Selamat Datang di Blog TP. PKK Kabupaten Gorontalo. | About Us | Contact | Register | Sign In

CHATTING


Try Relay: the free SMS and picture text app for iPhone.

Total Tayangan Laman

INFO PENGUNJUNG

Flag Counter

Daily Horoscopes

31 Maret, 2008

POKJA II BAHAS PELATIHAN MENERIMA TAMU DAN TABLE MANNER


Read More »
Senin, Maret 31, 2008 | 0 Komentar

KUNJUNGI DESA TERPENCIL PKK ASPARAGA 4 JAM BERSAMA KATINTIN

PKK kecamatan Asparaga dipimpin langsung oleh ketua PKK Ny. Ruslinda Lasido Tahir melakukan kunjungan kedasawisma. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka dalam rangka penilaian lomba administrasi dasawisma tingkat kecamatan asparaga serta untuk melihat secara langsung kondisi dasawisma yang ada di desa terpencil. Dalam kegiatan itu PKK merangkul petugas kesehatan yang ada di puskesmas Bululi, untuk mengadakan pelayanan kesehatan gratis bagi anggota dasawima yang ditemui, meliputi ibu-ibu hamil, pelayanan posyandu dan balita, dengan mengunjungi 2 dusun terjauh di Desa Pangahu yaitu dusun buyuo dan desa alawahu yang terisolasi, Sabtu 2803
Ruslinda melalui via telepon saat dihububngi kemarin mengatakan bahwa dua dusun yang dikunjungi tersebut merupakan dusun yang wilayahnya telah memasuki areal hutan lindung hutan Nantu, sehingga membutuhkan keberanaian dan nyali untuk melakukannya. Khsusus untuk mengunjungi dusun alawahu, PKK bersama rombongan harus menggunakan alat transportasi berupa kantitin jenis perahu kecil bermesin dengan perjalanan selama 4 jam, sebab tidak terdapat jalur alternatif lain menuju lokasi tersebut, jelas Roslinda . Turut serta dalam kegiatan itu kepala dusun dan jajarannya, dokter puskesmas bululi.
Dalam laporannya pula dari hasil kunjugan tersebut Roslinda mengatakan di dua dusun tersebut terdapat 36 KK miskin dengan kondisi yang sangat memperihatinkan yang diidentik dengan suasana lingkungan pedalaman, selain itu pula tercatat sejumlah lebih dari 40 anak usia sekolah tidak dapat menikmati fasilitas pendidikan karena faktor jarak , serja jalur transportasi dimana harus melintasi bukit dengan jalan setapak.. diakhir penjelasnnya, Roslinda mengatakan kegitan tersebut telah dicatat dalam kegitan PKK kecamatan, dan akan dijadikan sebagai laporan kepada pihak pemerintah kecamtan jelasnya.

Read More »
Senin, Maret 31, 2008 | 0 Komentar

30 Maret, 2008

RAHMI NONTON FILM AYAT-AYAT CINTA

Rahmi “Hidup ini Panggung Sandiwara”

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe ternyata telah turut menyaksikan film terpopuler saat ini Ayat-ayat cinta (A2C) hal ini terungkap saat dimintai tanggapannya mengenai apresiasinya terhadap film tersebut, Minggu 3003 kemarin bertempat di rumah dinas Bupati Gorontalo. Rahmijati dalam penjelasan singkatnya mengakui bahwa film tersebut memberikan pelajaran hidup bagi insan manusia, dimana dalam fenomena yang ditampilkan memperlihatkan situasi yang controversial, baik dari latar kehidupan, gaya hidup, yang lebih ekstrim lagi dimana poligami harus dilakukan atas dasar kemanusiaan. Namun Rahmi mengatakan bahwa karena itu adalah film, maka dia tetap saja ilusi meski diakunya hal tersebut mungkin saja akan terjadi. Dalam penjelasannya pula Rahmi mengatakan bahwa dalam film semua yang diigambarkan adalah sandiwara kehidupan, sehingga Rahmi menganggap bahwa film A2C merupakan satu dari sekian ribu sandiwara. Sehingga siapa saja yang pemeran yang ada didalam film baik melalui peran yang wajar dan berpura-pura harus mampu membawa para penonton kedalam alam sandiwaranya. Diakhir uraiannya Rahmi mengatakan bahwa tak beda pula kehidupan yang ditampilkan oleh film, dimana menurutnya kehidupan merupakan bagian dari sandiwara.”hidup ini adalah panggung sandiwara “ Jelas Rahmi sambil melangkah pergi.

Read More »
Minggu, Maret 30, 2008 | 0 Komentar

RAHMI PERTEGAS PHBS

Rahmi”Hidup Sehat Bukan Tanggung Jawab Dinas Kesehatan Semata”
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dilingkungan masyarakat, kali ini akan digenjot habis-habisan oleh PKK Kabupaten Gorontalo, pasalnya hampir sebagaian masyarakat yang ada di Kabupaten Gorontalo sesuai temuannya belum memenuhi standar PHBS dimana suatu rumah tangga dikatakan berperilaku hidup sehat dan bersih harus memenuhi 7 persyaratan utama dan 3 syarat lainnya. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat ditemui di Rumah Dinas Bupati Gorontalo Minggu 3003.
Dari persyaratan tersebut Rahmiyati menguraikan indicator yang merupakan syarat utama meliputi ibu hamil memperoleh pelayanan medis, balita memperoleh Asi ekslusive, memperoleh jaminan kesehatan, memiliki sumber air bersih, memiliki jamban, luas rumah sesuai dengan jumlah anggota keluarga, serta tidak berlantaikan tanah. Sedangkan 3 syarat lainnya yang oleh Rahmijati disebut dengan gaya hidup, meliputi keluarga memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang banyak makan sayur, Aktifitas olah raga setiap hari, serta anggota keluarga tidak ada yang merokok. Sehingga salah satu syarat khususnya syarat utama tidak terpenuhi maka keluarga tersebut dianggap belum berperilaku PHBS”Jelas Rahmi.
Selain itu pula dalam penjelasannya Rahmi mengatakan mengapa PHBS dijadikan sebagai prioritas utama, hal ini sesuai dengan alasan bahwa sehat itu bukan merupakan tanggung jawab Dinas kesehatan, tetapi merupakan tanggungjawab bersama, selain itu juga PKK dalam masalah perilaku hidup bersih ini oleh pemerintah daerah dianggap sebagai pihak yang memiliki andil paling besar dimana PKK merupakan pengayom masyarakat khsusunya ibu-ibu yang menjadi penata dalam rumah tangga.
Untuk lebih memasyarakatkan gerakan PHBS tersebut, Rahmi menjelaskan telah merancang program PKK melalui Pokja IV yaitu pada minggu pertama bulan April mendatang, terpatnya pada hari minggu, akan menggelar kegiatan Olah raga massal, bertemakan “Dengan berolah raga kita tingkatkan PHBS”, dimana dalam kegiatan tersebut kelak PKK akan menggelar pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan gula darah, tensi darah secara gratis” tukas Rahmi

Read More »
Minggu, Maret 30, 2008 | 0 Komentar

PKK BOLIYOHUTO GELAR TERTIB ADMINISTRASI

Setelah melakukan penilaian penilaian adminstrasi di tingkat desa dan dasawisma PKK Boliyohuto melakukan evaluasi. Dari hasil evaluasi tersebut, ternyata masih terdapat beberapa desa yang yang belum lengkap adminstrasinya dari 15 desa yang ada di kecamatan Boliyohuto . Melihat kenyataan tersebut, PKK Kecamatan Boliyohuto mengambil inisiatif untuk melakukan sosialisasi tertib adminstrasi yang dilakukan secara langsung oleh tim terpadu bentukan PKK di tiga yang dianggap belum sempurna adminstrasinya didampingi oleh ketua dewan penyantun PKK Camat Boliyohuto Rahmat buloto. Sosialisi dilakukan secara bertahap yang telah diawali kemarin Sabtu 2903 di desa Sidodadi, kemudian hari ini dilanjutkan di desa bilato dan akan berakhir esok di Parungi.
Ketua PKK Kecamatan Ny.Netty Suleman buloto S.Pd dalam penjelasannya mengatakan bahwa tertib adminstrasi merupakan syarat utama dalam satu organisasi, sebab dari adminstrasi tersebut, sumber dari semua program pemerintah, selain itu pula melalui administrasi bukti otentik kegitan, sehingga meskipun dawaisma giat dalam melakukan program jika tidak tercatat secara adminstrasi tetap saja tidaka akan diakui.”Biar ada kegitan kalu tidak dicatat sama saja bohong” ungkap Netty.

Read More »
Minggu, Maret 30, 2008 | 0 Komentar

28 Maret, 2008

PKK TELAGA BIRU JADI RELAWAN TANAH LONGSOR

Desvi "bekerja sambil menyanyikan mars PKK"
PKK Kecamatan Telaga bersama-sama dengan masyarakat setempat, menggelar kegiatan bakti sosial massal di wilayah dusun II Desa Ulapato B, Jumat 2103 kemarin. Pasalnya lokasi tersebut terisolasi akibat dari tanah longsor yang menimpa wilayah tersebut sehari sebelumnya, dimana jalan yang menghubungkan antara dusun I dan II terputus untuk sementara. Ketua PKK Kecamatan Telaga Biru Ny. Desvi Iwantari Modjo saat ditemui saat berkunjung di gedung sekretariat PKK Kabupaten Kemarin menyatakan bahwa hal tersebut merupakan aksi spontanitas dari PKK Telaga biru, melihat kenyataan dimana lokasi yang tertimbun tanah longsor tersebut merupakan jalur utama kedua dusun."Pada hari jumat pagi itu memang rutin PKK melakukan bakti sosial, sehingga dengan mudah mengarakn seluruh anggotanya kelokasi longsor" Jelas Desvi.
Meskipun dibantu oleh masyarakat sekitarnya, Pekerjaan berlangsung hampir seharian, hal ini disebabkan lokasi tersebut masih terus mengalami longsor. Selain itu pula dari penjelasan ketua PKK Kecamatan Ny. Desvi, untuk lebih memotivasi anggotanya untuk bekerja, sambil bekerja anggota PKK menyanyikan Mars PKK sebagai bukti kebanggaan sebagai anggota PKK.

Read More »
Jumat, Maret 28, 2008 | 0 Komentar

PKK JADI TIM PENILAI LOMBA DALAM KEGIATAN HUT RIMBAWAN KE 25


PKK Kabupaten Gorontalo dipercayakan oleh panitia dari dinas kehutanan menjadi tim penilai lomba makanan non beras dalam rangka memperingati hari bakti rimbawan ke 25 tingkat provinsi gorontalo hal ini terbukti dengan surat pemintaan kesediaan no. 05/PAN-PEL/ III Departemen kehutanan. Menindak lanjuti tersebut, PKK Kabupaten Gorontalo mengirimkan utusannya Wakil ketua II PKK Kabuapten gorontalo Ny. Hj. Ramlah Utiarahman Bakari, Sekertaris Pokja II Ny. Hj. Sri Wilin Tongkodu dan Sekretaris PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Hj. Fatma Tuna. Penilaian berlangsung seru dimana lomba tersebut diikuti oleh 8 peserta baik yang berasal dari dinas kehutanan kabuapaten kota juga diikuti oleh mitra kehutanan se provinisi Gorontalo, yang dipusatkan di lokasi kantor dinas Kehutanan Kabuapaten Gorontalo yang juga dihadiri oleh seluruh unsur rimbawan. RAbu 2503 kemarin.
Menurut sekertaris PKK Ny. Fatma Tuna salah satu utusan tim penilai PKK, Jenis makanan yang dilombakan tersebut adalah jenis menu non beras yang disajikan diwaktu pagi, sore hingga malam komplit, yang di sesuaikan dengan jumlah anggota catur warga yaitu yang terdiri dari menu 2 orang anak ditambah sumai dan istri.
Dari hasil penilaian tersebut Lanjut Fatma,sesuai hasil keputusan bersama tim penilai yang keluar sebagai pemenang pertama adalah mitra kehutanan Kabuapten gorontalo, di susul oleh dinas kehutanan kabuapten Pohuwato dan peringkat ketiga di raih oleh dinas kehutanan Kabuapten gorontalo.Ketiga peserta itu diunggulkan menurut fatma di dasari atas kriteria penilaian dimana peserta yang dinyatakan pemenang adalah peserta yang unggul dalam cara penyajian menu, kreasi penyajian serta etiket mendu masing-masing jenis makanan.

Read More »
Jumat, Maret 28, 2008 | 0 Komentar

YASINAN PKK DIRANGKAIKAN DENGAN UJIAN BACA TULIS AL QURAN ANGGOTA DWP



PKK Kabupaten Gorontalo kembali menggelar kegiatan rutin Yasinan.Kegiatan Yasinan kali ini berbeda dengan pelaksanan pada bulan sebelumnya, dimana pada kegitan rutin periode Maret 2008 ini kegiatan turut dirangkaikan dengan ujian Ebta pelajaran baca tulis Al Quran metode Iqra. Kegiatan program dari Pokja I itu igelar di Aula rumah dinas bupati Gorontalo bersama dengan seluruh gabungan organisasi Wanita yang meliputi seluruh dharma wanita dijajaran Musida termasuk PKK. Dalam acara tersebut, Ketua PKK kabupaten Gorontalo Ny. Rahmiyati David Bobihoe didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam Sofyan Puhi serta Wakil ketua II PKK Kabuapten Gorontalo Ny. Ramlah Utiarahman Bakari yang juga sebagai ketua DWP Kabuapaten Gorontalo serta anggota PKK dan Dharmawanita Kabuapaten Gorontalo termasuk didalamnya sejumlah 20 orang murid yang juga dari anggota DWP.
Ujian tersebut di lakukan langsung oleh instruktur taman pengajian Ustad Pepen Pakaya meliputi dengan cara testing perorangan untuk baca al-Qiraan pada tahapan EBTA untuk Iqra 6, disaksikan oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam kapasitasnya selaku Ketua Dewan Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Gorontalo bersama seluruh anggota PKK kabuapten dan DWP.
Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan bahwa jumlah dari anggota DWP yang ikut dalam pengajian tersebut sekitar 20 orang, yang seluruhnya merupakan Anggota DWP yang benar-benar belum mampu baca tulis AlQuran terlebih khusus bagi dua anggotanya yaitu Ny. Mariane Tengko Hida ketua DWP Sekwan, dan Ny. Heni Maria Olili ketua DWP Kesbanglinmas dimana meraka adalah Muallaf sehingga pelajaran diawali dari Iqra I tingkat dasar
berdasarkan keputusan dari instruktur dan pertimbangan dari ketua Dewan Penasehat DWP, seluruh peserta dianggap lulus dan direkomendasikan untuk terus mengikutinya hingga masih baca AlQuran.
Khsusus mengenai Yasinan sendiri, Kegiatan digelar sebagaimana biasanya yaitu diawali dengan shal magrib bersama, kemudian dilanjutkan dengan baca yasin masal, hingga saat Isa dan sholat bersama kemudian disi dengan ceramah namun ikali ini digelar khusus untuk ujian EBTA IQRA setelah itu diakhiri dengan santap malam bersama.

