalemo dan langsung bergabung dengan PKK.

Read More »
Rabu, Mei 14, 2008 | 0 Komentar

BULAN BAKTI GOTONG ROYONG, TILANGO GELAR LOMBA

PKK Kecamatan Tilango dalam rangka kegiatan bulan bakti gotong royong kerjasama dengan pemerintah kecamatan Tilango menggelar berbagai lomba.kegiatan tersebut meliputi lomba cabang olah raga volley ball, bola kaki dangdut yang dikuti dinas instansi kecamatan Tilango, dan ibu-ibu dasawisma utusan desa se kecamatan Tilango. Selain itu pula digelar lomba kesenian berupa vokalia, lomba kebun PKK serta agenda Bakti social dalam bentuk anjangsana ke lima panti asuhan yang ada di kecamatan Tilango di antaranya adalah Panti Asuhan Amal Sholeh.Sabtu 09/5.Ketua PKK Kecamatan Tilango Ny. Indriyati Dangkua dalam penjelasannya mengatakan bahwa kegiatan yang semarak itu digelar atas dukungan dan paritisipasi masyarakat, terbukti dengan antusias dari warga masyarakat setempat.Indri juga mengatakan selain kegiatan lomba, PKK kecamatan pula menggelar sosialisasi kesehatan PHBS di sekertariat PKK. Diakhir penjelasannya kepada koran ini Indri mengatakan bahwa kegiatan semarak bulan bakti Gotong Royong digelar dirangkaikan sekaligus untuk persiapan pelaksanaan PKK Mobile di Kecamatan Mootilango jauh sebelumnya, terbukti dengan pelaksanaan pentanaan halaman disetiap rumah penduduk” ujar Indri.

Read More »
Rabu, Mei 14, 2008 | 0 Komentar

10 Mei, 2008

RAHMI BANTU PAUD ANGGREK ASPARAGA


Dalam pelaksanaan PKK Mobile yang digelar bergiliran disetiap kecamatan Sekabupaten Gorontalo, sangat membantu PKK untuk terus melakukan pemantauan di tingkat lapangan. Khusus bagi Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe yang juga selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo memen tersebut juga dimanfaatkan untuk melihat secara langsung kondisi PAUD non formal yang ada dilapangan, sebagaimana yang dilakukannya pada PKK Mobile di Kecamatan Asparaga.02/5.
Dalam kunjungan langsung, Rahmijati menemukan fakta bahwa hampir seluruh PAUD yang ada khsusnya di Asparaga, telah memiliki bangunan sendiri meski ada yang berstatus pinjaman, terbukti dengan 3 buah PAUD yang diresmikan pada saat itu. Namun hal yang menarik dari kunjungan tersebut, Rahmijati menemukan sebuah PAUD yang di bangunan diatas tanah berukuran 11 X 30 M2 hasil hibah masyarakat. Fisik bangunan sangat sederhana dengan kontruksi bangunan dari papan yang pada saat itu sementara melakukan proses lantainisasi, tepatnya di PAUD Anggrek yang berlokasi di dusun Karya Bersama Desa Bululi.
Rahmijati mengatakan bahwa yang harus diakui bahwa PAUD tidak akan berlanjutan jika tidak memperoleh dukungan dari orang tua anak didik serta masyarakat, sehingganya Rahmi mencontohkan apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Bululi tersebut merupakan salah satu kepedulian masyarakat bagi anak-anak kedepan, sebab menurutnya hal tersebut dilakukan semata-mata karena keikhlasan tanpa maksud apapun.
Sehingganya pada kesempatan tersebut, sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi masyarakat Rahmijati dihadapan seluruh masyarakat unsur diknas, pendidik PAUD dan anak PAUD, menyerahkan sejumlah dana pribadinya sendiri, yang kemudian oleh masyarakat, Rahmijati diberikan kehormatan untuk meletakan batu pertama proses lantainisasi..

Read More »
Sabtu, Mei 10, 2008 | 0 Komentar

UMROH GELOMBANG DUA BERANGKAT


Program ibadah umroh bagi anggota PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo sukses. hal ini dibuktikan dengan kembali diberangkatkannya rombongan umroh gelombang kedua yang bagi angota PKK dan DWP yang berjumah 24 orang bertanda bahwa seluruh anggota rencan umaroh, seluruhnya telah resmi. Dari rombongan yang berangkat itu terdiri dari anggota pkk 12 orang dan anggota DWP juga berjumlah 12 orang diterbangkan melalui maskapai penergangan Sriwijaya Air dan Lion Air bertolak dari Gorontalo, yang diantar langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Harris Nadjamudin dan Wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi hingga serta rombongan umroh yang telah berangkat sebelumnya hingga kebandara Djalaludin Gorontalo. Sabtu 10/5.
Wakil Ketua PKK Ny. Maryam Puhi mengatakan bahwa rombongan kedua yang diberangkatkan tersebut, diyakini mampu untuk menjalankan ibadah umroh dengan lebioh sempurna, mengingat mereka yang diberangkatkan tersebut, rata-rata memiliki fisik yang energik, selain itu pula ada yang sebelumnya telah memunaikan ibadah haji sehingga dianggap lebih memiliki pengalaman, apalagi meraka telah diberikan gambaran tentang prosesi idadah yang dilakukan oleh rombongan umroh sebelumnya.
Sementara itu sesuai konfirmasi melalui Via telepon dengan Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe terinformasi bahwa dirinya sementara berada di Jakarta melaksanakan kunjungan kerja selaku anggota dewan provinsi namun ia mengaku akan menjemput langsung rombongan umroh di Jakarta sebagai bentuk restu sekaligus pelepasan umroh hingga robombongan diterbangkan langsung menuju bandara Jeddah Arab Saudi.
Dimintai tanggapan menganai keberangkatan rombongan tersebut, Rahmijati tidak banyak komentar, tetapi mengatakan rasa sukurnya atas keberhasilan PKK dan DWP ibadah umroh, sebab keinginan ini sempat tertunda dalam beberapa tahun. “keinginan ini sempat terkubur selama 6 tahun, dan saat ini niat suci telah terlaksana” Ungkap Rahmi

Read More »
Sabtu, Mei 10, 2008 | 0 Komentar

JALAN BECEK, DM 10 B NYARIS MASUK SAWAH


TOLANGOHULA - Kesulitan warga Desa makmur terhadap akses jalan akhirnya disadari Pemkab Gorontalo. Ini menyusul mobil dengan nomor polisi DM 10 yang ditumpangi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Maryam Puhi nyaris masuk sawah, saat menghadiri peresmian dua buah PAUD Tribina Daya di Desa Suka Makmur Utara dan Play Group Qamariyah Desa Molohu yang dipusatkan di Desa Suka Makmur Utara Kecamatan Tolanggohula, Jumat (9/5).

Lokasi peresmian PAUD yang masuk dalam areal perkebunan tebu dan persawahan masyarakat memiliki medan lumayan berat. Jarak yang jauh dari pusat Kecamatan ditambah kondisi jalan tanah yang becek akibat hujan yang belakangan ini mengguyur Tolangohula diduga membuat pengemudi kesulitan memandu kendaraan hingga nyaris terperosok di sawah.

Namun, peresmian PAUD sehubungan dengan pelaksanaan Goverment Mobile di Kecamatan Tolanggohula dapat berjalan lancar. Ditandai dengan pengguntingan pita oleh wakil ketua PKK Maryam Sofyan Puhi yangj juga wakil Ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo bisa berjalan lancar.

Pada kesempatan tersebut, Maryam menegaskan, beridirinya PAUD di daerah terpencil, diharapkan dapat menjadi pelopor anak-anak cerdas dimasa depan, sebagaimana misi Pemkab Gorontalo cerdas 2015. Ia menambahkan, kecerdasan anak sangat tergantung pada profesionalitas seorang pendidik, sehingga pendidik harus terus belajar, saling berbagi pengetahuan sesama pendidik dan yang terpenting memahami psikologi anak didik. "Sehingga pendidik akan dianggap sebagai teman terbaik bagi anak didiknya," tandasnya. gpinfo. www.gorontalopost.info

 

Read More »
Sabtu, Mei 10, 2008 | 0 Komentar

Rumah Pintar Segera Hadir

LIMBOTO-Pemkab Gorontalo terus melakukan pembenahan guna mendukung program pendidikan bagi anak-anak. Salah satunya, dengan membangun rumah pintar yang dilengkapi fasilitas pendukung belajar anak. Tidak hanya itu, bangunan yang terletak di eks Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gorotalo diintegrasi dengan tempat penitipan anak, program PAUD, pos PAUD maupun posyandu.

Keberadaaan rumah pintar ini pun menarik perhatian Bupati Gorontalo David Bobihoe dan meluangkan kesempatan memantau lebih dekat renovasi kantor yang terletak di pelataran menara keagungan, Kamis (8/5). "Untuk mensukseskan Kabupaten Gorontalo sebagai program layak anak butuh perhatian dari lintas sektot untuk turut andil mensukseskan kota Layak anak," jelas David.

Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Rachmijati Akib Bobihoe mengatakan, rencananya rumah pintar yang berlokasi di eks Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo tidak hanya dilengkapi fasilitas yang merangsang pengetahuan anak. Namun, diintegrasi dengan program PAUD maupun pos PAUD bahkan Posyandu dan tempat penitipan anak. "Sehubungan dengan program Kota layak anak, telah ada konsep penataan. Salah satunya dengan konsep membangun rumah pintar yang diharapkan berfungsi sebagai pusat pelayanan bagi anak balita," jelas Rahmi. gpinfo

Read More »
Sabtu, Mei 10, 2008 | 0 Komentar

PAUD PONDASI PENDIDIKAN

LIMBOTO-Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terus menjadi perhatian Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Rahmiyati Bobihoe Yahya. Sebab, PAUD merupakan pondasi awal bagi anak-anak untuk meniti jenjang pendidikan berikutnya.