Read More »
Jumat, Maret 28, 2008 | 0 Komentar

27 Maret, 2008

RAHMI DILANTIK MENJADI KETUA PIK-KRR DAN PT-P2A


Ketua dan Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijti David Bobihoe dan Maryam Sofyan Puhi, Kamis kemarin bertempat di Auditorium menara Keagungan Limboto melalui surat keputusan Bupati Gorontalo No. 314/10/11/2008 dilantik sebagai ketua dan wakil ketua pengurus pusat informasi dan konseling kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR) dan pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak (PT-P2A) Kabupaten Gorontalo oleh Wakil Bupati Gorontalo Sofyan Puhi. 2703. yang turut dihadiri oleh kepala BKKBN Provinsi bapak Drs. Hi. Moh Yamin Waisale.
Rahmijati dilantik bersama pengurus PKK dan unsur dinas kesehatan, termasuk ketua Dharmawanita Persatuan Kabupaten Gorontalo Ny. Ramlah Utiarahman Bakari dalam penjelasannya Rahmijati mengatakan bahwa kesediaannya untuk meminpin dua lembaga tersebut karena tugas dan fungsi lembaga tersebut ada hubungannya dengan 10 program PKK yang saat ini dipimpinnya, khsusnya dalam program bina keluarga remaja (BKR) atau dikenal dengan kader Gema Rhmi yang ada disetiap kecamtan, juga berhubungan dengan program penganggulangan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).
Usai pelantikan kegitan dilanjutkan dengan peresmian gedung PIK-KRR ,PT-P2A yang berlokasi di samping sekertariat PKK Kabupaten Gorontalo yang dilakukan oleh Ketua terpilih Ny. Rahmijati David bobihoe disaksikan langsung oleh Wakil ketaua PKK Maryam Puhi, Wakil ketua II Ny. Ramalah utiarahman, Ketua Badan Pemberdayaan Peempuan Kabuapten gorntalo Ny. Roswati Lasimpala, MH serta pihak BKKBN Provinsi, yang dilanjutkan dengan peninjauan ruangan gedung. Dalam sesi ini kepada pihak BKKBN Provinsi Rahmi menjelaskan bahwa fasilitas informasi saat ini yang ada digedung pusat informasi adalah jenis majalah wanita dari berbagai redaksi, yang membahas khusus tentang masalah kewanitaaan secara mendetail dan mendalam. Seain itu pula Rahmijati mengutarakan harapannya kedepan agar perempuan dikabupaten gortnalo benar-benar memperoleh kepastian hukum dengan adanya lembaga ini.
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Wanita Kabupaten Gorontalo menjelaskan masing-masing fungsi dari dua lemaga tersebut meliputi PIK-KRR adalah untuk memberikan informasi kesehatan reproduksi (KRR) , keterampilan kecakapan hidup (life skill), pelayanan konseling dan rujukan KRR serta untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan lain yang khas dan sesuai minat dan kebutuhan remaja untuk mewujudkan tegar remaja dalam rangka tercapainya keluarga berkualitas, sementara itu PT-P2A memliki tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dan perlindungan perempuan dan anak melalui ketersediaan wadah kegiatan pelayanan terpadu perlindungan perempuan dan anak.

Read More »
Kamis, Maret 27, 2008 | 0 Komentar

RAHMI ”PAUD KABUPATEN GORONTALO MASIH YANG TERBAIK NASIONAL


Ketua PKK Kabupaten Gorontalo NY. Rahmijati David Bobihoe didampingi oleh Wakil ketuanya Ny. Maryam Sofyan Puhi dalam kapasitasnya sebagai ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo menerima 4 orang Tim Fasilitator Masyarakat (TFM) Kabupaten Gorontalo yang baru saja mengikuti pelatihan dan training lapangan selama sebulan di Makasssar bertempat di Gedung Forum PAUD Kabuapten Gorontalo. Kamis, 2603.
TFM tersebut merupakan hasil penjaringan dari PPAUD Kabupaten Gorontalo melalui seleksi yang ketat, dengan masa kontrak selama 3 tahun yaitu 2008-2010 yang saat ini akan difungsikan sebagai tenaga fasilitator untuk mensosialisasikan program PAUD di 20 desa sasaran se kabuapten gorontalo mereka adalah Bapak Haji Ismail Sidiki, Arfan Habibi, Fitra Nggole dan Isnawati Tombokan,, jelas Drs. Gafra Sidik. Kepala bidang PLS Dinas Diknas Kabupaten Gorontalo yang turut serta bersama tim.
Dihadapan konselor tersebut Rahmijati melakukan dialog secara langsung perorang mengenai pengalaman yang mereka alami baik pada saat pelatihan awal 200 jam pertama, juga pengalaman mereka ketika mengikuti uji kemampuan sebagai konselor usai pelatihan selama 300 jam didesa-desa diwilayah kabupaten Jeneponto provinsi sulawesi Barat. Dari hasil dialog tersebut, terungkap berbagai fakta seperti wilayah meraka ditempatkan merupakan wilayah yang yang belum memiliki Pos pendidikan anak usia dini, sehingga mereka harus bekerja keras untuk mensosialisasikan PAUD karean karean hal tersebut merupakan tugas yang diembankan bagi meraka. Selain itu pula melalui TFM utusan Kabupaten Gorontalo tersebut terungkap bahwa pandangan para pelatih dan sesama TFM utusan daerah lain memang diakui bahwa Nama Kabuapten gorontalo terkenal hingga ketingkat nasional khsus dalam program PAUD.
Ucapan salut dari dirjen PAUD terhadap PAUD di Kabupaten Gorotnalo terungkap melalui kepala bidang PLS Gafra Sidik, dimana dirjen mengakui Kabupaten Gorontalo karena adanya perhatian pemrintah Daerah terhadap program PAUD dengan memberikan dana sharing lebih dari daerah lainnya setanah air termasuk provinsi kalimantan timur yang terkenal sebagai provinsi terkayayang hanya menganggarkan dan untuk PAUD sebesar 250 juta, sementara untuk kabupaten Gorontalo mencapai 3,3 miliar.
Sehubungan dengan pertemuan tersebut Rahmijati mengatakan bahwa kegitan tersebut memang merupakan permintaannya ssebelumnya, dimana dari empat fasilitor tersebut, Rahmijati ingin melihat lebih dekat kemampuan dan kecakapan masing-masing yang menurutnya sukup diandalkan, terbukti dengan terpilihnya salah seorang dari TFM dipercayakan untuk menjadi koordinator wilayah beranggotakan TFM dari
Wilayah lainnya.

Read More »
Kamis, Maret 27, 2008 | 0 Komentar

26 Maret, 2008

POKJA III PANEN SAYUR DIKEBUN PKK


Kebun PKK Kabupaten Gorontalo, kembali menghasilkan.. Sayuran jenis terong dan kacang panjang serta jenis tanaman lainnya sudah menunjukan tanda-tanda sudah layak panen, namun dari hasil pantauan PKK Kabupaten Gorontalo jenis sayuran terong yang saat ini harus menjadi prioritas. Oleh sebab itu, pagi kemarin rombongan Pokja III yang dipimpin langsung oleh coordinator Pokja III Ny. Farida Bobihoe Rahmola yang juga sebagai wakil ketua III PKK Kabupaten Gorotnalo didampingi oleh anggiota Pokja lainnya seperti Ny. Deisye mudeng dan Ny. Olma Mangindaan melakukan panen sayur terong. Rabu 2603.Turut dalam rombongan tersebut Koordinator Pokja IV PKK Kabuapaten Gorontalo, Ny. Evi Lukum Neu yang turut bergambung dengan Pokja III..
Proses panen dilakukan secara sederhana, yaitu dengan cara memetik terong sekaligus dengan tangkai buah, dimaksudkan agar sayur tidak mudah layu, hasil panen dikumpulkan dalam keranjang yang telah disiapkan dan kemudian dibawa kesekretriat PKK untuk disterilkan dengan cara dibersihkan permukaan dengan menggunakan air bersih, kemudian dikemas dalam tas plastic dengan harga 5000 rupiah perzak. Pemasannya kali ini hanya berada dilingkungan kantor saja, yang meliputi kepala badna dinas terdekat, serta anggota PKK lainnya. Hal tersebuit dilakukan mengingat masih dalam jumlah yang sedikit, sehingga tidak menimbulkan kekecewaan dari pihak lain, dimana selama ini hasil dari kebun PKK selalu dipenuhi pesanan, sebab menurut para pelanggan yang ada disekitara ibu kota kecamatan limboto, hasil kebun PKK meyakinkan dari segi sterilnya, karean diawali langsung oleh PKK setiap waktu” Jelas Farida yang lebih akrab dipanggil tante dida selaku senior dalam keanggotaan PKK. Ny. Farida juga menambahkan bahwa dari hsil peninjauannya selain jenis sayur, tanaman untuk jenis pisang Goroho yang ada dikebun PKK saat ini juga sudah layak panen, hal tersebut dioperolehnya dengan tanda bahwa daun pisang sudah mulai kering.
Saat dikonfirmasi mengenai jumlah pendatan yang diperileh PKK dari hasil penjualan Farida mengatakan bahwa jumlahnya sangat minim, namun sudah cukup untuk membeli kembali bibit sayuran untuk ditanam di kebun PKK dan lainnya untuk mengisi Kas PKK tukasnya.

Read More »
Rabu, Maret 26, 2008 | 0 Komentar

RAHMI : DASAWIMA PKK KABUPATEN GORONTALO MILIKI 9 BUKU

Buku pegangan untuk setiap ketua Dasawisma yang ada di Kabupaten Gorontalo saat ini diharuskan untuk memliki 9 jenis buku. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat ditemui di sekertriat PKK kabupaten Gorontalo saat dikonfirmasi sehubungan dengan rencana penilaian lomba adminstrasi PKK Kecamatan yang direncanakan pada bulan April mendatang. kemarin Rabu 2603.
Rahmijati mengakui pernyataan tersebut memang nyatanya sangat kontroversi dengan aturan yang ditetapkan oleh kepengurusan PKK pusat dimana setiap dasawisma, diwajibkan cukup memiliki 3 buku saja yang meliputi buku catatan keluarga anggota dasawisma, buku catatan kegiatan dasawismaserta catatan tentang ibu hamil, meninggal melahirkan, nifas serta bayi. Namun menurut Rahmi dari hasil rakernas pula setiap PKK kabupaten diberikan kewenangan untuk melakukan inovasi sendiri guna keberlangsungan program, dengan tidak mengabaikan ketiga buku pokok tersebut. Dari 6 buku tambahan yang menjadi kebijakan PKK Kabuapten tersebut adalah buku tamu, buku daftar hadir, buku notulen, buku kegitan, buku jimpitan serta buku kas umum.
Rahmi pula menjelasakan, semua buku tersebut mirip dengan buku yang dimiliki oleh PKK desa, hal ini dimaksudkan agar dasawisma juga mengimplementasikan kegiatan yang dilakukan oleh ketua PKK desa, selain itu pula dengan keberadaan 6 buku tersebut akan diketahui dengan jelas aktif tidaknya sebuah dasawisma. Rahmi diakhir penjelasannya mengatakan dasawisma saat ini menjadi perhatian utama, hal ini disebabkan oleh karean dasawisma merupakan ujung tombak dari segalanya, baik oleh PKK sendiri juga oleh pemerintah daerah, sebab meraka merupakan sumber dari keakuratan danta, jika meraka aktif semua program pasti lancar. Jelas Rahmi

Read More »
Rabu, Maret 26, 2008 | 0 Komentar

25 Maret, 2008

RAHMI TINGKATKAN KINERJA PKK MELALUI KEMANDIRIAN POKJA

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe untuk terus menggenjot kinerja dari pengurus PKK Kabupaten, melakukan penguatan kepengurusan PKK melalui PokJa-Pokja. Meskipun hal tersebut bukan merupakan sesuatu yang baru, namun hal ini dilakukan seiring dengan adanya pergantian dalam kepengurusan PKK, khsususnya untuk jabatan wakil ketua II yang secara rutin di pegang oleh Ketua DWP Kabupaten Gorontalo, selian itu pula hal tersebut dilakukan dengan alasan dari hasil pantauan dari ahasil evaluasi kegitan PKK khsusnya program Pokja masih ada yang belum mencapai hasil maksimal seperti yang diharapkan kareana antar internal anggota Pokja masih ada unsur ketergantungan antar anggota Pokja. Hal tersebut terungkap melalui harapan ketua PKK Kabupaten gorontalo NY. Rahmijati David Bobihoe saat memimpin rapat perumusan program di sekretariat PKK 1802
Sehingganya Rahmi mengatakan bahwa sudah saatnya setiap Pokja harus mandiri melakukan semua programnya, sehingga setiap anggota yang telah berkecimpung didalammnya merasa bertanggungjawab atas setiap program Pokja karena secara penuh tanggungjawab program diserahkan kepada Pokja masing-masing, sebab dari perencanaan pelaksanaan hingga evaluasi terlebih dahulu dilakukan oleh Pokja itu sendiri, kemudian hasil kegitan bersih dilaporkan kepada ketua PKK melalui koordinator pokja masing-masing sebagai dasar pertimbangan perencanaan program selanjutnya, namun juga harus tetap dibarengi dengan koordinasi. Jelas Rahmi
Rahmijati dalam penjelasannya pula mengatakan bahwa hal tersebut dilakukanya semata-mata untuk mengaktifkan seluruh anggota PKK hingga terjadi harmonisasi kerja, serta yang paling vital adalah diharapkan kader PKK kabupten kelak menjadi masyarakat yang cerdas dalam berorganisasi sehingga menjadi contoh teladan ditengah masyarak jelasnya.