“Usia 0–5 tahun merupakan masa keemasan bagi anak dan merupakan penentu dasar kualitas anak kita kedepan, memasuki pendidikan formal mulai dari TK hingga perguruan tinggi nanti. Karena, dimasa usia tersebut anak–anak mudah menyerap dan memahami apa yang diajarkan kepadanya,” beber Rahmi saat meresmikan 3 Lembaga PAUD di kecamatan Tolangohula, masing – masing PAUD Suka Juang Desa Bululi, Paud Tombiu dan Desa Bululi.

Rahmi menambahkan, hal ini harus diimbangi dengan tenaga pendidik yang baik. Menurut Rahmi, saat ini anak-anak semakin cerdas dan kreatif, karenanya dibutuhkan keahlian dan ketrampilan dari pendidik dalam memberikan pengajaran terhadap anak. “Mengingat pendidikan anak di lembaga PAUD merupakan pondasi awal untuk meneruskan kejenjang berikutnya, maka apabila podasinya rapuh, otomatis akan berakibat pada rapuhnya kualitas sang anak, demikian juga sebaliknya, apabila pondasi awalnya kuat dan baik, maka hal itu akan menjadikan anak bekualitas,” jelas Rahmi. gpinfo. www.gorontalopost.info

 

Read More »
Sabtu, Mei 10, 2008 | 0 Komentar

09 Mei, 2008

MARYAM LANTIK KADER GEMA RAHMI TOLANGOHULA


Maryam “Gema Rahmi Remaja ujung tombak PKK”
Pada pelaksanaan PKK Mobile di kecamatan Tolangohula, kembali digelar pelantikan Kader Bina Keluarga Remaja (BKR) yang dalam kepengurusan PKK Kabupaten Gorontalo di sebut sebagai Kader Gema Rahmi oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi didampingi oleh pengurus dan anggota PKK serta Ketua TP. PKK Kecamatan Se-Kabupaten Gorontalo bertempat di pendopo Kantor Desa Gandasari Kecamatan Tolangohula. Jumat 09/5
Dalam sambutannya Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi dihadapan 16 Kader yang dilantik mengatakan bahwa Sesuai ketetapan MPR Nomor II tahun 1978 meyebutkan bahwa wanita memiliki tiga amanat utama yaitu berpartisispasi dalam pembangunan, mewujudkan keluarga sehat sejahtera, serta membina genarasi muda. Sehingga dalam menjalankan tiga hal tersebut, dibutuhkan keseriusan, kerjasama yang baik serta dukungan semua pihak. Sehingganya, PKK sebagai gerakan swadaya pembangunan masyarakat, melakukan peran dan peluang untuk mengaktifkan keluarga sebagai satuan masyarakat terkecil, seperti halnya pembentukan pengurus bina keluarga remaja (BKR) yang lebih dikenal dengan Kader GEMA RAHMI yang ditetapkan melalui SK TP. PKK Kabupaten Gorontalo no 09 Tahun 2008 khusus bagi kecamatan Tolangohula.
Mengenai Gema Rahmi itu sendiri, Maryam menjelaskan bahwa Gema Rahmi merupakan implementasi dari 10 Program PKK Kabupaten Gorontalo yang memiliki kepanjangan dari Gerakan Masyarakat Ramah Amanah Hemat Menarik Indah yang dikhususkan bagi kader PKK dari kalangan Remaja. Lebih jelas lagi, Maryam menjelaskan bahwa melalui Kader Gema Rahmi dijaring remaja-remaja yang berkualitas yang mampu mengayom remaja seusianya bahkan lebih untuk menjadi contoh teladan ditengah masyarakat yang juga berfungsi sebagai ujung tombak dari gerakan PKK ditingkat kecamatan.

Read More »
Jumat, Mei 09, 2008 | 0 Komentar

MARYAM RESMIKAN 2 PAUD DI TOLANGOHULA


Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi, yang juga dalam kapasitasnya sebagai wakil ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo dalam rangkaian kegiatan PKK Mobile di Kecamatan Tolangohula mengawali agenda kerjanya dengan meresmikan 2 buah PAUD masing-masing PAUD Tribina Daya Desa Suka Makmur Utara dan Play Group Qamariyah Desa Molohu yang dipusatkan didesa Suka Makmur Utara. Dimana lokasi yang berjarak sekitar 1 Km dari jalan trans sulawesi tersebut, merupakan wilayah areal perkebunan tebu dan persawahan masyarakat. Sehingga dalam perjalanan menuju lokasi, mobil yang ditumpangi oleh Wakil Ketua PKK sempat mengalami hambatan, Nyaris masuk sawah karena kondisi jalan becek. Jumat 09/5.
Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi didampingi oleh Kepala Bidang PLS Diknas Kabupaten Gorontalo Gafra Sidik bersama jajarannya serta disambut dengan pengalungan bunga kembang oleh anak-anak PAUD yang mengenakan pakaian trasional suku jawa.
Wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya PAUD diwilayah-wilayah terpencil, diharapkan dapat menjadi pelopor anak-anak cerdas dimasa depan, sebagaimana misi pemerintah daerah Kabupaten Gorontalo cerdas 2015. Selain itu pula dalam sambutannya Maryam kembali menekankan ungkapan dari Ketua Forum PAUD, bahwa kecerdasan anak sangat tergantung pada profesionalitas seorang pendidik, sehingga menurutnya seorang pendidik harus terus belajar, saling berbagi pengetahuan sesama pendidik dan yang terpenting adalah memahami psikologi anak didik, sehingga seorang pendidik akan dianggap sebagai teman terbaik bagi anak didiknya.

Read More »
Jumat, Mei 09, 2008 | 0 Komentar

08 Mei, 2008

RAHMI UJI KEMAMPUAN PENDIDIK PAUD LEWAT SIMULASI


Perkembangan PAUD di Kabupaten Gorontalo hingga saat ini terus mengalami peningkatan yang pesat, namun hal tersebut menurut Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe perlu di barengi dengan penngkatan kualitas dari pendidik, sebab kecerdasan dari anak PAUD tergantung pada profesionalitas seorang guru “Harus Ada Keseimbangan antara Kuantitas dan Kwalitas PAUD” Jelas Rahmi. Keseimbangan yang diharapkan itu adalah menghasilkan anak-anak didik yang cerdas dari seorang pendidik yang professional. Olehnya Rahmijati yang juga selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo, menbuktikan hal tersebut dengan cara melakukan simulasi sisitim pembelajaran baik PAUD Formal dan PAUD Non Formal yaitu PAUD dan TK, sebagaimana yang dilakukannya saat meresmikan 3 buah PAUD di Kecamtan Asparaga beberapa pecan lalu 02/5.
Simulasi yang dilakukan itu tergolong cukup sederhana, dimana ditampilkan 2 orang pendidik dari PAUD dan TK dihadapan seluruh hadirin, untuk mempraktekan bagaimana cara memberikan materi kepada anak-anak secara bergiliran. Setelah itu langkah berikutnya, memimta kepada seluruh hadirin yang sebagaian besar dari profesi yang sama untuk memberikan komentar tentang penampilan masing-masing pendidik, seltelah itu langkah terakhir, Rahmijati memberikan kesimpulan sekaligus memberikan penguatan mengenai fakta anak-anak dilapangan.
Sehubungan dengan teknik tersebut Rahmijati m,enjelaskan bahwa hal tersebut menurutnya efektif untuk melihat kemampuan seorang pendidik, sehingga sesame pendidik saling memberikan masukan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan sehingga akan berimbas pada profesinalitas seorang pendidik.

Read More »
Kamis, Mei 08, 2008 | 0 Komentar

LIMBOTO MILIKI RUMAH PINTAR


Sebagai salah satu daerah yang termasuk sebagai Kota layak anak secara nasional, Kabupaten Gorontalo terus melakukan pembenahan dengan memberikan fasilitas selengkap-lengkapnya bagi anak-anak, baik dalam bentuk dukungan terhadap suksenya program PAUD oleh pemerintah, fasilitas taman bermain bagi anak yang diaktifkan setiap harinya, kini melalui Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat ini sementara dirintis penyediaan fasilitas Rumah Pintar, yang memiliki multi fungsi meliputi Tempat Penitipan Anak, PAUD dan Pos PAUD terintegrasi Posyandu. Bagunan yang telah dirumah menjadi rumah pintar tersebut adalah bangunan Eks Dinas Pariwisata Kabupaten Gorontalo yang berlokasi di pelataran menara kagungan Limboto, yang hingga saat ini telus melakukan pembenahan seiring dengan penerimaan Penitipan anak dan serta PAUD.
Bentuk dukungan dari pemerintah pun terus mengalir, hal ini terbukti dengan pemantauan lansung yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Gorontalo Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib lengkap bersama seluruh Asisiten, badan dinas dan bagian lintas sektor dilokasi Rumah Pintar. Bupati David Bobihoe dalam pengarahannya mengatakan bahwa untuk mensukseskan seluruh program kota layak anak mengharapakan seluruh lintas sektor untuk turut andil serta berfikir pengembangan kedepan demi suksesnya kota Layak anak.
Semantara itu sesuai penjelasan dari ketua PKK Kabuapaten Gorontalo jauh sebelumya, mengatakan bahwa keiginannya untuk menata Kabupaten Gorotnalo khsusunya kota Limboto sebagai kota layak anak, dirinya mengaku telah memiliki konsep penataan, diantaranya adalah membangun rumah pintar yang diharapkan berfungsi sebagai pusat pelayanan bagi anak balita PAUD dan Pos PAUD.” Kota Limboto, dengan rumah pintar kedepan akan benar-benar menjadi kota layak anak” Jelasnya penuh optimis.