Read More »
Selasa, Maret 25, 2008 | 0 Komentar

24 Maret, 2008

RAHMI ANTISIPASI SERANGAN HAMA BUNGA

Penataan bunga disepanjang jalan utama limboto setiap waktu tak luput dari pantuan PKK Kabuapaten gorontalo. Terbukti dengan pemantauan secara rutin yang dilakukan oleh ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David bobihoe setiap hari, dengan cara melintasi lokasi sepanjang jalan utama dari lokasi wilayah kelurahan Hunggaluwa Hingga di wilayah kelurahan dutulanaa. Selain itu pula jadwal pemeriharaan berupa petugas penyiram serta bakti sosial secara terorganisir diatur disekertariat PKK Kabupaten Gorontalo. Namun pada pantauannya yang berlangsung Senin 2503 Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati harus menerima kenyataan dimana dari hasil pemeriksaannya Rahmi menemukan sejumlah 20 bunga yang kritis bahkan ada yang sudah mati, padahal sesuai pematauan pada hari sebelumnya, keadaan dari bunga tersebut tidak seganas itu, sehingga merusak pemandangan. find and action itu lah perintah yang keluar dari Ketau PKK Kabupaten gorontalo, sehingga disaat tersebut petugas kebersihan pemda langsung terjun membantu PKK. Menyinggung tentang penyebab rusaknya tanaman bunga tersebut Rahmi mengatakan tanaman mati akibat dari serangan hama burung putih yang menghancurkan batang serta daun dalam waktu singkat, sehingga jika tidak segera dilakukan pencegahan maka seluruh bunga disepanjang median limboto terancam mati, sehingga nya Rahmi mengatakan bahwa dirinya telah meminta pihak Badan Lingkungan hidup untuk melakukan tindakan pencegahan, yang ditindaklanjuti dilakukan penyemprotan hama untuk seruruh bunga yang ada di median jalan pada saat itu juga.Menyinggung tetang sumber bibit bunga yang ditanam tersebut Rahmijati mengatakan bahwa bunga tersebut dibeli atas inisiatifnya sendiri atas nama PKK, sebab menurutnya akan sia-sia apa yang dilakukan oleh PKK jika setiap program hanya digelar begitu saja tanpa dilakukan pengwalan dan pengawasan serta evaluasi dan keindahan kota itu bukan saja diukur dari pentaan kota saja, tetapi juga sangat tergantung pada penataan tanaman bunga, tukas Rahmi

Read More »
Senin, Maret 24, 2008 | 0 Komentar

RAHMI SAKSIKAN FESTIVAL WALIMA BERSAMA DEPUTI RI DI BONGO


Perayaan Maulid Nabi di Kabupaten gorontalo hingga saat ini masih semarak selain diperingati merata diwilayah kabupaten Gorontalo juga untuk tingkat provinsi digelar diwilayah Kabupaten gorontalo yaitu di Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai dalam rangkaian kegiatan festival walima dihadiri langsung oleh Ketua PKK Kabupaten gorntalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mendampingi Bupati. Lebih semarak lagi kegitan festival tersebut tersebut, karena selain dihadiri oleh ketua PKK Kabuapaten lainnya, juga dihadiri secara langsung oleh staf ahli deputi bidang multi kultur Dra, Sri Rahayu M, dan penasehat spritual presiden RI. Minggu 2304
Ketaua PKK Kabuapaten gorotnalo. Ny. rahmijati David bobihioe dalam penjelasannya mengatakan bahwa untuk terus mempertahankan budaya daerah, tiada cara lainnya selain melestarikannya dan menjadikan anak-anak dan generasi muda cinta dan menguasai budaya daerahnya yang berpegang teguh pada berfalsafah 'adat bersendikan sara',_sara' bersendikan kitabullah. Rahmi menjelasakan PKK Kabuapten sendiri terus berusaha untuk melestarikan budaya daerah khsusnya perayaan maulid ini secara adat dengan ikut serta mempersembahkan walima RAksasa para pelaksanaan perdana peringatan MKhusus mengenai festifal Walima Rahmijati memberikan komentarnya bahwa desa Bongo telah sejak dahulu memiliki spesifikasi tersendiri dalam menyajikan walima bagi masyarakat selain itu pula karakteristik masyarakatnya memiliki keramahtamahan yang luar biasa sehingga desa ini pantas untuk dijadikan sebagai desa religius oleh pemerintah kabupaten gorontalo.
Lebih jelas lagi rahmi mengatakan bahwa secara nasional Desa bongo telah dikenal sebagai daerah wisata Religi, sehingga diharapkan masyarakatnya benar-benar mampu menjiwai layaknya kehidupan yang religi dan agamis tersebut. Selain itu pula Rahmi menekankan bahwa salah satu syarat dari daerah wisata adalah rasa aman, sehingga dapat menimbulkan daya tarik tersendiri bagi Desa Bongo dan Kecamtan Batudaa Pantai

Read More »
Senin, Maret 24, 2008 | 0 Komentar

23 Maret, 2008

RAHMI AKTIFKAN TAMAN BERMAIN ANAK SETIAP HARI


Suasana Lokasi taman bermain anak sejak pukul 05:30, minggu 2403 kemarin berubah total. Pasalnya jumlah anak yang mengunjungi dilokasi tersebut berbeda dengan sebelumnya dimana biasanya hanya nampak beberapa anak saja, kini taman bermain layaknya tempat pertunjukan yang dikerumuni oleh oleh anak-anak dan orang tua serta pendidik PAUD. Selain itu pula terdapat fasilitas bermain seperti game elektronik yang menggunakan media komputer, serta 2 buah mobil perpustakaan milik dari perpustakaan daerah serta SKB Limboto. Apa yang sebernarnya terjadi, ternyata hal tersebut merupakan salah satu program dari PKK Kabupaten Gorontalo yang dintergrasikan dengan kegiatan Forum PAUD, kerjasama dengan Pemerintah Daerah dan Diknas Kabupaten Gorontalo dimana mulai pada hari tersebut lokasi taman bermain anak-anak yang berada di pelataran menara keagungan akan diaktifkan secara totalitas dibuka bagi umum untuk menjadi media tempat bermain dan belajar anak-anak setiap hari.
Hal tersebut diperoleha dari informasi dari Ketua PKK Kabuapaten Gorontalo yang juga sebagai ketua Forum Paud Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe melalui via telepon.
Rahmi mengatakan bahwa mulai saat ini taman bermain anak akan diaktifkan setiap hari, dan diberikan kewenangan kepada dinas Dikanas Kabupaten Gorotnalo untuk mengimplementasikan program tersebut selaku penanggungjawab kegiatan, sebab sasaran utmanya adalah PAUD yang melekat pada dinas tersebut. Selain itu pula Rahmijati mengatakan bahwa program tersebut digelar seiring dengan fasilitas bagi anak berupa perustakaan keliling, games dan panggung pentas serta APE Lainnya. “misi saya bagaimana taman bermain anak benar-benar menjadi pusat tempat bermain anak “ Jelas Rahmi.
Kepala bidang PLS diknas Kabupaten gorotnalo Bapak Gafra Sidik saat ditemui dalah kegitan tersebut mengatakan bahwa pihak diknas telah menagatur jadwal pengawasan bagi pendidik PAUD, yang bertugas pada pagi dan sore untuk setiap harinya. Dari bincang-bincang bersama dengan bapak yang dijuluki bapak PAUD oleh ketua PKK tersebut, muincul kepermukaan bahwa lokasi tersebut kelak akan dibangun PAUD percontohan kabupaten Gorntalo

Read More »
Minggu, Maret 23, 2008 | 0 Komentar

21 Maret, 2008

ANAK-ANAK GENERASI BUDAYA MASA DEPAN


MAULID RAHMI-MARYAM BAGI-BAGI BENDERA UANG
Rahmi” Anak-anak generasi budaya daerah masa depan”
Masih dari rangkaian peringatan Maulid NabI SAW di Kabupaten Gorotnlao, PKK Kabupaten Gorontalo bukan saja membuat Walima Raksasa, tetapi juga dari Ketua PKK Kabuapaten Gorotnalo Ny. Rahmjati David Bobihoe membuat suatu yang menarik bagi anak-anak yang turut hadir menyaksikan perosesi peringatan Maulid secara tradisional yaitu bendera yang terbuat dari uang pecahan 1000 rupiah dan 5000 ruapiah sejumlah 200 bendera yang dibagikan usai pelaksanaan ritual doa bersama bertempat di mesjid baiturahim Limboto.Kamis 1703.
Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan bahwa ide tersebut muncul dari pengalaman para peringatan kegitan yang sama- ditahun-tahun sebelumnya dimana anak-anak turut hadir untuk menyaksikan prosesi tersebut, ada yang memeang ikut bersama orangtuanya dan ada yang hanya sekedar datang untuk menyaksikan, sehingga dengan adanya hadiah tersebut diharapkan anak-anak lebih termotivasi untuk dan menyaksikan secara langsung prosesi adapt tersebut.
Rahmi pula mejleakan bahwa mengapa dirinya sangaja menharapkan kehadirian anak-anak, sebab menurutnya, anak-anak saat ini merupakan generasi penerus budaya diwaktu akan datang, dari proses melihat secara langsung budaya leluhurnya tanpa disadari meraka telah menjadi kader penerus budaya kedepan, selain itu pula dimasa-anak-anak ini merupakan kesempatan emas bagi para orang tua untuk membina anak menjadi cinta budaya gorontalo, dimana masa anak-anak adalah masa penuh ingin tahu, sehingga mereka akan meniru hal-hal yang baik pula” jelas Rahmi
Diakhir penjelasannya Rahmi mengatakan bahwa hal ini dilakukan saat ini adalah tahap percobaan, sehingga dengan melihat kenyataan yang ada dengan antusias orang tua dan anak-anak, maka kedepan akan dibuat dalam jumlah yang lebih besar lagi” Jelas Rahmi.

Read More »
Jumat, Maret 21, 2008 | 0 Komentar

20 Maret, 2008

RAYAKAN MAULID NABI PKK BUAT TUMPENG RAKSASA


Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhamad SAW 12 Rabiul Awal 1413 H, bertepatan dengan tanggal 2003. PKK Kabupaten Gorontalo memberikan partisipasinya khsusnya dalam hal pengadaan kue tumpeng “Walima” yang diberikan kepada seluruh masyarakt yang turut melakukan ritual Doa bersama di mesjid tepatnya di Mesjid Baiturahman Limboto. Kue tumpeng yang dibuat Oleh PKK tersebut berukuran raksasa dengan tinggi 3 meter yang diberi identitas logo PKK, di isi dengan beragaman jenis kue adat, serta sejumlah sembako berupa beras, sehingga saat dipajangkan didalam mesjid, kue tumpeng lainnya nyaris terlindungi. Selain itu pula melihat anak anak-anak membanjiri masjid Rahmijati sendiri membuat surprise dengan menyediakan hadiah khsusus berupa bandera yang terbuat dari uang kertas sehingga lebih memeriahkan suasana dengan suar riuh anak-anak .
Ketua PKK Kabuapten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe saat ditemui ketika menghadiri doa maulid nabi bersama di mesjid raya Limboto mengatakan bahwa PKK Kabupaten Gorontalo merasa terpanggil untuk turut mengembangkan budaya adat daerah khusnya dalam bentuk upacara peringatan hari besar islam sebagaimana yang diprogramkan pemerintah, sebab menurut Rahmi melalui peringatan Maulid nabi tersebut kita dapat memetik keteladan pribadi Rasul yang mampu membawa umat manusia dari alam gelap kealam yang terang dengan cahaya islam. Sementara itu khusus mengenai kue tumpeng karya PKK tersebut Rahmi menjelaskan bahwa hal merupakan hasil persetujuan bersama seluruh POKJA yang telah dibahas melalui rapat. Tumpeng tambah Rahmi memiliki hikmah bahwa sesama muslim harus saling membantu” Jelas Rahmi
Sementara itu Wakil ketua PKK Kabuapten Gorontalo Ny. Maryam Puhi juga melakukan perayaan kegiatan yang sama di mesjid besar Kecamtan Telaga Jaya tepatnya di desa Luwoo, yang turut pula dihadiri oleh Ketua PKK Kabuapten gorontalo dan pem,eritnah daerah usai melakukan doa bersama di mesjid raya limboto.