Read More »
Kamis, Mei 08, 2008 | 0 Komentar

07 Mei, 2008

BANTU KEGIATAN PAUD RAHMI TIDAK PILIH KASIH


RAHMI “INVESTASI DIBIDANG PENDIDIKAN TIDAK MERUGIKAN”
Pendidikan anak Usia dini di Kabupaten Gorontalo ternyata terus memperoleh perhatian serius dari ketua PKK Kabupaten Gorotnalo Ny. Rahmijati David Bobihoe. Pasalnya dari sekian banyak kegiatan yang digelar baik pihak manapun didukung sepenuhnya oleh Ketua PKK yang dibuktikan dengan memberikan bantuan dana pribdi langshng pada setiap program yang berhubungan dengan program Pendidikan Anak Usia Dini. Hal serupa kembali dilakukannya terhadapap kegiatan lomba mewarnai gambar yang diikuti oleh 200 anak PAUD dan TK Se Kecamatan Limboto, digelar oleh TKIT Lukmanul Hakim bertempat digedung Kasmat Lahay Limboto. Senin 04/5
Rahmijati yang juga selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo sehari sebelum pelaksanaan lomba dalam rangkaian kegitan talk show melalui panitia telah menyerahkan bantuan dana transport yang diperuntukan bagi 200 peserta dari anak PAUD, juga memberikan hadiah langsung bagi anak yang dinyatakan sebagai juara dalam lomba.
Rahmijati dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan itu mengatakan dukungannya pada setiap kegiatan yang menyentuh anak PAUD tanpa harus memperhatikan lembaga, ormas dan partai penyelenggara , sebab menurut Rahmi anak PAUD saat ini merupakan generasi yang dipersiapkan oleh untuk Kabupaten Gorontalo akan datang, selain itu pula Rahmijati mengatakan bahwa investasi dibidang pendidikan tidak akan pernah merugikan. “Saya dukung setiap kegiatan PAUD, tidak kenal lembaga, organisasi dan partai yang menyelenggarakannya, sebab investasi dibidang pendidikan tidak pernah merugikan”Tegas Rahmi

Read More »
Rabu, Mei 07, 2008 | 0 Komentar

MARYAM MONITORING P2WKSS TIBAWA

PKK Kabupaten Gorontalo, kerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Gorontalo Rabu kemarin melakukan kunjungan terpadu ke 2 Desa yang ada di Kecamtan Tibawa. Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring program P2WKSS yang baru saja digulirkan oleh pemerintah provinsi dan daerah dimana dua desa yang meliputi Desa Molowahu dan Desa Ilomata telah ditetapkan sebagai desa sasaran.
Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi dalam penjelasannya mengatakan bahwa program peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) itu merupakan bagian dari 10 program PKK, tercantum dalam tugas dan fungsi dari IV Pokja, dimana Badan Pemberdayaan Perempuan sebagai Pengelola, bersama dengan PKK melakukan pengawasan.
Selain itu Maryam menjelaskan bahwa target monitoring khusus dari PKK adalah melihat secara langsung fakta lapangan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat dilingkungan masyarakat, dimana dari lintas sektor yang ada sehubungan degan program ini telah mengagendakan program jambanisasi, dan ketersediaan air bersih.
Diakhir penjelasannya Maryam mengatakan meski dari hasil pantauan sementara bahwa kondisi lapangan masih jauh dari yang diharapkan khususnya dalam hal kebersihan, tetapi Maryam memotivasi masyarakat agar selalu berperilaku bersih, sebab menurut Maryam hasil dari program tersebut, juga dirasakan oleh masyarakat itu sendiri. Rombongan yang ikut dalam monitering tersebut adalah sekertaris PKK Ny. Fatmah Tuna, S.Ag dari unsur PKK serta Ny. Dewi Masita Usman dari unsur pemberdayaan perempuan bersama anggota PKK lainnya.

Read More »
Rabu, Mei 07, 2008 | 0 Komentar

06 Mei, 2008

10 MEI ROMBONGAN UMROH PKK KE DUA BERANGKAT


Rombongan umroh PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo kelompok kedua , pada tanggal 10 Mei 2008 mendatang dipastikan berangkat dari Gorontalo menuju Jakarta, dan kemudian sehari kudian akan bertolak ke Mekah untuk melakukan ibadah. Hal ini diugkapkan oleh Wakil Ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi ketika ditemui di ruang pola Kantor Bupati Gorontalo saat mengikuti Rapat pembahasan keberangkatan rombongan gelombang kedua PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Gorontalo Ir. Haris Nadjamudin, dihadiri oleh seluruh jamaah umroh. Selasa 06/5.
Maryam mengatakan bahwa untuk gelombang kedua ini, kembali akan diberangkatkan 24 jamaah umroh melalui travel yang sama yaitu travel Awana yang telah mengikat kontrak dengan PKK dan DWP sebelumnya. Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai segala hal yang bakal dilakukan oleh jamaah, baik melalui referensi yang ada, juga diulas berdasarkan pengalaman yang telah dialami oleh rombongan pertama.
Maryam juga menjelaskan secara panjang lebar menganai perjalanan yang bakal di lalui oleh rombongan kali ini berbeda dengan rute pejalanan sebelumnya, dimana rombongan terdahulu melalui rute Madinah ke Mekah, maka rute terbaru adalah Mekah ke Madinah, Namun, menurut Maryam mengenai pelayanan akomodasi tetap menggunakan fasilitas yang sama sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pihak travel. Sementara itu pimpinan rombongan dari unsur pemerintah daerah adalah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gorontalo Ismail Onu, S.Ag.
Dalam pertemuan itu rombongan umroh yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 12 orang PKK dan 12 DWP langsung memperoleh pembagian kofor (Files) serta perlengkapan umroh lainnya yang diberikan oleh pihak Travel.

Read More »
Selasa, Mei 06, 2008 | 0 Komentar

PKK TELAGA BIRU GELAR “TELAGA BIRU HOLIDAY” DI BATUDAA PANTAI


PKK Kecamatan Telaga Biru setelah sukses dengan kegiatannya menggelar Turnamen Volly Ball Timuato Cup tingkat Kecamatan Telaga Biru yang dirangkaian dengan peringatan hari Kartini pekan lalu, melakukan kegiatan Telaga Biru holiday. Kegiatan tersebut merupakan bentuk rekreasi dari PKK Telaga Biru, namun turut dibarengi dengan kegiatan sosial berupa anjangsana, memberikan bantuan bagi masyarakat kurang mampu yang berada Dusun Tahele Desa Biluhu Timur Kecamatan Batudaa Pantai, Minggu 04 Mei 2008.
Ketua PKK Kecamatan Telaga Biru Ny. Desvi Iwantari Modjo dalam penjelasannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud kebersamaan dari seluruh anggota PKK yang kemudian ditetapkan sebagai hasil kesepakatan bersama melalui rapat. Tujuan dari kegiatan ini ungkap Desvi tidak lain adalah untuk memupuk tali silaturahmi antar PKK Telaga Biru dan warga masyarakat Kecamtan Batudaa Pantai, serta lebih khusus lagi untuk melepas kepenatan dari rutinitas kerja.”Setelah bekerja pasti perlu rekreasi” ungkap Desvi
Dari penjelasan Desvi terungkap bahwa rombongan itu turut di ikuti oleh keluarga besar dinas instansi pemerintah Telaga Biru itu, disambut oleh PKK Kecamatan Batudaa Pantai dan penyerahan secara simbolis dilakukan oleh ketua PKK kecamatan Telaga Biru kepada Ketua PKK Kecamtan Batudaa Pantai Ny. Sunarti Yahya disaksikan oleh Warga masyarakt setempat. Adapun bantuan yang diserahkan itu berupa beras dan mie instan, serta minuman kesehatan lainnya..
Usai menyerahkan bantuan tersebut, Rombongan PKK melanjutkan aktifitas rekreasinya dengan berdendang bersama masyarakat dusun Tahele melalui iringan musik organ sambil memandang panorama laut.

Read More »
Selasa, Mei 06, 2008 | 0 Komentar

05 Mei, 2008

PKK LIMBOTO GELAR LOMBA UNIK


RAwiyah "Dasawisma Lomba Paduan Suara, Kepala Lingkungan Lomba Hafal 10 Program PKK"

Diawal kepemimpinan ketua PKK Kecamatan yang baru, PKK Kecamatan mengawali kegiatannya dengan dengan menggelar lomba yang tergolong unik, yaitu lomba paduan suara dan lomba menghafal 10 program PKK antar dasawisma dan kepala lingkungan se-Kecamatan Limboto, yang digelar di pelataran taman menara keagungan Limboto. Minggu Sabtu 03/5.
Lomba yang digelar semalam tersebut di ikuti oleh 12 peserta dari 12 Kelurahan se kecamatan Limboto, yang dibagi menjadi dua bagian yaitu paduan suara khsusus bagi ibu-ibu dasawisma utusan Kelurahan, sementara lomba menghafal 10 program PKK dikhususkan bagi kepala lingkungan utusan kelurahan pula.
Ketua PKK Kecamatan Limboto Ny. Ir. Ny. Rawiyah Husnan, MT dalam saat dikonfirmasi penjelasannya mengatakan bahwa kegitan tersebut masih merupakan rangkaian dari kegiatan menyemarakan peringatan hari Kartini tingkat Kabupaten Gorontalo yang merupakan lanjutan dari program Ketua PKK Limboto sebelumnya, yang ditujukan untuk mensosialisasikan 10 program PKK bukan saja bagi dasawisma, juga kepada pemerintah desa dan lingkungan, selaku mitra PKK diwilayah masing-masing.
Dari hasil lomba tersebut, keluar sebagai juara lomba paduan suara tingkat dasawisma adalah dasawisma utusan PKK kelurahan bolihuangga sebagai peringkat pertama, Dasawisma PKK Kelurahan Hutuo pada posisi kedua dan peringkat ketiga diraih oleh Dasawisma PKK Kayu Merah. Sementara itu untu cabang lomba menghafal 10 program PKK tingakt kepala lingkungan, peringkat pertama diraih oleh Kepala Lingkungan Kelurahan Hutuo. Peringkat Kedua utusan Kelurahan Hepuhulawa, serta peringkat ketiga diraih oleh kepala lingkungan utusan dari Kelurahan Tenilo.