Read More »
Kamis, Maret 20, 2008 | 0 Komentar

19 Maret, 2008

FORUM PAUD MINTA INVOASI DIKNAS FOR TAMAN BERMAIN


Keinginan dari Ketau PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe untuk menjadikan taman bermain anak untuk lebih nampak fungsinya sebagai pusat bermain anak Kabupaten Gorontalo secara nyata ditindaklanjuti dengan serius oleh ketua PKK sendiri, terbukti dengan surat permintaan partisipasi kepada dinas lintas sector terkait dengan pengisian kegiatan dilokasi taman bermain anak untuk setiap hari minggu. Rahmijati mengirimkan surat permintaan dalam kapasitasnya selaku ketua Forum PAUD Kabupaten Gorontalo kepada dinas diknas kabupaten gorontalo yang intinya menyerahkan sepenuhnya pengelolaan penyelenggaraan kegiatan ditaman bermain anak secara rutin setiap hari minggu, kerjasama dengan kantor perpustakaan Daerah Kabupaten Gorotalo melalui fasilitas yang dimiliki, untuk menarik minat anak-anak untuk bermain dan berkreasi melalui metode belajr sambil bermain. Sesuai catatan yang ada di sekertriat PKK Kabupaten fasilitas berain anak yang dihadirkan secara rutin pada hari minggu tersebut adalah fasilitas mobil perpustakaan 2 unik milik dari kantor perpustakaan daerah dan SKB Limboto, game computer terdiri dari 3 unit, serta fasilitas lainnya seperti panggung pentas yang dilengkapi dengan organ dan perlengkapan lainnya yang memang sudah ada di lokasi tersebut seperti Alat Permainan Edukatif Luar permanent.
Sementara itu dari dinas Diknas Kabuapaten Gorotnalo melalui Kepala bidang PLS Gafra Sidik terungkap bahwa surat permintaan tersebut telah diterima oleh pihak Diknas, dan untuk menindaklanjutin hal tersebut, pihaknya telah menyusun jadwal petugas pengisi acara yang berasal dari lembaga PAUD dan SD secara rutin, yang mewajibkan seluruh pendidik untuk turut memandu dan mendampingi anak didiknya selama kegitan berlangsung

Read More »
Rabu, Maret 19, 2008 | 0 Komentar

18 Maret, 2008

DWP GELAR PELATIHAN MEMBUAT KUE PANGSIT


Rahmi “selain membuat jelaskan pula seluk beluknya”
Untuk mengimbangi Program PKK Kabuapaten Gorotnalo Dharmanita Persatuan Kabuapten Gorotnalo saat ini terus melakukan berbagai program khsusnya dalam pendidikan melalui berbagai pelatihan keterampilan bagi ibu-ibu. Hal tersebut dibuktikan dengan pelatihan keterampilan membuat kue pangsit dipandu oleh oleh anggota DWP bidang pendidikan Ny. Heni Olii dan diikuti oleh ibu-biu dasawisma sekecamtan bongomeme bertempat didesa dulamayo kecamatan Bongomeme pada pelaksanaan Government Mobile pekan lalu. Jumat 1303.
Ketua DWP Kabupaten Gorontalo Ny. Ramlah Utiarahman Bakari saat dikunjungi oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dilokasi pelatihan mengatakan bahwa pelatihan tersebut melekat pada program bidang pendidikan DWP Kabuapten Gorontalo, serta menjadikan kue pangsit sebagai objek latihan dengan alas an bahwa kue pangsit merupakan jenis kue yang digemari oleh seluruh kalangan masyarakat karean terkenal unik dan enak, tetapi jarang ibu-ibu yang mampu membuatnya. Sementara itu Ketua PKK Kabuapaten Gorontalo sendiri Ny. Rahmijati David Bobihoe saat mencoba untuk menikmati kue pangsit karya DWP mengatakan bahwa ibu-ibu yang sementara mengikuti pelatihan tersebut, juga seharusnya dibekali dengan pengetahuan tentang seluk beluk kue pangsit, sehingga bukan saja bias membuta tetapi juga bisa menjelaskan, sehingga tidak dikatakan sebagai budaya meniru.

Read More »
Selasa, Maret 18, 2008 | 0 Komentar

PKK GELAR SENAM EROBIK MASSAL


PKK GELAR SENAM EROBIK MASSAL
Rahmi “Kesehatan itu sangat berharga”
PKK dan DWP Persatuan Kabupaten Gorontalo beberapa pecan lalu menggelar senam erobik massal yang diikuti oleh seluruh anggota pengurus PKK Kabupaten Gorontalo dan Dharma wanita persatuan, guru PAUD, siswa serta masyarakat kecamtan Limboto, bertempat di pelataran menara keagungan Limboto. Minggu 1603.
Kegiatan yang dipelopori oleh PKK bersama dengan mitra dengan dealer merk kenderaan ternama tersebut, menghadirikan pelatih sanggar senam fun Erobik . Ketua dan Wakil ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam Puhi, turut mengikutinya dengan penuh seksama, terbukti dengan tampil sebagai peserta pada baris terdepan. Rahmijati dalam penjelasannya mengatakan bahwa PKK Kabupaten Gorotnalo sengaja menggelar kegiatan senam erobik ini dengan maksud untuk membiasakan diri seluruh anggota PKK dan DWP untuk selalu menjaga kesehatan tubuh, sebab sebagaimana diketahui bahwa perkembangan fisik seiring dengan usia yang terus bertambah, badan harus selalu dibiasakan untuk bergerak sehingga tetap luwes dan bersemangat, apalagi bagi meraka yang menderita penyakit maka diperlukan terapi penyembuhan yang biasa dilakukan melalui berolah raga. Selain itu pula Rahmijati mengatakan bahwa dengan banyaknya agenda kegitan yang dilakukan oleh PKK dan DWP, maka salah satu jalan untuk menjadikan pikiran lebih rileks adalah dengan berolah raga khususnya senam, sehingga peredaran darah akan normal” Jelas Rahmi.
Diakhir penjelasannya Rahmijati mengharapkan kepada seluruh anggota PKK dan DWP agar selalu menjaga kondisi fisik dengan cara beroleh raga, sebab sehat itu mahal, maka jangan melakukan pencegahan terhadap penyakit saat telah diserang penyakit, tetapi harus selalu waspada sejak dini untuk selalu menjaga kesehatan dan kepada sanggar senam Rahmi mengharapkan agar dalam gerakan senam, harus dipilah antara gerakan senam bagi kaula muda dan bagi ibu-ibu.

Read More »
Selasa, Maret 18, 2008 | 1 Komentar

17 Maret, 2008

RAHMI SEHARI TERJUN KEDUNIA ANAK


Ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahijati David Bobihoe Minggu 1603 kemarin terjun kedunia anak-anak berdendang ria bersama dengan anak-anak PAUD dan SD. Rahmi didampingi oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi dan Ketua DWP Ny. Ramlah Utiarahman Bakari berbaur dengan anak-anak bermain bersama, membaca bersama serta melatih olah vokal anak-anak, sebagaimana kemampuan yang dimiliki. Bertempat di lokasi di Taman bermain anak kompleks pelataran menara keagungan Limboto.
Selain fasilitas bermain yang telah ada, suasana lebih meriah dengan hadirkannya mobil pintar milik perpustakaan Kabupaten Gorontalo yang di lengkapi dengan peralatan permainan berupa Game melalui media computer yang berjumlah 3 buah serta mobil perpustakaan keliling miliki SKB Limboto yang di awasi langsung kepala badan dinas masing-masing,sehingga dalam sehari lokasi tersebut menjadi lautan anak.
Dalam penjelasannya Rahmijati mengatakan bahwa dirinya merasa gembira dengan keceriaan anak-anak dimana yang dengan polosnya anak-anak langsung melakukan berbagai aktifitasnya, ada yang lebih suka membaca, bermain game danbahkan ada yang memperlihatkan bakatnya dengan tampil diatas pentas dan bernyanyi,sehingga dalam kesempatan tersebut Rahmijati merasa seolah ada dalam dunia anak. Selain itu pula Rahmijati mengatakan bahwa dengan taman hiburan anak seperti ini kelak anak-anak semakin kreatif dimana meraka belajar sambil bermain, dengan memperolehpendampingdari pendidik PAUD.
Diakhir penjelasannya Rahmi mengatakan bahwa kegiatan taman hiburan anak-anak ini kedepan akan terus dilanjutkan, sehingga saat ini Rahmi mengatakan bahwa dirinya telah menunjuk dinas pendidikan nasional sebagai penanggungjawab kegitan yang yang secara rutin akan digelar pada setiap hari minggu,yang juga akan di siarkan langsung oleh Radio lokal Smek FM secara live tukas Rahmi

Read More »
Senin, Maret 17, 2008 | 0 Komentar

PKK TELAGA BANJIR HADIAH

Setelah dinyatakan sebagai pemenang lomba PKK-KB Kes tingakat provinsi gorontalo PKK Kecamatan Telaga melalui utusannya PKK Desa, kembali memperoleh bantuan dari PKK Provinsi Gorontalo,yang terbukti dengan penyerahan bantuan berupa sebuah masin jahit dan kipas angin terhadap usaha peningkatan pendapatan Keluarga (UPPKS) desa Mongolato yang diserahkan langsung oleh Wakil Ketua PKK Provinsi Ny. Nani Mokodongan, Kemarin Senin 1703 bertempat digedung sekretriat PKK Desa Mongolato
Ketua PKK Kecamtan telaga ny.Fera febrianty luawo kepada koran ini mengatakan bahwa bantuan tersebut diserahakan sebagai bentuk penghargaan terhadap keaktifan kegiatan UPKP desa Mongolato sesuai hasil peninjauan secara langsung oleh pihak PKK provinsi. Vera juga menguraikan bahwa PKK Kecamatan Telaga sehubungan dengan prestasi yang ada sebelumnyatelahmenerima hadiahberupa sebuah kulkas,wireless 3 buah serta piala padabulan pebruari lalu.

Read More »
Senin, Maret 17, 2008 | 0 Komentar

15 Maret, 2008

GENCARKAN GSI RAHMI SARAN DIKES KERJASAMA KUA


Rahmi “Pembinan Perkawinan Dan Sosialisasi GSI Dilaksanakan Sekaligus”
Dalam pelaksanaa PKK Mobile di Bongomeme memberikan inspirasi tersendiri bagi ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dengan lahirnya ide terbaru dalam hal mengoptimalkan sosialisasi dalam keluarga tentang kesehatan dan penanganan ibu hamil sejak dini dalam rangka meningkatkan gerakan program GSI ditingkat masyarakat di pedesaan yang juga merupakan sal;ah satu tugas dari POKJA IV. Ide tersebut adalah permintaan dari ketua PKK Kabupaten gorotnalo agar Satgas GSI ditingkat desa bekerja sama dengan KUA setempat. Hal ini diutarakan oleh Ketaua PKK Kabuapten gorontalo Ny. Rahmijati David Bobohoe dalam sambutannya saat menghadiri sosialisasi Gerakan Sayang bagi satgas GSI desa yang dihadiri oleh 76 peserta se kecamtan bongomeme bertemapt di POSKO GM Badan Pemberdayaan Perempuan Kabuapten gorontalo di desa Dulamayo bongomem. Sabtu 1403.
Ide tersebut menurut rahmi muncul berdasarkan kajian fakta lapangan bahwa setiap pelaksanaan pesta perkawinana calon pasangan suami istri pada prosesi awal diberikan pembinaan oleh petugas KUA setempat, yang lebih dikenal dengan nasehat perklawinan. Dari pemberian nasihat tersebut, Rahmi menyarankan tidak ada salahnya jika pelaksanan nasehat perkawinan tersebut disertai dengan pembinan kesehatan keluarga khsusnya tentang hal-hal yang perlu dilakukan oleh calon ibu ketika kelak hamil. Sehingga dalam keluarga akan nampak suatu perencanan”Program ini juga sangat efektif untuk menangani pasutri yang bermasalah dalam tanda kutip”Jelas Rahmi sambil bercanda.
Rahmi mengatakan bahwa jika kelak halo tersebut kelak diwujudkan, maka satgas GSI desa tidak terlalu bersusah payah untuk melakukan sosialisasi secara berulang-ulang, apalagi satgas memiliki insentif. Selain itu pula Rahmi kepada pihak dinas kecamatan dalam rangka mendukung gerakan tersebut mengharapkan kiranya mengadakan buku saku tetang GSI yang kelak akan diserahkan kepada setiap calon pasutri pada saat pelaksaan pembinaan tersebut.

Read More »
Sabtu, Maret 15, 2008 | 0 Komentar

PKK DAN LAMAHU GELAR PENGOBATAN DAN OPERASI GRATIS


PKK Kabupaten Gorontalo, kerjasama dengan Lamahu Jakarta menggelar operasi dan pengobatan gratis bagi masyarakat miskin penderita penyakit bibir sumbing, katarak dan Hernia, yang dimulai pada Sabtu 1503 bertempat di rumah sakit M.M Dunda Limboto. Pengobatan dan operasi dilakukan oleh Lamahu Jakarta dengan mendatangkan para dokter ahli yang tergabung dalam OBI. Terhadap sejumlah 346 Pasien sekabuapten Gorotnalo Ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mengatakan bahwa pasien yang terdaftar melalui penjaringan oleh PKK dari tingkat kecamatan dan desa se kabupaten gorotnalo yang sebagian besar adalah penderita katarak dari golongan lansia.
Sebagai bentuk perhatian serius dari PKK, pada saat yang sama Ketua PKK Rahmijati sebelum melakukan agenda kerja PKK Mobile, mengunjungi langsung pelaksanaan operasi katarak perdana langsung diruang isolasi, serta memberikan motivasi bagi pasien agar tidak perlu takut untuk dioperasi. Kepada Lamahu dan OBI Rahmi mengatakan bahwa kesempatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat ditunggu-tungu oleh masyarakat miskin yang di Kabupaten Gorontalo, seiring dengan pelayanan yang gratis kesehatan kepada masyarakt khsusnya masyarakat miskin.. Dihadapan pasien pula rahmi.
Sementara itu dari perwakilan lamahu Dan OBI Ny. Betsi Bouty dihadapan ketua PKK Kabuapaten Gorontalo dan pasien mengatakan bahwa operasi yang bakal dilakukan secara langsung ditangani oleh dokter ahli gabungan dari Gorotnalo dan Jakarta. Selain itupula kedatangan meraka adalah semata-mata gerakan social murni sebagai wujud kepedulian dari orang gorntalo yang ada di Jakarta.