Read More »
Senin, Mei 05, 2008 | 0 Komentar

DI ASPARAGA RAHMI TEMUKAN BALITA HYDROSEPHALUS


Dalam pelaksanaan PKK Mobile di Kecamatan Asparaga, Kembali Rahmijati menemukan kasus penyakit yang cukup berbahaya menimpa salah seorang balita yang ada si Kecamatan Asparaga. Temuan kali ini bukan kasus gizi buruk, tetapi kasus penyakit Hydrosephalus atau penyakit kepala besar yang menimpa adik Dinda Dawali bayi yang berumur 3 tahun. Anak dari pasutri Bahrudin Dawali dan Isnawati Hilola yang berprofesi sebagai sopir dan ibu rumah tangga, yang tinggal di dusun Suka Juang desa Bululi Kecamatan Asparaga. Sabtu 03/5
Berdasarkan informasi dari ibu bayi tersebut, terungkap bahwa Dinda sudah pernah mengalami masa kritis dan telah menjalani perawatan di RS. M. Dunda Limboto, namun sayang tidak bisa di operasi karena terbentur pada masalah biaya, dimana sesuai informasi bahwa untuk proses operasi membutuhkan dana yang cukup besar dan hal tersebut diajukan kepada ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe.
Melihat bayi malang tersebut, Rahmijati merasa kasihan, dan langsung memeluk bayi tersebut dan meminta kepada pihak Dinas Kesehatan, agar melakukan pemeriksaan secara intensif sehubungan dengan penyakit yang dideritanya dan jika kondisinya sudah cukup stabil, maka segera untuk diambil tindakan operasi secara gratis dan dibiayai oleh pemerintah, sebab menurut Rahmi bahwa penyakit tersebut hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi, dan pelayannya hanya ada di Makssar” ungkap Rahmi.
Dalam komentarnya Rahmijati mengatakan bahwa Dinda bisa dikatakan beruntung, dimana sesuai fakta yang ada, bayi penderita Hydrosephalus harapan hidupnya sangat kecil, sementara itu Dinda telah menderita penyakit tersebut selama 3 tahun.”Dinda memang bayi luar biasa” Ungkap Rahmi

Read More »
Senin, Mei 05, 2008 | 0 Komentar

04 Mei, 2008

RAHMI JADI PEMATERI “MARI MENDIDIK DENGAN CINTA”


RAHMI JADI PEMATERI “MARI MENDIDIK DENGAN CINTA”
Ketua PKK Kabupaten Gorotnalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam kapasitasnya selaku ketua forum PAUD Kabupaten Gorotnalo, Minggu kemarin 04.5 tampil sebagai pemateri dalam acara talk show yang digelar oleh TK Lukmanul Hakim Kecamatan Limboto bertempat di Gedung Kasmat Lahay eks Parasamya Limboto.
Talkshow yang mengakat topic tentang “Mari Mendidik dengan Cinta” tersebut Rahmijati turut didampingi oleh pemateri lainnya yaitu Ny. Lily Ma’ruf, S.PSi dan Ust. Abdurrahman Bahmid, LC yang dibuka oleh unsur Diknas mewakili pemerintah daerah dan dihadiri oleh seluruh pendidik PAUD dan TK se Kecamatan Limboto yang berjulah 200 orang.
Dalam materinya menguraikan secara detail pengalaman karir pribadi dan suami dengan segala suka dukanya serta posisinya selaku istri dan ibu bagi anak-anak yang menurut Rahmi semuanya merupakan implementasi dari dari cinta. Dalam materinya pula Rahmijati mengulas tentang 15 reaksi buruk terhadap perilaku negative anak, yang sering dilakukan oleh orang tua baik secara sadar maupun tidak sadar yang memberikan efek fatar terhadap perkembangan anak. 15 reaksi tersebut meliputi bentakan, mencela dan mengomel, terlalu mendikte, mengancam, menghina, mencaci, membanding-bandingkan, menasehati secara berlebihan, berprasangka buruk, menuduh, suka menghukum, mengungkit keburukan, mengungkit kebaikan orang tua, hujan kritik dan memberi peringatan. Selain itu pula Rahmijati dalam materinya turut menguraikan saran positif terhdapa anak yang terdiri darui beberapa hal yaitu temui ungkapan rasa cinta anda kepada anak anda “ Aku Mencintaimu “ Peluk dan Ciumlah dia, ingatlah, semua masalah pasti dapat dipecahkan, dan perilaku negatif masih bisa diperbaiki, kemarahan justru menyebabkan ledakan emosi, ledakan emosi merupakan sesuatu yang berbahaya dan pilahlah : mengarahkan anak guna membangun kepribadiannya, atau justru menghancurkannya. Kegiatan tersebut diakhiri dengan dialog dengan peserta. Dalam kesempatan tersebut Rahmijati menyerahkan sejumlah uang kepada panitia guna dana penyelenggaraan lomba kreatifitas anak yang bakal digelar hari ini di tempat yang sama.