Read More »
Sabtu, Maret 15, 2008 | 0 Komentar

RAHMI “KREATIFITAS ANAK BUTUH KOMPETENSI PENDIDIK PAUD



Ajak anak-anak belajar sambil bermain, sehingga pelajaran yang diberikan oleh anak akan mudah diserap, sebab dimasa anak-anak lebih identik dengan bermain, sehingga segala muatan pengetauan terhadap anak selayaknya dioberikan melaui metode bermain. Hal ini diungkapkan oleh ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe yang didampingi oleh Ketau DWP Ny. Ramlah Utiarahman Bakari dalam kapasitasnya selaku Ketau Forum PAUD Kabuapten gorotnalo. Dalam sambutannya dihadapan 76 pendidik PAUD se kecamtan Bongogmeme dalam kegiatan pembinaan bagi pendidik PAUD formal dan non formal yang dihadiri oleh Kadiknas Kabuapten gorotnalo Ny. Lilian Rahman, M.Pd bertempat di SDN I Kaliyoso seiring dengan pelaksaan GM di Kecamtan bongomeme. Sabtu 1503
Rahmi mengatakan bahwa anak-anak adalah pribadi yang polos, sehingga dimasa golden ages ini apa saja yang diberikan baik atau buruk itu terterima secara mentah, sehingga membutuhkan kreativitas dan kompetensi dari pendidik PAUD untuk mengarahkan kepribadian meraka dengan memberikan pengetahuan yang mengarahj pada talenta anak masing-masing, yang tentunya yang lebih menarik adalah Alat Peramainan Edukatif (APE). Sehingganya Rahmi kepada seluruh pendidik PAUD mengatakan bahwa khsus untuk APE tidak perlu harus membeli yang pabrikan, tetapi diharapakan pendidik sendiri mamapu menciptakan APE yang berasal dari lingkungan alam sekitas, bahkan dari bahan sampah sekalipun yang rancang sesuai dengan tujuan pemberlajaran.

Read More »
Sabtu, Maret 15, 2008 | 0 Komentar

14 Maret, 2008

IBU MENTERI KOPERASI SAKSIKAN DEMONSTRASI MINYAK KAMPUNG PKK


Rencana PKK Kabuapaten gorontalo untuk menggelar demonstrasi pembuatan minyak kampung, pada pelaksanaan PKK Mobile di kecamamatan bongomeme sebagaimana diagendakan sebelumnya hari ini Jumat 1403 bertempat di kompleks pasar desa Upomela Kecamtan bongomem direalisasikan dan dihadiri langsung oleh ibu menteri Koperasi Ny.Inda Surya dharma Ali. Sejumah anggota dasawisma yang juga yang sejaklama memiliki profesi sebagai pembuat minyak kampung tersebut dihadirkan, sekaligus dengan semua peralatan tradisional lengkap. proses pembuatannya dilakukan secara berurutan, sehingga nampak lebih terstruktur.
Melihat ibu-ibu yang mempraktekan pembuatan minyak yang menggunakan tungku tradisional tak pelak membuat seluruh rombongan termasuk Ny. Inda Surya Dharma Ali berkerumun menyatu dengan warga. Karena seriunsnya dalam memperhatikan prosesi pembutan minyak, maka Rombongan tidak menyadari bahwa merak telah berada ditengahtengah kepulan asap hingga nyaris batuk-batuk.
Dihadapan Ibu menteri tersebut Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati DAvid Bobihoe mengatakan bahwa tujuan digelarnya demonstrasi pembuatan minyak kampong tersebut adalah untuk mendukung program pemerintah dalam proses diversifikasi minyak kampong akibat fluktuasi harga, serta melalui demontrasi tersebut merupakan uji coba perbandingan harga pasaran minyak goreng pabrik dengan total biaya pengeluaran dalam pembutan minyak goreng kampung.
Sebelum menyaksikan Demontrasi pembutan minyak Goreng kampung tersebut ibu menteri Koperasi Ny. Inda Surya Dharma Ali bersama dengan pengurus PKK menggelar panen Kacang tanah dan cabe di kebun PKK desa Upomela. Selain itu pula meresmikan Sekertariat PKK Bongomeme.

Read More »
Jumat, Maret 14, 2008 | 0 Komentar

BINA ANAK UNTUK BERPERILAKU HIDUP SEHAT


Read More »
Jumat, Maret 14, 2008 | 0 Komentar

13 Maret, 2008

RAHMI "BERDAYAKAN LANSIA "


Lansia dikabupaten gorontalo saat ini pantaslah berbangga hati. Belum saja usai program PKK membangun Mahayani bagi Lansia di 17 kecamatan se Kabupaten Gorontalo, kini kembali PKK kembali memprogramkan keterampilan bagi lansia melalui program POKJA II. Hal tersebut terungkap melalui pernyataan ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dalam rapat koordinasi program yang dipimpinnya didampingi oleh wakil ketua PKK Kabupaten gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi, Wakil ketua II Ny. Ramlah Utiarahman Bakari, Wakil ketua II Ny. Farida Bobihoe Rahmola bersama seluruh pengurus PKK Kabuapten Gorontalo dengan agenda evaluasi dan penyusunan rencana program PKK Kabupaten Gorontalo bertempat di Gedung sekertariat PKK Kabupaten Gorontalo Kamis 1302.
“Lansia janganlah dianggap sebagai sebagai masyarakat yang termarjinalkan, sebab mereka sebenarnya masih juga memiliki kemampuan berkreasi sebagaimana masyarakat pada umumnya namun karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan lagi dengan usia yang telah ditelan zaman membuat mereka pasrah dengan keadaan, maka melalui PKK akan dirintis keterampilan bagi lansia” Jelas Rahmi yang di setujui oleh seluruh peserta rapat.
Rahmi menambahkan bahwa keterampilan yang lebih pantas gabi lansia adalah jenis keterampilan menyulam dan merajut, dimana dengan aktifitas tersebut diharapkan mampu menghindari penyakit masa tua yaitu kepikunan dengan mengakitfkan kembali proses berfikir. Untuk lebih suksesnya program tersebut Rahmi mengatakan bahwa PKK Kabupaten sendiri yang akan melakukan mengadakan semua bahan keperluan guna pelaksanaan keterampilan, serta khsus bagi peserta diharapkan lansia yang masih produktif. Sementara itu mengenai pelaksanan secara teknis telah disepakati aikan digelar pada bulan mendatang.
Dalam pembahasan program tersebut, Dalam pembahasan tersebut selain kegitan keterampilan bagi lansia juga berhasil dirumuskan beberapa program tambahan dari masing-masiong pokja seperti pelatihan pembutan kerawang, lomba Mahayani, pembentukan PAUD terintegrasi BKB, PAUD Posyandu dan TPA, Lomba administrasi PKK serta rencana pelaksanaan Umroh.

Read More »
Kamis, Maret 13, 2008 | 0 Komentar

RAHMI ”CINTAI PEKERJAAN TANPA PAMRIH”

Mengamati begitu banyak program PKK Kabupaten Gorontalo, Ketua PKK Kabupaten gorontalo terus mengharapkan keaktifan seluruh anggota PKK untuk bekerja sama tim mengawal semua program hingga akhir kegiatan, sebab jika program tidak diimbangi dengan kinerja maka program hanya akan menjadi slogan semata. Hal ini diungkapkan oleh Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny.Rahmijati David Bobihoe dalam sambutannya saat menggelar rapat pembahasan program PKK yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota PKK Kabupaten Gorontalo bertempat disekertariat PKK Kabupaten Gorontalo Kamis 1303.
Rahmijati pula dalam kesempatan tersebut juga turut memberikan solusi untuk bagaimana menghadapi sikap person yang memiliki kinerja yang kurang, dengan menghimbau kepada seluruh Kader PKK agar mencintai pekerjaan sebagaimana mencitai sesuatu yang sangat disayang sehingga akan nampak sikap rela berkorban dan bekerja tanpa pamrih. Rahmi mencontohkan bahwa rasa cinta kepada rumah tangga dan anak-anak membuat kita semangat untuk menjalani hari-hari meskipun harus menghadapi segala masalah.
Rahmi pula turut mengetuk hati seluruh anggotanya bahwasanya PKK tidak ada apa-panya jika tanpa dukungan dari masyakat dan anggota PKK yang ada didalammnya, sebab PKK merupakan organisasi relawan, bekerja tanpa pamrih untuk mensejaterakan masyarakat, sehingga mereka yang bergerak didalammnya dibutuhkan jiwa besar untuk terus menjaga keberlangsungan PKK hingga diwaktu yang akan datang

Read More »
Kamis, Maret 13, 2008 | 0 Komentar

12 Maret, 2008

RAHMI PERIKSA ADMINSTRASI PKK BONGOMEME



RAHMI "JANGAN TUNDA PEKERJAAN"
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe sesaat setelah tiba di bandara Djalaludin dari kunjungannya ke luar daerah Rabu 1203 kemarin langsung menuju ke kecamatan Bongomeme. Agenda tersebut dilakukannya dalam rangka melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan PKK Mobile Kabupaten Gorontalo yang direncanakan digelar pada jumat mendatang. Sementara itu Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi bersama seluruh pengurus PKK Kabupaten, telah bersiap menunggu kedatangan dari ketua PKK yang selanjutnya berangkat beriringan dalam kunjungan tersebut. Rahmijati David Bobihoe dalam kunjungan tersebut Rahmijati langsung menuju sekretariat PKK kecamatan Bongomeme dan melakukan pengecekan kesiapan administrasi, termasuk buku kegiatan dan papan data identitas Sekretariat PKK Bongomeme. dalam pninjauan tersebut Rahmi-Maryam di terima langsung oleh Ketua PKK Kecamatan Ny. Meilan Syahrain Polapa.
Setelah menganalisasi rasionalisasi data dalam sekejap rahmijati menemukan masih ada data yang tidak rasional yang setelah ditelusuri ternyata ada kesalahan pada teknik pengisiannya, dan sebagiannya ada yang belum lengkap selain itu pula masih terdapat data ralisasi tahun 2007, masih terpampang di papan data, sehingga Rahmijati meminta agar data yang ada di rubah ke data yang lebih up date yaityu rasionalisasi data tahun 2008.
Dari fakta tersebut Rahmijati menekankan bahwa apapun program yang dilakukan oleh PKK kecamatan tidak akan berarti apa-apa jika dari segi administrasi tidak dilengkapi dan dianggap sama saja bohong. Sehingganya adminsistrasi harus merupakan prioritas utama, Selain itu pula yang lebih keras lagi Rahmijati menegaskan agar dalam sistim kelengkapan administrasi agar jangan menunda pekerjaan, dimana sistim pencatatan secara administrasi harus dilakukan pada saat pelaksaan kegitan jangan pencatatannya nanti dilakukan setelah secara kolektif, karena menurut Rahmi sudah barang tentu pencatatan yang dilakaukan pada saat kegiatan berlangsung akan lebih spesifik dan akurat dibanding dengan melakukan pencatatan sekaligus untuk beberapa kegitan, selain itu pula menyebabkan banyak waktu yang terbuang dan hasilnya tidak objektif tegas Rahmi. Sehingganya Rahmijati mengharapkan agar rasionalisasi adminstrasi menbjadi perhatian dari seluruh ketau PKK kecamtan

Read More »
Rabu, Maret 12, 2008 | 0 Komentar

DASAWISMA UPOMELA BERMANJA DENGAN KETUA PKK KABUPATEN

Dalam kunjungannya ke kecamtan Bongomeme Rabu 1203 , Ketaua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihioe didampingi wakil ketua PKK Ny. Maryam Puhi turut melakukan kunjungannya ke desa yang berada diujung kecamtan bongomem yaitu Desa Upomela. Kunjungan tersebur selain merupakan rangkaian kegitan dari pengecekan kesiapan akhir pelaksaan GM, tetapi juga merupakan realisasi dari penegasan Ketua PKK Kabuapten Gorontalo RAhmijati dimana PKK Kabuapten Akan melakukan sweeping langsung admninmstrai dasawisma yang telah diawali beberapa hari yang lalau dikecamtan yang sama. Rahmijati. Di Upomela Rahmijati disambut oleh pemerintah desa dan dasawisma setempat dan langsung melakukan pemeriksaan administrasi dalam bentuk dialaog sambil melakukan perbaikan langsung dengan buah tangganya setiap ditemui ada kesalahan. "Disini ada tertulis pengusaha, namun ternyata orang dimaksud adalah seorang pedang keliling, sehingga mungkin lebih wajar bila disebut sebagai usaha wiraswasta bukan pengusaha"Jelas Rahmi sambil tersenyum ketika memriksa salah atu buku kegitan angota dasawisma.
Ketua Dasawisma yang juga berada langsung dihadapan Rahmijati juga ikut tersenyum dan dengan polosnya menyambut saran dari ketua PKK Kabuapten tersebut dengan mengatakan bahwa orang tersebut sudah sekian lama berusaha dengan berjualang keliling minuman yang berasal dari pohon aren (saguer), sehingga tak pelak pertemuan tersebut berubah menjadi riauh, karena disaksikan bukan saja oleh seluruh pengurus PKK Kabuapten gorontalo, tetapi juga oleh kepala desa dan masyarakat yang berada dilingkungan kompleks pasar upomela. Selain itu pula dasawisma dilingkungan setempat turut memperlihatkan salah satu hasil kerajinan pembuatan "Tolu" Topi tradisional khas daerah yang terbuat dari pelepah bambu. WAlaupun pertemuan tidak berlangsung tidak secara formal bertemapt di lokasi pasar upomela sabil duduk-duduk di dego-dego, tetapi pemeriksaan kilat adminstrasi tersebut lebih berkesan, dari hati kehati dimana ketua meraka mengungkapkan semua permasalahan di lapangan khsusnya dalam penataan administrasi sehingga pertemuan tersebut bukan dalam bentuk razia, tetapi terkesan lebih lebih akrab.
Diakhir kunjunganya Rahmijati mengatakan kepada ketua PKK desa dan dasawisma bahwa dalam rangka GM mendatang, Desa upomela juga akan dijadikan sebagai pusat demonstrasi pembuatan minyak kelapa kampung dalam usaha diversivikasi minyak goreng pabrikan yang saat ini telah melonjak harganya.

Read More »
Rabu, Maret 12, 2008 | 0 Komentar

BANTUAN KETUA PKK DIREALISASIKAN DALAM BENTUK KOPERASI

BANTUAN KETUA PKK DIREALISASIKAN DALAM BENTUK KOPERASI
Dana bantuan yang diberikan oleh Ketua PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe kepada Forum Komunikasi PPKBD dan Sub PPKABD melalui ketua PKK Kecamtan Limboto saat ini telah direalisasikan dengan membentuk sebuah koperasi yang diberinama "Koperasi Sejahtera". Hal ini terungkap melalui penjelasan ketua PKK Kecamatan Limboto Ny. Afiah Dunggio Tulie ditemui saat berkunjung kesekertariat PKK Rabu 1203 Kemarin. Afiah mengatakan bahwa keputusan tersebut diambil atas kesepakatan bersama dari seluruh anggota yang seluruhnya berjumlah 68 orang melalui sebuah pertemuan yang digagas langsung oleh fomuk komunikasi beberapa waktu lalu. Selain itu pula Afiah menambahkan bahwa sebagai tanda dimulai beroperasinya koperasi tersebut, pada hari rabu kemarin itu pula, dirinya telah memimpin rapat pertemuan launching koperasi yang ditandai dengan pinjaman perdana kepada salah seorang anggota Koperasi bertemapt di Sekertariat PKK Kecamatan Limboto. Dikahir penjelasannya Afiah secara terbuka mengatakan bahwa meskipun koperasi ini saat ini mulain menjalankan usahanya, tetapi secara resmi belum berbadan hukum, serta keanggotaan hanya berlaku bagi meraka PPKBD dan SUB PPKBD.

Read More »
Rabu, Maret 12, 2008 | 0 Komentar

11 Maret, 2008

DUKUNG PEMDA PKK SUARAKAN PROGRAM KEMBALI KE MINYAK KAMPUNG

Rahmi" PKK Bakal menggelar pelatihan TTG pembuatan Minyak Kampung"
Naiknya harga minyak goreng dipasaran saat ini telah terasa dampaknya bagi masyarakat miskin sehingga saat ini membutuhkan solusi untuk segera mengatasinya. Sebagai salah satu solusi, Pemerintah kabupaten gorontalo telah mencanangkan program kembali ke minyak lokal, yang juga disambut oleh PKK Kabupaten Gorontalo dengan program. program yang digagas oleh PKK tersebut adalah program pelatihan teknik pembuatan minyak goreng lokal yang juga dirangkaikan dengan pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) melalui POKJA II. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua PKK Kabuapten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe melalui via telopon kepada sekertaris PKK Kabuapten gorontalo Ny. Fatmah tuna yang kemudian ditindak lanjuti melalui pertemuan spontanitas yang digelar oleh seluruh pengurus POKJA PKK Kabupaten Gorontalo yang dipimpin oleh Wakil ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Maryam Puhi didampingi oleh wakil ketau III PKK Kabupaten gorontalo Ny. Farida Bobihoe Rahmola bertempat di sekertariat PKK Kabupaten Gorontalo 1103 kemarin.
"PKK Kabupaten Gorontalo selaku mitra pemerintah mendukung program pemerintah kembali keminyak kampung, dengan menggelar pelatihan pembuatan minyak goreng kampung yang bakal digelar yang saat ini sementera dibahas bersama seluruh anggota PKK dan POKJA di sekretariat PKK Kabuapten gorontalo" Jelas Rahmi.
Sebagai bentuk dukungan anggota, dalam pertemuan tersebut juga sempat mengemuka bahwa yang menjadi sasran utama dari pelatiahan tersebut adalah ibu-ibu rumah tangga yang berada diperkotaan yang dianggap sebagai komsumer terbesar dalam penggunaan minyak goreng pabrik, sehingga mereka benar-benar mengenal seperti apa minyak goreng lokal tersebut. Sementara itu harapan lain dari penncanganan kembali keminyak kampung tersebut adalah untuk membuka peluang bagi ibu-ibu yang berada di tingakat desa dan dasawisma untuk mampu menciptakan home industri khsusnya pembuaan minyak goreng dari kelapa lokal murni, untuk dipasarkan diwilayah masing-masing, namun dengan tetap mempertahankan sterilisasi produk minyak Jelas Maryam
Dalam pertemuan tersebut secara umum dibahas tentang lokasi pelatihan yang bakal digelar, masyarakat sasaran, serta jumlah anggaran kegiatan.dan ditetapkan bahwa pelatihan pembuatan minyak kelapa kampung akan di gelar di Desa Upomela kecamatan Bongomeme namun waktu pelaksanaan belum ditetapkan dan terinformasi akan digelar pada pelaksaan PKK mobile di kecamatan Bongomeme jumat depan. Selain itu pula pelatihan pembuatan minyak goreng kampung tersebut sesuai rencana teknisnya akan dipraktekan dengan menggunakan cara tradisional dan menggunakan peralatan yang menggunakan mesin. selain itu pula Ketua PKK Kabupten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe mengungkapkan agar perencanaan haruslah dilaksanakan secara matang dan langsung action sehingga dengan segera tersosialisasi kepada masyarakat. Sehingganya sesuai laporan akhir dari sekretariat PKK terinformasi bahwa PKK mulai esok akan mengumpulkan segala kebutuhan pelatihan seiring dengan pelaksanaan sweeping administrasi lanjutan di Kecamatan Bongomeme yang dipimpin langsung Wakil Ketua PKK Kabupaten gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi.

Read More »
Selasa, Maret 11, 2008 | 0 Komentar

KADER PKK DITUNTUT LEBIH KREATIF

Menilik dan membina keterampilan yang dimiliki para kader PKK di kabupaten Gorontalo. Ny. Hj. Rahmiyati Jahja menghimbau kepada seluruh anggota PKK untuk menyalurkan keterampilan yang dimiliki masing-masing anggotanya. Hal tersebut diungkap sebagai sebuah bentuk umpan balik kepada Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan yang memiliki keterampilan yang tak tersalurkan.
Sebagai salah satu upaya untuk mendukung kreatifitas tersebut, Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Rahmijati Jahja, kepada pengurus TP. PKK Kecamatan menegaskan agar pengurus TP. PKK di setiap kecamatan untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi sekaligus memberikan bimbingan kepada pengurus TP. PKK di desa-desa.
“Terjalinya kerja sama yang baik antara pengurus PKK kecamatan dan desa, akan memberikan dampak terhadap tumbuhnya semangat masyarakat untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan”, tegas Rahmi.
Bahkan untuk menjamin para ibu yang menekuni kerajinan kerawang, Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Rahmiyati Yahya bersedia menyalurkan hasil kerajinan kerawang.
“Saya bersedia menyiapkan bahan-bahannya, jika ibu-ibu PKK tidak memiliki modal untuk itu”, tegas Rahmi.

Read More »
Selasa, Maret 11, 2008 | 0 Komentar

10 Maret, 2008

Maryam Himbau Masing-masing Pokja Saling berkoordinasi

Agar lebih terarah dalam menjalankan tanggung jawab PKK kepada pemerintah dan masyarakat, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Maryam Puhi, mengharapkan seluruh kelompok kerja (Pokja) untuk terus melakukan koordinasi program pokja. Hal ini ditegaskan Maryam mengingat keterjalinan program kerja PKK memiliki keterkaitan erat antara satu program dengan program kerja lainnya.
Ditegaskan Maryam, selaku pengurus TP. PKK, anggotanya harus mampu bekerja secara gotong royong atau tim. “Namanya saja Tim Penggerak PKK”, ungkap Maryam.
Dalam pertemuan bersama seluruh jajaran PKK kabupaten Gorontalo, bertempat di sekretariat PKK kabupaten Gorontalo (10/3), Wakil Ketua TP. PKK kembali menjelaskan, fungsi organisasi PKK selaku pendamping pemerintah daerah merupakan ujung tombak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.
“Program kerja yang kita jalankan sangat jelas, dengan menjalankan program-program itu, atau hanya dengan menghimpun data yang akurat, kita akan lebih mudah mengartikan dan untuk selanjutnya memenuhi apa yang seharusnya menjadi kebutuhan masyarakat,” jelas Maryam sembari menunjuk 3 (tiga) buku panduan pokok adminasitrasi Dasa Wisma mengenai rincian kegiatan social masyarakat.
Diakhir penyampaiannya, Maryam Puhi menjelaskan, korelasi antar pokja akan memperlihatkan keunggulan dan kelemahan masing-masing tim saat merealisasikan program dilapangan. “Maka keunggulan dan kelemahan yang kita alami pun akan kita upayakan untuk saling menutupi,” tandasnya.

Read More »
Senin, Maret 10, 2008 | 0 Komentar

Maryam Himbau Masing-masing Pokja Saling berkoordinasi

Agar lebih terarah dalam menjalankan tanggung jawab PKK kepada pemerintah dan masyarakat, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo, Maryam Puhi, mengharapkan seluruh kelompok kerja (Pokja) untuk terus melakukan koordinasi program pokja. Hal ini ditegaskan Maryam mengingat keterjalinan program kerja PKK memiliki keterkaitan erat antara satu program dengan program kerja lainnya.
Ditegaskan Maryam, selaku pengurus TP. PKK, anggotanya harus mampu bekerja secara gotong royong atau tim. “Namanya saja Tim Penggerak PKK”, ungkap Maryam.
Dalam pertemuan bersama seluruh jajaran PKK kabupaten Gorontalo, bertempat di sekretariat PKK kabupaten Gorontalo (10/3), Wakil Ketua TP. PKK kembali menjelaskan, fungsi organisasi PKK selaku pendamping pemerintah daerah merupakan ujung tombak bagi peningkatan kesejahteraan rakyat.
“Program kerja yang kita jalankan sangat jelas, dengan menjalankan program-program itu, atau hanya dengan menghimpun data yang akurat, kita akan lebih mudah mengartikan dan untuk selanjutnya memenuhi apa yang seharusnya menjadi kebutuhan masyarakat,” jelas Maryam sembari menunjuk 3 (tiga) buku panduan pokok adminasitrasi Dasa Wisma mengenai rincian kegiatan social masyarakat.
Diakhir penyampaiannya, Maryam Puhi menjelaskan, korelasi antar pokja akan memperlihatkan keunggulan dan kelemahan masing-masing tim saat merealisasikan program dilapangan. “Maka keunggulan dan kelemahan yang kita alami pun akan kita upayakan untuk saling menutupi,” tandasnya.

Read More »
Senin, Maret 10, 2008 | 0 Komentar

PKK SWEEPING ADMINISTRASI DASAWISMA



Sweeping adminstrasi dasawisma yang sebelumnya telah ditegaskan oleh ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe pada pelaksanaan PKK Mobile di kecamatan Mootilango kemarin pada Senin 1003 direalisasikan tim dengan melakukan kunjungan perdana sweeping adminitrasi di kecamatan Bongomeme dan dipimpin langsung oleh Wakil ketua II PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Ramlah Utiarahman Bakari didampingi oleh sekertaris PKK Ny. Fatmah Tuna serta beberapa anggota pokja dan staf kesekretariatan yaitu Ny. Sumarni Ali Ano, Rostin Kadir Nggole dan Syamsiar Jamirun.
Rombongan sweeping administrasi tersebut berangkat dari seketariat PKK Kabupaten Gorontalo dan langsung menuju lokasi kebeberapa target desa tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
“Sweeping admistrasi telah didiketahui oleh seluruh ketua PKK Kecamaan, melalui pemberitahuan langsung oleh ketua PKK Kabupaten Gorontalo pada pelaksanaan PKK Mobile Mootilango yang dihadiri oleh seluruh ketau PKK Kecamatan se Kabuapaten gorontalo, sehingga saat ini PKK Kabupaten tinggal melaksanakan realisasi lapangan” Jelas Ramlah
Adapun lokasi yang dikunjungi adalah desa Dulamayo, Desa Upomela dan Desa Bongo meme kecamatan Bongomeme secara bergiliran. Dari hasil peninjauan tersebut PKK Kabuapaten Gorontalo memperoleh realisasi lapangan bahwa secara keseluruhan Dasawisma telah memiliki 3 buku pokok yang meliputi buku catatan keluarga anggota dasawisma, buku catatan kegiatan dasawisma serta catatan tentang ibu hamil, meninggal melahirkan, nifas serta bayi, namun tetap ditemui masih ada juga data yang tidak sinkron sehingga memerlukan perbaikan. Sehingganya PKK kabuapaten gorontalo dalam peninjauan tersebut, ketika menemui suatu kesalahan, langsung melakukan perbaikan dalam bentuk sosialisasi dihadapan seluruh ketau dasawisma yang dikunjungi.
Sementara itu Ketua PKK Kabuapaten gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe secara terpisah kembali mengaskan bahwa diupayakan seluruh dasawisma disetiap desa dikunjungi, serta mengharapkan kepada ketau-ketua dasawisa yang telah dikunjungi, turut memberikan petunujuk kepada sesama ketua dasawisma, ataupun kepada anggotanya masing-masing sehingga ada sistim salaing mengimpas, dalam rangka menciptakan kader ketua dasawisma secara berkelanjutan.