Read More »
Minggu, Mei 04, 2008 | 0 Komentar

ROMBONGAN UMRAH TIBA, DISAMBUT BUPATI


Setelah hampir 10 hari menjalankan ibadah umroh, Rombongan umroh PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo yang berjumlah 29 orang Sabtu 02/5 kemarin, tiba di Limboto. Perjalanan pulang tersebut berlangsung selama 2 hari setelah rombongan menyelesaikan ibadah tawaf wada atau tawaf akhir di Masjidil Haram. Rombongan disambut oleh Ketua Dewan Penyantun PKK Kabupaten Gorontalo Bupati Gorontalo David Bobihoe Akib, Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dan anggota PKK lainnya. Penyambutan dilakukan secara sederhana, yang didahului dengan doa bersama yang dipimpin oleh imam mesjid kecamatan Limboto kemudian disi dengan penyampaian pesan dan kesan oleh sekertaris daerah Ir. Haris Nadjamudin, serta perwakilan dari robongan jemaah PKK Ny. Suryati Tongkodu, SH dan diakhiri dengan sambutan selamat datang oleh Bupati Gorotnalo bertempat di rumah dinas Bupati Gorontalo.
Bupati Gorontalo dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam ibadah umrah merupakan pengalaman Rohani bagi setiap yang menjalaninya, dimana semua rukun yang telah dijalankan semata-mata ibadah kepada Allah . sehingga umrah juga menjadi ajang introspeksi diri dan kedepan berniat untuk melakakukan hal-hal yang dilarang oleh tuntunan agama.
Sementara itu Ketua PKK Kabupaten Gorotnalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mengatakan bahwa dirinya merasa bangga dengan PKK dan DWP yang telah melaksanakan umrah dengan sempurna, dan kembali dalam keadaan sehat wal afiat, serta mengatakan bahwa dirinya kembali akan mendampingi rombongan umrah ke dua PKK dan DWP Kabupaten Gorontalo hingga ke bandara internasional Jakarta, yang akan berangkat pada tanggal 10 Mei 2008 kedepan.
Dalam rangkaian penyambutan, rombongan curhat dihadapan pemerintah daerah, dimana perjalanan tersebut sangat berkesan bagi mereka, dimana mereka telah meyaksikan secara langsung tempat-tempat bersejarah seperti padang arafah atau jabal Rahmah muzdalifah Mina, dan Goa Hira tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama, mengunjungi mesjid Kuba, kiblatain, khandak, jabal uhud dan pasar korma, ziarah kemakam nabi serta tempat-tempat bersejarah lainnya. Namun menurut mereka yang paling mengesankan adalah ketika berusaha untuk mencium hazar Aswad atau Batu syurga, dimana mereka harus mempertaruhkan nyawa, bergelantungan diantara jamah yang berasal dari negeri arab yang memiliki postur badan tinggi” ungkap Suryati salah satu anggota umrah dari PKK.

Read More »
Minggu, Mei 04, 2008 | 0 Komentar

01 Mei, 2008

PKK TINELO, JAWARA TIMUATUO CUP TELAGA BIRU


Peringatan hari Kartini Tingkat Kecamatan Telaga Biru berlangsung semarak. Setelah dibuka oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmjiati David Bobihoe pada pelakanaan PKK Mobile, Pertandingan Volly Ball antar desa tingkat Kecamatan Telaga Biru yang memperebutkan piala Timuato Cup kemarin Rabu 29/04 ditutup.
Pertandingan yang berlansung selama 22 hari itu diikuti oleh peserta utusan PKK desa se Kecamatan Telaga Biru berjumlah 13 klub, dipusatkan di desa Timuato. Pada acara penutupan itu didahului dengan pertandingan final dari dua kubu tangguh yaitu PKK desa Tinelo berhadapan dengan PKK desa Timuato selaku tuan rumah, yang dimenangkan oleh PKK Desa Tinelo dengan angka tipis 25 VS 20 dan hrus melalui 4 babak. Dari hasil pengumuman kejuaraan itu PKK desa Tinelo dinyatakan sebagai Juara pertama, di susul oleh PKK Desa Tinelo pada urutan kedua, sementara itu desa Tuladenggi mempati pada urutn ke tiga.
Ketua PKK Kecamatan Telaga Biru Ny. Desvi Iwantari Modjo dalam penjelasannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan memperingati Hari Kartini tingkat Kabupaten Gorontalo, digelar berdasarkan hasil aspirasi dari masyarakat dan PKK dimana tujuan utamanya adalah untuk memupuk rasa kebersamaan antar sesama kader PKK desa serta untuk mengembangkan sikap sportifitas.
Desvi pula menambahkan bahwa dengan melihat begitu antusiasnya masyarakat dalam merespon kegiatan ini, maka kegitan serupa akan digelar setiap 3 bulan sekali dengan cara mobile di 13 desa se kecamatan Telaga Biru.
Dalam acara penutupan itu turut hadir ibu wakil gubernur Ny. Nani Mokodongan, Pemerintah Kecamatan, Ketua PKK Kecamatan dan desa se Telaga Biru dan kepada para pemenang diberikan berupa Piala Tetap dan Piala Bergilir serja bonus sejumlah uang.

Read More »
Kamis, Mei 01, 2008 | 0 Komentar