Read More »
Senin, Maret 10, 2008 | 0 Komentar

09 Maret, 2008

Ny. Maryam Puhi: Pos Yandu Desa Harus Terus Diaktifkan.


Sekali Mendayung dua – tiga pulau terlampaui. Demikian mungkin apresiasi program TP. PKK kabupaten Gorontalo ketika telah beberapa kali mengikut sertakan diri bersama program Government Mobile bersama pemerintah kabupaten Gorontalo.
Dalam masa perjalanannya dengan program akbar tersebut, TP. PKK Kabupaten Gorontalo pada kunjungannya ke beberapa desa setidaknya menemukan beberapa anak yang mengalami gizi buruk. “Ini merupakan akibat tidak berfungsinya Pos Yandu didesa-desa”, ungkap Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Gorontalo Maryam Puhi kepada wartawan.
Untuk mengantisipasi kian bertambahnya anak penderita gizi buruk, Maryam Puhi mengharapkan seluruh jajaran PKK sepenuhnya turut berperan aktif membina keluarga sehat disetiap desa. “Jika tidak, bukan tak mungkin jumlah balita penderita kurang gizi akan bertambah didaerah kita”, tegasnya.
Hal tersebut sengaja ditegaskan Maryam ketika mendapatkan bukti masih banyaknya balita yang belum tersentuh pemenuhan gizi sesuai standar kesehatan.
Maryam pun berharap Pos Yandu didesa-desa yang akhir-akhir ini mulai vakum agar dapat diaktifkan kembali. “Dengan terpenuhinya gizi anak, dimasa akan datang kita pasti memiliki insan pembangunan yang berkualitas”, ungkap Wakil Ketua TP. PKK.

Read More »
Minggu, Maret 09, 2008 | 0 Komentar

07 Maret, 2008

RAHMI OPTIMALKAN ADMINISTRASI DASAWISMA

Rahmi”pkk kabupaten bakal sweeping administrasi
dasawisma

Setelah ditegaskannya pendataan bagi seluruh
dasawisma aktif dan tidak aktif bagi seluruh ketua PKK
Kecamatan sekabupaten Gorontalo, kini giliran penataan
dibidang administrasi dasawisma yang diperketat oleh
PKK Kabupaten. Hal ini terungkap dalam sambutan ketua
PKK Kabuapaten Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe
dalam penjelasannya saat tampil menjadi salah seorang
pemateri dalam kegiatan sosialisasi dan pembinaan aksi
berbasis dasawisma untuk melaksanakan desa sehat,
bertempat di desa Pilomonu Kecamatan Mootilango dalam
rangkaian kegiatan PKK Mobile kemarin 0503.
Rahmi mengatakan bahwa penaataan administrasi
ditingkat dasawisma merupakan ujung tombak dari semua
program baik PKK itu sendiri maupun lintas sector
lainnya, sebab dalam setiap pencangan program data
yang akurat menjadi pertimbangan mengambilan
keputusan, bagaimana jadinya jika membuat program
tidak ada data, pastilah program tidak tepat sasaran
lan dan pasti akan mengalami banyak masalah. Tegas
Rahmi
Selain itu pula sebagai gambaran utama dalam
adminsitrasi PKK ditingkat dasawisma, rahmi
menguraikan bahwa disetiap dasawisma memiliki 3 buku
pokok yang menjadi sumber keakuratan data karena
mencatat semua tetang dasawisma se spesifik mungkin .
Buku satu adalah buku catatan keluarga dari seluruh
anggota dasawisma, buku dua adalah catatan tetang
sdata yang dicanangkan membutuhkan data yang akurat
sehingga tepat sasaran Usai pendataan dasawisma
aktif dan tidak aktif bagi seluruh ketau PKK Kecamatan
se Kabuapaten Gorontalo Ketau PKK Kabupaten Gorontalo
Ny. Rahmijati David Bobihoe

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMI LETAKAN BATU PERTAMA MAHAYANI LANSIA


RUSLI JADI TAMU AGUNG PKK

Peletakan batu pertama pembangunan rumah sedcrhana
bagi lansia untuk 17 kecamatan se Kabupaten gorontalo
untuk pertama kalinya digelar di kecamatan Limboto
untuk lansia yang bernama So’I Sya’ban atau yang
lebih akrab dengan panggilan Dede Maci dihadiri
langsung oleh Ketau dan Wakil Ketua PKK Kabupaten
Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Maryam
Sofyan Puhi, pemerintah daerah serta menghadirkan
pengusaha penderma bapak Rusli Habibie bersama
istrinya Ny. Saidah bertempat di kelurahan kayubulan
Bawah. Kunjungan disambut meriah oleh warga kayubulan
dengan turut menghadirkan Dede Maci nenek yang berusia
105 tahun dalam kegitan tersebut.
Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David
Bobihoe dalam penjelasannya mengatakan bahwa kontruksi
bangunan khusus bagi Dede Maci dibuat dalam bentuk
rumah panggung mengingat lokasi penbangunan masih
merupakan wilayah pesisir danau limboto yang
sewaktu-waktu meluap dimusim hujan.
Atas permintaan kesediaan dari ketau PKK Kabuapten
Gorontalo Rahmijati, Bapak Rusli Habibie selaku
penderma dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan
yang diberikannya tersebut semata-mata untuk memenuhi
kewajiban sebagai umat beragama serta untuk mengajak
orang lain yang memiliki kelebihan untuk turut
membantu sesama, selain itu pula saya merasa masih
merupakan bagian dari masyarakt Kabuapten gorontalo
karean saya sempat sekolah di kelurahan Kayubulan
sewaktu SD jelas Rusli.
Sementara itu Kepala Bagian Pembagnunan Nasser Maunti
selaku pelaksana teknis pembangunan mahayani lansia
yang dfipercayakan oleh PKK dalam sambutannya
dihadapan warga mengatakan bahwa target pembangunan
sesuai rencana akan dirampungkan selama dua hari
terhitung mulai hari ini Sabtu 0103 sehingga esok
malam dede maci sudah tinggal di rumah baru jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut Bapak Rusli Habibie selaku
penderma menyerahkan seluruh dana pembangunan lansia
dan sekaligus memberikan biaya kebutuhan air dan
listrik selama setahun sejumlah 3 juta rupiah khusus
untuk dede Maci. Kegiatan social tersebut turut
diikuti oleh dinas lintas sector lainnya
dengan memberikan bantuan kepada masyarakat miskin
berupa penyerahan sembako bagi 20
Lansia oleh Dinas Sosial, serta pengobatan gratis oleh
dinas Kesehatan.

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

SEMINGGU 10000 ALBUM PKK LARIS TERJUAL

 
Album perdana Pop Gorontalo PKK Kabupaten Gorontalo
yang dilaunching beberapa pekan lalu selama kurun
waktu seminggu 10000 Keping CD habis terjual. Jumlah
tersebut berasal dari total jumlah pesanan yang saat
ini berada di tangan bendahara PKK Kabupaten
Gorontalo. Hal ini diungkapkan oleh Ketau PKK
Kabupaten Ny. Rahmijati David kepada Koran ini saat
dikonfirmasi mengenai sejauhmana pemasaran Album PKK
Kabuapten gorontalo yang dibintanginya bersama anggota
PKK lainnya, bertempat disekretariat PKK Kabuapten
gorontalo. Kamis 2702
Dalam penjelasannya pula rahmijati menambahkan jumlah
tersebut meningkat tajam akibat dari pesanan berabagai
pihak dalam jumlah yang besar, sehingga diperkirakan
lagi jumlah tersebut bakal bertambah, sebab masih
terdapat permintaan dari pihak masyarakat yang belum
terpenuhi.
Disinggung mengenai jumlah hasil penjualan Kaset CD
tersebut, Rahmi belum memberikan komentar, tetapi
dijelaskan bahwa tujuan utama terbitnya album
semata-mata sebagai usaha untuk mengumpulkan dana guna
bantuan sosial masyarakat, serta untuk menunjang
pelaksanaan program PKK kedepan, sehingga tidak
mengundang kritik publik.
Sementara itu Bendahara PKK Kabuapten gorontalo Ny.
Dewi Masita Usman dalam penjelasannya menguraikan
bahwa jumlah sebanyak 10 ribu keeping CD tersebut
merupakan jumlah pesanan tetap, yang saat ini oleh PKK
didistribusikan secara langsung kerumah pemesan, sebab
dari jumlah pesanan yang ada banyak diantaranya yang
telah membayar terlebih dahulu, sehingga harus segera
dipenuhi.
Sementara itu wakil ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny.
Maryam Sofyan Puhi selaku penanggung jawab pemasaran
mengatakan bahwa
ada yang memesan melalui pemerintah daerah, termasuk
pesanan dari tamu daerah yang kebetulan melakukan
studi banding dikabuapten Gorontalo. Sehingga tidak
terasa seluruh CD habis terjual. Maryam pula
menjelaskan bahwa jenis album PKK tersebut dicetak
dalam dua versi yaitu Versi video CD yang dilengkapi
dengan video ,dan ada juga yang versi compact Disc
yakni jenis audio saja. Selain itu pula Maryam
menjleaskan karean banyaknya pesanan langsung ke
secretariat PKK, hingga saat ini CD pelayanan kepada
masyarakat umum dalam bentuk eceran belum dapat
dipenuhi, sebaba stok disekretariat PKK sudah kosong.
Namum Maryam mengaku akan berusaha untuk menyisihkan
sebagaian CD untuk kalangan masyarakat umum serta
untuk tamu daerah.

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

PKK PULUBALA KESAL PKK PROVINSI TIDAK KOORDINASI

Mirna “Kami selalu ditekankan bahwa pkk miliki
fungsi konsultatif, koordinatif dan konsolidasi”

Kunjungan TP. PKK Kabupaten Gorontalo yang dipimpin
oleh Wakil Ketua PKK Provinsi Gorontalo Ny. Nani
Mokodongan ke Kecamatan Pulubala pekan kemarin,
ternyata menuai kekecewaan dari ketua PKK Kecamtan
Pulubala, Pasalnya kunjungan ketua PKK Provinsi
tersebut tidak melalui pemberitahuan lebih dahulu
dari pihak PKK Provinsi, sehingga saat kunjungan
dirinya tidak berada di kecamatan Pulubala dan
mendampingi rombongan. Hal ini dijelaskan oleh ketau
PKK Pulubala Ny. Mirna Tuhala Henga kepada Koran ini
saat dimintai tanggapannya mengenai kegiatan PKK
Provinsi dikecamatan Pulubala di limboto Kamis, 2702.
“Kami menyambut baik atas bantuan yang diberikan
oleh PKK Provinsi, tetapi sangat disayangkan, hal
tersebut tidak diberitahu lebih dulu walaupun hanya
melalui surat kepada PKK Kecamatan sehingga
setidaknya kunjungan tersebut masuk dalam agenda
administrasi PKK, sebab sesuai petunjuk dari ketau PKK
Kabuapten, sekecil apapun kegitan yang dilakukan
ditingkat kecamtan oleh organisasi PKK harus tercantum
dalam adminstrasi PKK” Jelas Mirna.
Lebih lanjut melalui penjelasannya Mirna mengatakan
bahwa sengaja dirinya mengajukan keberatannya
tersebut, karena dirinya selaku ketua PKK Kecamatan,
setiap saat dimintakan laporan kegiatan PKK oleh
ketua PKK Kabupaten Gorontalo dalam rangka kontrak
komitmen. Nah bagaimana kelak dirinya akan menjelaskan
kegiatan yang dilakukan oleh PKK Provinsi di kecamtan
Pulubala apabila dia sendiri tidak mengetahuinya,
apalagi saat ini telah dimuat dimedia massa dan
mungkin ketau PKK Kabuapten gorontalo akan menanyakan
mengenai agenda tersebut tukas Mirna
Mirna pula mengatakan ditengah kebingungannya tersebut
mengatakan bahwa ketua PKK Kabupaten selalu menekankan
bahwa PKK harus selalu memperhatikan tiga fungsi utama
PKK yaitu fungsi koordinatif, konsultatif dan
konsolidasi, dimana setiap gerakan PKK harus selalu
terkoordinasi dalam bentuk kerjasama tim. Sehingga
dirinya mengaku heran dengan apa yang dilakukan oleh
PKK provinsi apalagi menurut Mirna 3 fungsi tersebut
merupakan hasil keputusan Rakernas PKK yang kembali
diuraikan dalam sambutan ketua PKK Nasional dalam
upacara puncak HKG ke 35 tahun 2007 secara nasional.
Sehingganya melalui kesempatan itu pula Mirna
mengharapkan agar kegiatan yang dilakukan oleh PKK
provinsi di wilayahnya setidaknya dapat
dikorrdinasikan, sehingga, apapun yang ditimbulkan
dari akibat program tersebut, PKK yang ada diwilayah
kecamtan yang bertanggungjawab.

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMI LANTIK KADER GEMA RAHMI PULUBALA


Rahmi “usai dilantik kader gema Rahmi susun jadwal
kegiatan selama setahun”

Dalam pelaksanaan PKK Mobile yang kedua digelar di
kecamtan Pulubala, kembali ketau PKK Kabuapaten
Gorontalo Ny. Rahmijati David Bobihoe melantik kader
bina Keluarga Remaja (BKR) yang dalam kepengurusan PKK
Kabupaten Gorontalo di sebut sebagai kader Gema Rahmi
didampingi oleh wakil ketua PKK Ny. Maryam sofyan
Puhi, ketua DWP, pengurus PKK kecamtan serta jajaran
Diknas Kabupaten Gorontalo, bertempat di kantor diknas
Kecamtan Pulubala . Jumat 2202.
Dalam sambutannya ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny.
Rahmijati David Bobihoe mengatakan bahwa Gema Rahmi
bukanlah merupakan nama dari pribadinya, selaku ketua
PKK Kabuapaten tetapi hal tersebur merupakan
implementasi dari 10 Program PKK Kabupaten Gorontalo
yang memiliki kepanjangan dari Gerakan Masyarakat
Ramah Amanah Hemat Menarik Indah yang dikhususkan bagi
kader PKK dari kalangan Remaja.
Lebih tegas lagi Rahmijati menjelaskan bahwa Kader
Gema Rahmi mulai sejak dilantik diharapkan segera
menjadwalkan kegiatan selama setahun, dana akan
dievaluasinya secara langsung. Sehingga Kader Gema
rahmi benar-benar menjadi mesin penggerak PKK yang
benar-benar diandalkan. Adapun kapling yang menjadi
bagian tugas dari kader Gema Rahmi oleh rahmijati
dicontohkan berupa sosilasiasi tentang bahaya narkoba,
juga termasuk masalah kekerasan dalam rumah tangga
serta persoalan lainya. Dan jika ini kelak terwujud
maka PKK kabupaten tidak lagi harus bersusah payah
untuk melakukan sosialisasi dengan keberadan kader
Gema Rahmi.
“Gema rahmi bukan Nama, Gema rahmi bukan slogan,
Gema rahmi bukan saingan bahkan Gema rahmi bukan
penampilan, sehingga jika ada yang bertanya tentang
keberadaan gema rahmi maka jawab dengan program’
Tegas Rahmi

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMI MINTA KADES NYANYIKAN MARS PKK


Ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David
Bobihoe didampingi oleh Wakil Ketua PKK Ny. Maryam
Sofyan Puhi kembali melantik ketua PKK Kecamatan
Tolangohula yang baru. Dalam agenda tersebut Rahmijati
melantik Ny. Indawani Yusuf, S.Ag sebagai ketua PKK
Kecamatan Tolangohula yang baru, menggantikan Ny.
Rohani Dunggio Kaharu yang kemarin telah dilantik
sebagai ketau PKK Kecamatan pemekaran Talaga Jaya.
Dalam sambutannya Ketau PKK Kabupaten Gorontalo Ny.
Rahmijati David Bobihoe tidak banyak mengulas tentang
organisasi PKK sendiri, tetapi lebih mengharapkan
dukungan berbagai pihak dalam mensukseskan program PKK
khususnya bagi kepala desa.
Rahmijati megatakan bahwa dukungan sepenuhnya dari
kepala desa sangat dibutuhkan oleh ketau PKK desa
dalam menjalankan program karean kepala desa merupakan
mitra dari PKK desa. Menurutnya proses kemitraan itu
berawal dari keluarga, dimana tak salah jika seorang
suami juga turut memperhatikan kebutuhan isteri, serta
bersifat arif dalam bertindak, yang semestinya
diterapkan pula dalam organisasi PKK karena ketau PKK
Desa adalah isteri dari kepala desa Jelas Rahmi
Rahmijati lebihlanjut menjelaskan bahwa bentuk
partisipasi dari kades adalah menunjang program PKK
yang dijabarkan dalam 10 program PKK dan lebis
spesifik lagi ungkap Rahmi dapat ditunjukan dengan
turut melakukan penyuluhan masalah keluarga, pembinaan
sikap dan mental, serta masalah kekerasan dalam rumah
tangga melalui pertemuan pertemuan resmi desa sehingga
pemerintah desa dan PKK akan bersinergi.
Dari pertanyaan yang dilontarkan oleh Ketau PKK Ny.
Rahmijati seluruh kepala desa mengaku mendukung
seluruh program PKK ditingkat desa sehingga secara
spontanitas Rahmiyati meminta seluruh kepala desa agar
menyanyikan lagu Mars PKK sebagai bentuk dukungannya.
Namun tak seorangpun kades yang mampu melakukannya
sehingga Rahmijati membuat sayembara siapa kades yang
bisa menyanyikannya akan diberikan bonus uang sejumlah
1.500.000 rupiah dari kantong pribadinya, namun
akhirnya diputuskan seluruh kepala desa menyanyikan
Mars PKK. Pada saat penyerahan hadiah Bupati Gorontalo
selaku dewan penyantun PKK Kabupaten menambah uang
sejumlah 300.000 rupiah sehingga genap 1.800.000
rupiah yang diserahkan melalui kades suka makmur
bapak Alimudin Olii

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMI LANTIK PKK TELAGA JAYA


Struktur pengurus utamakan yang berkompetensi

Ketua PKK Kabupaten Gorontalo NY. Rahmijati David
Bobihoe kembli melantik ketau PKK kecamatan baru yaitu
ketua PKK kecamatan Talaga Jaya. Pelantikan tersebut
seiring dengan pelantikan camat Telga Jaya definitif
setelah sebelumnya kecamtan mekaran dari kecamtan
Telaga itu ditetapkannya sebagai kecamatan yang ke 17
di kabupaten gorontalo melalui keputusan DPRD tanggal
30 Januari 2008 lalu. Bertempat dilapangan Luwoo
Selasa 1902. Ketau PKK Telaga Jaya tersebut adalah Ny.
Rohani Dunggio Kaharu yang sebelumnya memangku jabatan
sebagai ketau PKK Kecamtan Tolangohula.
Ketau PKK Ny. Rahmijati sambutannya mengatakan bahwa
sebagai kecamtan yang baru, membutuhkan kerja keras
dari ketau PKK Kabuapaten, dimana dari segi fasilitas
dan struktur kembagaan lainnya belum memadai dan hanya
membutuhkan keikhlasan dan kesungguhan dalam bekerja.
Sehingganya dalam penjelasannya Rahmijati mengatakan
bahwa langkah awal yang dilakukan adalah memilih
mereka yang berkompetensi yang duduk dalam struktur
organisasi PKK kecamatan.
Selain itu pula Ramijati mengatakan bahwa meskipun
sebagai kecamtan yang baru, tetapi kedepan Telaga Jaya
diharapkan sesegera mungkin untuk melakukan
penyesuaian program dengan PKK kecamatan induk, dengan
melanjutkan semua program yang telah diserahkan
melalui memory, sehingga minimal PKK Telga Jaya
kedepan minimal mampu untuk duduk setera dengan
kecamtan induk bahkan lebih.
Sebab menurut Rahmijati semangat yang ditunjukan saat
memperjuangkan pemekaran, jangan hanya diwal saja,
tetapi menjadi semangat untuk membangun kecamtan
selama agar PKK Telga Jaya bukan cuma sekedar nama,
tetapi dapat menjadi kenyataan sehingga telaga jaya
akan terus jaya tukas Rahmi

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMIJATI SALUT JUMBARA DASAWISMA PARUNGI

Rahmi "ini yang pertama ditingkat kabupaten bahkan
provinsi"

Ketau dan wakil ketau PKK Kabuapaten Gorontalo Ny.
Rahmijati David Bobihoe dan Ny. Maryam Sofyan Puhi
kamis kemarin mengunjungi desa parungi kecamatan
Boliyohuto dalam agenda kegiatan menghadiri secara
langsung pelaksanaan jumbara dasawisma PKK desa
parungi kecamatan Boliyohuto yang diikuti oleh seluruh
dasawisma yang berjumah 33 dasawisma se desa Parungi.
Walaupun dalam skala kecil, namun Jumbara tersebut
membuat Ketua dan wakil ketua PKK kabupaten kagum,
dimana pelaksanaan sangat meriah dan dihadiri oleh
seluruh kalangan baik dari kaum ibu maupun bapak muda
mudi bahkan lansia, seluruh dasawisma ikut secara
totalitas dalam jumbara tersebut ditandai
dengadibangunnya 33 tenda.Ketau PKK Kabupaten
gorontalo Ny. Rahmijati dihadapan seluruh masyarakt
yang hadir menyataan rasa salutnya atas inisiatif dari
PKK KecamatanBo;liyohuto, khsusunya ketau PKK desa
Parungi dan masyarakt dalam mencanangkan kegitan
yang menurutnya baru pertama kali digelar di tingkat
kabupaten bahkan tingkat provinsi, dimana jumbara PKK
desa diikuti oleh seluruh dasawisma. "Saya salaut
dengang upaya PKK parungi, ini pertama di kabupten
bahkan provinsi Parungi yang pertama"Ungkap Rahmi
memuji.
Dengan momen jumbara itu Rahmijati menyarankan agar
pkk desa dan kecamtan menyaring aspirasi dasawisma
selai itu pula dikontrol supaya memiliki kelengkapan
adminstrasi berupa buku data sebab data dari dasawisma
sangat akurat dan menjadi acuan dalam menjalankan
pemerintahan sehingganya Rahmijati menyarankan agar
panitia melakukan lomba administrasi.Sementara itu
ketau PKK Boliyohuto Ny. Rahmat Buloto dalam
penjelasannya mengatakan bahwa dengan jumbara
dasawisma pada dasarnya sebagai strategi untuk
membangkitkan dasawisma agar lebih aktif lagi dengan
semangat kebersamaan. Dalam jumbara tersebut berbagai
macama kegiatan digelar seperti olahraga, kegitan
yang cukup unik seperti lomba pidato lansia, bakti
sosial berupa kebersihan khitanan khitanan dan beatan
massal. Ketau PKK Ny. rahmijati dalam kesempatan
tersebut membagi-bagikan sejumlah uang bagi dasawusma
dengan mengunjungi tenda masing-masing,
membagi-bagikan pakaian layak pakai milik bupati serta
lebih heboh lagi Rahmijati menyempatkan diri untuk
menyunat salah seorang anak.

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar

RAHMI LETAKAN BATU PERTAMA PUSAT KERAWANG PKK

Pembangunan pondok kerajinan kerawang direncakan akan
selesai dalam kurun waktu 2 minggu kedepan, hal
tersebut diutarakan oleh Kepala bagian Pembangunan
Bapak Nassir Maonti selaku pelaksana teknis kepada
ketua PKK Kabupaten Gorontalo Ny. Rahmijati David
Bobihoe dalam laporannya mengawali peletakan batu
pertama pembangunan pondok kerrawang. Peletakan batu
pertama dilakukan oleh Ketau PKK Kabuapaten grontalo
Ny. Rahmijati David Bobihoe dan Wakil Ketau PKK
Kabuapten gorontalo Ny. Maryam Sofyan Puhi didampingi
oleh ketua DWP Kabuapten Grontalo Ny. Ramlah
Utiarahman Bakari berlokasi di dusun Tapahengu
kelurahan bulota kecamtan limboto. Senin 1102
Kegiatan peletakan batu pertama disaksikan secara
langsung oleh seluruh masyarakat pengrajin kerawang
baik yang berada disekitar dusun dikelurahan Bulota,
namun disaksikan pula oleh pengrajin lainnya dari
wilayah kecamtan Limboto. Ny. Nari Agus yang juga
sebagai tuan rumah yang diangkat oleh ketua PKK
Rahmijati sebagai Pengelola pondok kerawang hadir dan
menjadi saksi dimulainya pencanangan kampong karawo
PKK.
Dalam penjelasannya dihadapan seluruh masyarakat
Ketua PKK Ny. Rahmijati David Bobihoe mengatakan bahwa
sengaja pembentukan kampung karawo dipusatkan di
kelurahan bulota, hal ini didasari oleh jumlah
pengrajin kerawang binaan PKK paling banyak tersebar
di kelurahan Bulota, namun bagi pengrajin kerawang
binaan PKK dari dikecamatan juga menurut Rahmi tidak
perlu berkecil hati, sebab bangunan sederhana ini
kelak selain sebagai tempat kreasi membuat kerawang
bagi ibu-ibu juga digunakan untuk memajangkan
hasil-hasil kerajinan kerawang PKK Kabupaten grontao
darin seluruh wilayah binaan Jelas Rahmi.
Dalam penjelasannya pula Rahmi mengatakan konsep
sederhana ini berawal dari keinginan PKK Kabupaten
Gorontalo untuk memperoleh cara bagaimana memasarkan
hasil kerajinan kerawang PKK yang saat ini masih
tersebar, maka untuk langkah kedepan seluruhnya akan
menjadi terpusat, selain itu pula menjadi pertimbangan
bahwa tamu daerah yang datang ke Kabupaten Gorontalo
sering kesulitan untuk memperoleh sovenir berupa
kerawang, sehingga Bulota akan menjadi pilihan dimana
lokasinya pun cukup dekat dengan sekretariat PKK dan
pusat pemerintahan Kabupaten Gorontalo
Menyinggung tentang kerrawang itu sendiri Rahmi
menguraikan bahwa dengan adanya pusat kerajinan
kerawang itu diharapkan kedepan kualitas kerawang
harus diperhatikan,sebab menurut Rahmi, dirinya
sendiri yang akan menjadi pemasuk bahan dasar
kerawang, dan serahka kepada ibu-ibu pengrajin untuk
mengembangkannya dengan memperhatikan mutu dan
kualitas kerawang dan tentunya untuk menjaga kualitas
produk tersebut akan diimbangi dengan sewa yang cukup
lumatan. Sebab menurut Rahmi tujuan intinya membangun
pusat kerajiann kerawang ini intinya adalah untuk
memajukan ekonomi keluarga ibu-ibu pengrajin kerawang,
sehingga lambat laun kedepan keluruahan Bulota
benar-benar akan menjadi kampung karawo yang
seutuhnya, sebab melalui kerajinan kerawang PKK
dibulota kelak akan terkenal bukan saja secara lokal,
nasional bahkan internasional. inganya dalam
penjelasanya Rahmijati mengatakan kalimat optimisnya
kelak dusun Tapa Hengu kedepan akan berubah menjadi
Tapa Mobata yang diungkapkan dalam bahasa daerah yang
memiliki arti bahwa jika nama dusun saat ini adalah
Tapa kering maka suatu saat akan menjadi Tapa Basah
yang bisa menghasilkan kesejahteraan keluarga.

Read More »
Jumat, Maret 07, 2008 | 0 Komentar